Comscore Tracker

Harta Orang Terkaya di Asia Mukesh Ambani Tembus 100 Miliar Dolar AS

Ia jadi orang ke-10 yang memiliki kekayaan bersih 12 digit

Jakarta, IDN Times – Kekayaan Miliarder India Mukesh Ambani melonjak tajam pada pekan lalu, membuatnya masuk ke klub eksklusif orang-orang terkaya di dunia. Menurut Daftar Miliarder Real-Time Forbes, kekayaan bersih Mukesh mencapai 100 miliar dolar AS karena saham Reliance Industries miliknya melonjak lebih dari 30 persen tahun ini.

Lonjakan kekayaan itu membuat Mukesh  menjadi orang kesepuluh di dunia yang berhasil memiliki kekayaan bersih dua belas digit, seperti CEO Tesla Elon Musk dan Pendiri Amazon Jeff Bezos.

Dengan kekayaan sebanyak itu, saat ini Mukesh  menduduki peringkat No. 10 daftar orang terkaya di dunia, dengan kekayaan yang diperkirakan mencapai 101,4 miliar dolar AS.

Baca Juga: 5 Fakta Nikahan Isha Ambani Putri Konglomerat Asia, Hadirkan Beyonce

1. Sumber kekayaan Mukesh

Harta Orang Terkaya di Asia Mukesh Ambani Tembus 100 Miliar Dolar ASzeenews.india.com

Mayoritas kekayaan Mukesh berasal dari sahamnya di Reliance, bisnis penyulingan minyak dan petrokimia yang diwarisinya pada tahun 2002 dari ayahnya, Dhirubhai Ambani. Sejak mewarisi bisnis itu, ia telah membangunnya menjadi perusahaan konglomerat besar yang memiliki banyak bisnis seperti petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi dan pengecer.

Pada 2016, Mukesh  memutuskan kembali memasuki industri telekomunikasi dengan mendirikan Reliance Jio. Perusahaan itu kini menjadi operator seluler terbesar dalam hal jumlah pelanggan. Jio juga baru-baru ini mengembangkan smartphone buatan India dalam kemitraan dengan Google.

Baca Juga: Kisah Pemuda Terkaya India, Putus Sekolah hingga Buka Jasa Laundry

2. Rencana mengembangkan bisnis

Harta Orang Terkaya di Asia Mukesh Ambani Tembus 100 Miliar Dolar ASFacebook Reliance Industries

Pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan pada Juni, Mukesh  menguraikan rencana ambisius untuk mengubah bisnis listrik warisannya menjadi lebih mengarah ke energi hijau, dengan komitmen lebih dari 10 miliar dolar AS selama tiga tahun.

Reliance berencana untuk mendirikan empat pabrik giga untuk membuat modul surya fotovoltaik, baterai penyimpanan energi, electrolizer, dan sel bahan bakar. Perusahaan berencana untuk memiliki 100 GW energi surya pada 2030.

Baca Juga: 10 Gaya Mewah Isha Ambani, Putri Crazy Rich Asian di Dunia Nyata

3. Reliance meraih pendanaan besar

Harta Orang Terkaya di Asia Mukesh Ambani Tembus 100 Miliar Dolar ASinstagram.com/ambani.isha

Pada pertemuan yang sama, Mukesh  juga mengatakan bahwa Reliance mengumpulkan 44,4 miliar dolar AS, peningkatan modal terbesar yang pernah diraih oleh perusahaan mana pun dalam setahun. Dana tersebut dikumpulkan melalui penjualan saham di Jio Platforms dan Reliance Retail, rights issue kepada pemegang saham yang ada, dan monetisasi aset.

Jio Platforms adalah bisnis digital grup, yang memegang unit telekomunikasinya. Para investornya termasuk TPG, General Atlantic dan KKR serta raksasa teknologi termasuk Facebook dan Google.

“Peningkatan modal ini adalah kepercayaan yang kuat dari investor global terhadap potensi pertumbuhan India. Ini mencerminkan keyakinan mereka pada kemampuan manajemen perusahaan Anda untuk melaksanakan proyek-proyek ambisius dan rencana penciptaan nilai jangka panjang,” kata Mukesh kepada para pemegang saham pada Juni.

Reliance didirikan oleh Dhirubhai pada 1966 sebagai produsen tekstil kecil. Usahanya berkembang dari waktu ke waktu dan ia pun membangun Reliance Industries menjadi sebuah kerajaan kain, tekstil dan energi.

Setelah kematian ayah mereka pada 2002, Mukesh dan saudaranya Anil membagi warisan tersebut. Anggota generasi ketiga keluarganya juga terlibat dalam menjalankan bisnis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya