Comscore Tracker

Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Sedekah bisa membuat hati lebih tenang, lho!

Jakarta, IDN Times – Berbuat kebaikan seperti bersedekah, baik dalam bentuk uang maupun barang, adalah sesuatu yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Apalagi selama bulan Ramadan.

Hal itu dikarenakan dengan bersedekah kita dapat memperoleh pahala yang jauh lebih banyak selama bulan Ramadan. Selain itu, masih ada banyak manfaat lainnya yang bisa kita peroleh dari bersedekah, yaitu termasuk:

Baca Juga: Ramadan di Tengah Pandemik, Catat 5 Hal Ini saat Pesan Makanan Online

1. Hati lebih tenang

Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan RamadanIlustrasi pemberian bantuan. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Bersedekah, sejatinya tidak hanya memberi kebahagiaan bagi orang lain. Tapi juga untuk diri sendiri.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bersedekah akan mampu membawa ketenangan jiwa pada si pemberi yang ikhlas membagikan rejekinya.

2. Rezeki semakin lancar

Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan RamadanMenantu Presiden Jokowi, Bobby Afif Nasution saat berbagi rezeki dengan warga. Dok. IDN Times

Menyisihkan sebagian yang kita miliki untuk diberikan kepada yang lebih membutuhkan memang terasa seperti mengurangi jumlah harta kita. Tapi tahu tidak bahwa dengan bersedekah, rezeki kita justru akan ditambah.

Tanpa kita sadari, ketika kita menyedekahkan harta kepada orang lain, akan ada saja rezeki yang datang kepada kita. Bisa dalam bentuk harta atau kemudahan yang selalu menghampiri kita.

Baca Juga: Jangan Asal Beri, Ini Golongan yang Tidak Berhak Menerima Zakat

3. Keinginan untuk berbuat kebaikan lainnya semakin meningkat

Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan RamadanIlustrasi penerima bantuan sosial untuk warga terdampak COVID-19 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Bersedekah juga membuka jalan bagi kita untuk semakin berbuat baik. Karena ketenangan yang kita dapat dari bersedekah, kita akan memiliki keinginan untuk terus berbuat baik.

4. Memancarkan aura positif

Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan RamadanIDN TImes/ Tempo Scan Group

Rajin bersedekah terlebih di bulan yang suci ini membuat kita memancarkan aura positif. Aura positif ini datang dari jiwa, hati, dan pikiran kita yang sudah bersih.

Baca Juga: Ramadan, Berkah untuk Petani Semangka di Madiun

5. Doa dan keinginan kita dikabulkan

Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan RamadanIlustrasi warga mengantri saat akan menerima bantuan. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Ketika doa yang dipanjatkan terasa lama sekali dikabulkan, maka sedekah diyakini mampu mempercepat terwujudnya doa-doa tersebut. Apalagi jika orang yang kita beri sedekah ikut mengamini segala harapan yang kita panjatkan.

Jadi, bagaimana? Sudah berapa banyak sedekah yang diberikan selama bulan Ramadan ini?

Baca Juga: Ramadan di Tengah Pandemik, Catat 5 Hal Ini saat Pesan Makanan Online

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya