Comscore Tracker

Jeff Bezos Hibahkan Hampir Rp11 Triliun untuk Isu Perubahan Iklim

Jeff Bezos menghibahkan 791 juta dolar untuk 16 organisasi

Jakarta, IDN Times – Pendiri Amazon, Jeff Bezos pada pekan lalu, mengumumkan rencana untuk menghibahkan 791 juta dolar AS atau sekitar Rp11 triliun. Hibah itu dilucurkan dari organisasi miliknya, Bezos Earth Fund kepada 16 organisasi yang berfokus pada isu perlindungan lingkungan.

Dana tersebut merupakan bagian dari janji sang CEO, yang mengatakan akan memberikan sebesar 10 miliar dolar AS untuk mendukung para ilmuwan, aktivis, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan organisasi yang bekerja untuk melindungi lingkungan.

“Saya telah menghabiskan beberapa bulan terakhir belajar dari sekelompok orang yang sangat pintar yang telah membuat pekerjaan hidup mereka untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya pada komunitas di seluruh dunia,” tulis Bezos dalam sebuah postingan di Instagram pada Senin (16/11/2020). “Saya terinspirasi oleh apa yang mereka lakukan, dan bersemangat untuk membantu mereka berkembang.”

Baca Juga: Jeff Bezos ternyata Juga Hindari Pajak Federal AS, Gimana Caranya?

1. Daftar lengkap penerima hibah

Jeff Bezos Hibahkan Hampir Rp11 Triliun untuk Isu Perubahan IklimOrang-orang super kaya berhasil menambah kekayaan mereka meski di tengah pandemi COVID-19. Ilustrasi (twitter.com/Metro)

Menurut CNN, dana hibah itu dibagikan ke berbagai macam lembaga, mulai dari LSM ternama, laboratorium, reforestasi, dan kelompok pemerhati iklim. Mereka termasuk, Climate and Clean Energy Equity Fund, ClimateWorks Foundation, Dream Corps Green For All, Eden Reforestation Projects, Energy Foundation, Environmental Defense Fund, dan The Hive Fund for Climate and Gender Justice.

Tak hanya itu, ada pula Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, The Nature Conservancy, NDN Collective, Rocky Mountain Institute, Salk Institute for Biological Studies, The Solutions Project, Union of Concerned Scientists, World Resources Institute, dan World Wildlife Fund (WWF).

2. Amazon umumkan The Climate Pledge

Jeff Bezos Hibahkan Hampir Rp11 Triliun untuk Isu Perubahan IklimJeff Bezos (Instagram/@jeffbezos)

Berita tersebut muncul satu tahun setelah Amazon mengumumkan “The Climate Pledge”, komitmen perusahaan untuk 100 persen didukung oleh energi terbarukan pada 2025 dan menjadi perusahaan bersih nol karbon pada 2040.

Selain terus menyumbang untuk lingkungan, Amazon juga telah membeli 100 ribu kendaraan pengiriman listrik dan menginvestasikan 100 juta dolar ke proyek reboisasi dan “solusi mitigasi iklim”.

“Kita semua bisa melindungi masa depan Bumi dengan mengambil tindakan berani sekarang,” tulis Bezos dalam postingannya, Senin.

3. Orang terkaya di dunia

Jeff Bezos Hibahkan Hampir Rp11 Triliun untuk Isu Perubahan IklimInstagram

Meski janji untuk menyumbangkan 10 miliar dolar AS terdengar sangat besar, namun bagi Bezos mungkin hal itu tidak ada apa-apanya, mengingat dirinya merupakan orang terkaya di dunia saat ini.

Berdasarkan data Forbes, per 22 November 2020 ini, harta bersih Bezos telah mencapai 181,4 miliar dolar AS. Kekayaan itu ia hasilkan dari Amazon, perusahaan yang didirikannya pada 1994 di garasi rumahnya di Seattle.

Bezos kini menjabat sebagai CEO Amazon dan memiliki 11,1 persen saham perusahaan. Pada 2019, Amazon membukukan pendapatan 280,5 miliar dolar dan mencatat rekor laba bersih 11,5 miliar dolar.

Baca Juga: Tembus Rekor Lagi, Kekayaan Jeff Bezos Kini Hampir Rp3000 Triliun

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya