Comscore Tracker

Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Pertama yang Mencapai Ruang Angkasa

Ia terbang dengan roket perusahaan luar angkasa Blue Origin

Jakarta, IDN – Jeff Bezos, orang paling kaya di dunia, kini mendapat gelar baru, yaitu orang paling kaya pertama yang mencapai ruang angkasa.

Itu terjadi setelah pada Selasa (20/7/2021), roket New Shepard buatan perusahaan luar angkasanya Blue Origin, sukses menerbangkannya ke luar angkasa.

Pada penerbangan itu, ia didampingi tiga orang lain, di mana dua di antaranya mencetak sejarah karena menjadi orang tertua dan termuda yang pernah mencapai luar angkasa.

Ketika mencapai ruang angkasa, para kru melayang dalam gaya berat mikro selama beberapa menit, sebelum kapsul kembali dan mendarat di bawah satu set parasut, lapor CNBC.

Baca Juga: Jeff Bezos Bersiap ke Ruang Angkasa, Penerbangannya Berbahaya!

1. Penerbangan luar angkasa bersejarah

Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Pertama yang Mencapai Ruang Angkasablueorigin.com

Peluncuran ini menandai masuknya Blue Origin ke pasar penerbangan luar angkasa pribadi, bergabung dengan pesaing langsungnya di sektor pariwisata suborbital, Virgin Galactic milik Richard Branson, dan SpaceX milik Elon Musk.

Sebelumnya pekan lalu, Branson juga telah sukses mencapai batas luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa buatan perusahaannya. Namun, apa yang dilakukan Bezos jauh lebih bersejarah dikarenakan pria berusia 57 tahun itu menjadi satu-satunya pendiri perusahaan luar angkasa yang naik penerbangan awak pertama perusahaannya.

SpaceX dan Virgin Galactic telah meluncurkan astronot sebelumnya, sementara Bezos adalah pendiri perusahaan luar angkasa pertama yang menempatkan dirinya dalam penerbangan awak perdana.

2. Rekan penerbangan Bezos

Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Pertama yang Mencapai Ruang Angkasainstagram.com/blueorigin

Dalam penerbangan bersejarah ini Bezos didampingi oleh saudara laki-lakinya, Mark (53 tahun) dan Wally Funk yang berusia 82 tahun, serta Oliver Daemen yang masih berusia 18 tahun.

Funk kini mendapat gelar manusia tertua yang pernah terbang di luar angkasa dan Daemen menjadi yang termuda yang pernah terbang di luar angkasa.

Wally Funk adalah seorang pilot perempuan yang telah lama menggeluti bidang ruang angkasa, sementara Daemen adalah anak dari pendiri perusahaan investasi Belanda Joes Daemen. Ia membayar tiket penerbangan dan dijadwalkan untuk terbang pada peluncuran kru kedua Blue Origin.

Awalnya Bezos seharusnya terbang bersama penawar misterius yang memenangkan lelang tiket Blue Origin baru-baru ini setelah membayar 28 juta dolar AS untuk ikut dalam penerbangan. Tetapi, Blue Origin mengumumkan pada Kamis bahwa orang tersebut, yang meminta untuk tetap tidak disebutkan identitasnya, harus mengundurkan diri karena masalah jadwal penerbangan. Sebagai gantinya, Daemen dimasukkan ke penerbangan pertama ini dan duduk di kursi pemenang lelang.

Baca Juga: Salip Jeff Bezos, Richard Branson Sukses Terbang ke Luar Angkasa

3. Visi luar angkasa Bezos

Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Pertama yang Mencapai Ruang AngkasaBlue Origin sukses uji coba kapsul New Shepard. (Instagram.com/blueorigin)

Peluncuran itu juga menjadi tonggak bersejarah lainnya, karena dilakukan pada 20 Juli yang bertepatan dengan peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan.

Peluncuran New Shepard sendiri merupakan tonggak dalam kemajuan Blue Origin menuju visi Bezos.

Pendiri Amazon ini mendirikan Blue Origin dengan tujuan untuk menciptakan masa depan di mana jutaan orang dapat hidup dan bekerja di luar angkasa untuk memberi manfaat bagi Bumi.

Baca Juga: 5 Pelajaran Terbaik dari Jeff Bezos agar Sukses

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya