Comscore Tracker

Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon Tahun Ini

Orang terkaya dunia ini akan fokus pada lini bisnis lain

Jakarta, IDN Times – Jeff Bezos akan meninggalkan jabatannya sebagai CEO Amazon akhir tahun ini dan mengisi posisi ketua eksekutif dewan Amazon, menurut Bezos dalam surat kepada karyawan pada Selasa (2/2/2021). Posisi CEO kelak akan dijabat oleh Andy Jassy, eksekutif top dari bisnis cloud Amazon, kata Bezos.

“Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa pada Kuartal 3 ini saya akan beralih ke Ketua Eksekutif Dewan Amazon dan Andy Jassy akan menjadi CEO,” kata Bezos dalam suratnya. “Dalam peran Ketua Eksekutif, saya bermaksud untuk memfokuskan energi dan perhatian saya pada produk baru dan inisiatif awal. Andy terkenal di dalam perusahaan dan telah berada di Amazon hampir sama lamanya dengan saya. Dia akan menjadi pemimpin yang luar biasa, dan dia memiliki kepercayaan penuh saya.”

Bezos juga mengatakan dia akan tetap terlibat dalam proyek penting Amazon dan juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada Bezos Earth Fund, perusahaan pesawat ruang angkasa miliknya Blue Origin, The Washington Post dan Amazon Day 1 Fund.

“Selama saya masih berada di kantor, saya senang dengan transisi ini,” kata Bezos dalam pengumuman internalnya. “Jutaan pelanggan bergantung pada kami untuk layanan kami, dan lebih dari satu juta karyawan bergantung pada kami untuk mata pencaharian mereka. Menjadi CEO Amazon adalah tanggung jawab yang dalam, dan itu menghabiskan banyak waktu. Ketika Anda memiliki tanggung jawab seperti itu, sulit untuk memperhatikan hal lain.”

Baca Juga: Jeff Bezos Hibahkan Hampir Rp11 Triliun untuk Isu Perubahan Iklim

1. Bezos dirikan Amazon pada 1994

Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon Tahun IniJeff Bezos (Twitter/@JeffBezos)

Selain CEO, Bezos yang saat ini berusia 57 tahun juga merupakan pendiri dari Amazon. Ia mendirikan Amazon pada 1994 dan sejak itu mengubah toko buku daring miliknya itu menjadi pengecer besar yang menjual berbagai produk dengan jangkauan global.

Amazon melampaui kapitalisasi pasar 1 triliun dolar Amerika di bawah kepemimpinan Bezos pada Januari tahun lalu. Menurut CNBC, sekarang kapitalisasi pasar perusahaan sudah lebih dari 1,6 triliun dolar AS.

Pengumuman Bezos disampaikan bersamaan dengan rilis laporan pendapatan Amazon. Perusahaan dilaporkan membukukan pendapatan sebesar 125,56 miliar dolar AS untuk kuartal keempat tahun 2020. Itu merupakan kali pertama perusahaan membukukan pendapatan lebih dari 100 miliar dolar sejak awal bisnis berdiri.

2. Profil Andy Jassy penerus Bezos

Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon Tahun Initechcrunch

Andy Jassy merupakan pegawai lama di Amazon. Jassy bergabung dengan Amazon pada tahun 1997 atau 3 tahun setelah Amazon berdiri. Jassy telah memimpin tim cloud Amazon Web Services (AWS) sejak awal. AWS sendiri merupakan salah satu sumber besar bagi keuntungan Amazon.

Di bawah Jassy, AWS ​​melaporkan pertumbuhan pendapatan 28 persen untuk kuartal keempat kemarin. Sekitar 52 persen dari pendapatan operasional Amazon diatribusikan ke AWS per Oktober 2020.

Pasca pengumuman laporan pendapatan dan perubahan kepemimpinan itu, harga saham Amazon naik sekitar 1 persen dalam perdagangan yang diperpanjang (extended trading) pada Selasa. Saham perusahaan telah naik sekitar 4 persen sejauh ini pada tahun 2021 dan naik hampir 70 persen dalam 12 bulan terakhir.

Baca Juga: Geser Jeff Bezos, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Di Dunia

3. Bezos akan tetap terlibat dalam menjalankan perusahaan

Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon Tahun IniOrang terkaya di dunia, Jeff Bezos. ndtv.com

Dalam panggilan media, Kepala keuangan Amazon Brian Olsavsky mengatakan bahwa perubahan eksekutif diputuskan setelah berkonsultasi dengan dewan direksi Amazon. Dia juga mengatakan Bezos akan tetap sangat terlibat dan membantu mengambil keputusan di banyak bagian perusahaan yang berbeda.

Terkait CEO baru, Olsavsky mengatakan Jassy adalah pemimpin visioner yang akan mampu memajukan Amazon dengan keahliannya.

Perubahan kepemimpinan ini tidak hanya disambut baik orang-orang dalam Amazon, tapi juga pimpinan pesaing perusahaan. Salah satunya adalah CEO Microsoft Satya Nadella, yang menyebut promosi Jassy sebagai sesuatu yang pantas.

“Selamat kepada @JeffBezos dan @ajassy atas peran baru Anda. Pengakuan yang layak atas apa yang telah Anda capai,” tulisnya di Twitter.

CEO Alphabet Sundar Pichai juga mengucapkan harapan terbaiknya kepada Bezos. “Selamat @JeffBezos, harapan terbaik untuk Day 1 and Earth fund. Selamat @ajassy pada peran baru Anda!”

Baca Juga: Rilis Aturan Baru, Komisi Eropa Bidik Amazon Cs

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya