Comscore Tracker

Kalahkan AS dan Dunia, Tiongkok Miliki 259 Miliarder Baru pada 2020

Jumlah itu lebih banyak dari gabungan seluruh dunia

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 telah menghancurkan perekonomian banyak negara, termasuk Tiongkok, negara tempat awal munculnya wabah. Namun hal tersebut tidak membuat Negeri Tirai Bambu itu gagal melahirkan orang-orang kaya baru.

Pada 2020, Tiongkok memiliki lebih dari 200 miliarder baru, lebih banyak dari gabungan global, menurut penghitungan global oleh Hurun Global Rich List yang dirilis pada Selasa, 2 Maret 2021.

Para miliarder itu bermunculan karena booming pasar saham dan banjir pendaftaran baru di bursa saham (IPO) mengimbangi kerusakan yang diakibatkan pandemik virus corona.

“Asia memiliki, untuk pertama kalinya dalam mungkin ratusan tahun, lebih banyak miliarder dari pada gabungan seluruh dunia,” kata Ketua Hurun Global Rich List Rupert Hoogewerf.

Baca Juga: Tiga Tips Memulai Bisnis agar Sukses dari Miliarder Mark Cuban

1. Jumlah orang kaya Tiongkok berlipat ganda dalam lima tahun terakhir

Kalahkan AS dan Dunia, Tiongkok Miliki 259 Miliarder Baru pada 2020Bank of China (Wikimedia/By Max12Max - Own work, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org)

Menurut The Strait Times, ukuran klub miliarder eksklusif Tiongkok hampir mencapai dua kali lipat dalam lima tahun terakhir. Ini karena ekonomi terbesar nomor dua dunia itu terus mengungguli kebanyakan lainnya.

Kemampuannya melakukan pemulihan cepat dari pandemik, juga membuat negara ini menjadi salah satu dari sedikit ekonomi yang berhasil tumbuh pada 2020.

2. Tiongkok kalahkan AS

Kalahkan AS dan Dunia, Tiongkok Miliki 259 Miliarder Baru pada 2020Anggota staf Tiongkok menyesuaikan bendera Amerika Serikat dan Tiongkok sebelum sesi pembukaan negosiasi dagang antara perwakilan dagang Amerika Serikat dan Tiongkok di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Tiongkok, pada 14 Februari 2019. ANTARA FOTO/Mark Schiefelbein/Pool via REUTERS/File Photo

Berdasarkan penghitungan Hurun Global Rich List, ada 259 orang yang masuk ke dalam kelompok miliarder Tiongkok tahun lalu. Angka ini bahkan lebih banyak dari gabungan miliarder baru dari seluruh dunia.

Tiongkok juga mengalahkan Amerika Serikat (AS) dalam hal ini. Negeri Paman Sam hanya memiliki 70 miliarder baru, sehingga totalnya menjadi 696.

“Secara keseluruhan, Tiongkok terus memimpin penciptaan kekayaan dunia, menambahkan 490 miliarder baru dalam lima tahun terakhir, dibandingkan dengan 160 yang ditambahkan di AS,” kata Hurun Global Rich List.

Baca Juga: 5 Fakta Haryono Winarta, Crazy Rich di Balik Vaksin Nusantara

3. Para miliarder dunia

Kalahkan AS dan Dunia, Tiongkok Miliki 259 Miliarder Baru pada 2020topcareer.id

Miliarder baru Tiongkok yang masuk Hurun Global Rich List adalah Zhong Shanshan, pemilik perusahaan air kemasan Nongfu. Ia masuk daftar ini untuk pertama kalinya dengan kekayaan 85 miliar dolar AS.

Dengan total kekayaan itu, ia menjadi orang terkaya nomor satu di Asia dan masuk 10 besar daftar global Hurun. Zhong, mantan pekerja konstruksi, menjadi miliarder setelah melakukan penawaran umum perdana (IPO) senilai 1,1 miliar dolar AS di Hong Kong tahun lalu.

Laporan juga menyebut ada tiga orang miliarder lama yang berhasil menambah kekayaan lebih dari 50 miliar dolar AS tahun lalu. Mereka adalah CEO Tesla Elon Musk dari Tesla, Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos, dan Colin Huang dari Pinduoduo, salah satu pemain e-commerce dengan pertumbuhan tercepat di Tiongkok.

Laporan juga menyebut, enam dari 10 kota teratas dunia dengan konsentrasi miliarder tertinggi sekarang berada di Tiongkok, di mana Beijing berada di puncak teratas untuk tahun keenam berturut-turut.

Baca Juga: Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya di Dunia, Geser Elon Musk

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Rochmanudin
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya