Comscore Tracker

Miliarder Pemilik Ray-Ban, Leonardo Del Vecchio Meninggal Dunia

Del Vecchio adalah orang terkaya kedua di Italia

Jakarta, IDN Times – Leonardo Del Vecchio, pimpinan perusahaan kacamata EssilorLuxottica dan salah satu tokoh bisnis terkaya Italia, telah meninggal pada usia 87 tahun, kata perusahaannya pada Senin (27/6/2022).

"EssilorLuxottica dengan sedih mengumumkan hari ini bahwa ketuanya telah meninggal dunia," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, mengutip CNN.

Perusahaan menambahkan bahwa dewan akan bertemu untuk menentukan langkah selanjutnya.

Baca Juga: Punya Banyak Investasi, Lebron James Kini Miliarder

1. Pernah tinggal di panti asuhan

Miliarder Pemilik Ray-Ban, Leonardo Del Vecchio Meninggal Duniailustrasi kacamata (Unsplash/Josh Calabrese)

Del Vecchio memiliki kisah perjalanan unik dalam mencapai kekayaannya. Tokoh yang semasa kanak-kanaknya tinggal di panti asuhan itu berhasil mengumpulkan kekayaan puluhan miliar euro pada masa pemulihan ekonomi pasca-perang Italia.

"Leonardo Del Vecchio adalah orang Italia yang hebat. Kisahnya, dari panti asuhan hingga kepemimpinan kerajaan bisnis, tampak seperti cerita dari waktu lain. Tapi itu adalah contoh untuk hari ini dan besok. RIP,” kata Komisaris Ekonomi Eropa Paolo Gentiloni di Twitter.

Baca Juga: 30 Miliarder Rusia Tersingkir dari Daftar Orang Terkaya Dunia 

2. Kisah Del Vecchio mendirikan perusahaan kacamata

Miliarder Pemilik Ray-Ban, Leonardo Del Vecchio Meninggal DuniaIlustrasi Kacamata (IDN Times/Anata Siregar)

Pengusaha Italia itu mendirikan Luxottica pada tahun 1961 dan membangun sebuah perusahaan yang memiliki merek Ray-Ban. Luxottica kemudian merger dengan Essilor dari Prancis pada tahun 2018.

Del Vecchio tetap menjadi ketua eksekutif EssilorLuxottica hingga Desember 2020, ketika dia menyerahkan kepemimpinan sehari-hari perusahaan kepada Chief Executive Francesco Milleri. Dia secara pribadi mendukung Milleri sebagai kepala perusahan kacamata Prancis-Italia itu ketika merger dilakukan.

3. Orang terkaya kedua Italia

Miliarder Pemilik Ray-Ban, Leonardo Del Vecchio Meninggal DuniaIlustrasi kacamata. unsplash.com/budhelisson

Pengaruh Del Vecchio melampaui bisnisnya sendiri dan pada akhir 2021, dia menjadi orang terkaya kedua di Italia di belakang Giovanni Ferrero dari grup pembuat Nutella, menurut Forbes.

Perusahaan induk Delfin-nya adalah pemegang saham terbesar di grup jasa keuangan Italia Mediobanca dan memiliki saham di bawah 10 persen di perusahaan asuransi terbesar Italia Generali. Ia juga memiliki sekitar 7 persen dari perusahaan real estate Covivo, yang terdaftar di Paris dan Milan

"Dengan meninggalnya Del Vecchio, Milan kehilangan salah satu tokoh paling simbolis dalam sejarahnya baru-baru ini," kata Wali Kota Milan Giuseppe Sala di Twitter.

Saham Mediobanca turun lebih dari 4 persen setelah berita tersebut, sementara Generali turun hampir 2,5 persen. Di sisi lain saham EssilorLuxottica, di mana Delfin memiliki 32 persen saham pengendali, tetap tidak berubah di bawah 148 euro per saham.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Rekrut Pegawai ala Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya