Comscore Tracker

Mirae Asset Targetkan Peningkatan Transaksi Saham Melalui Inovasi

Nilai transaksi tahun lalu Rp410 triliun, terbesar di RI

Jakarta, IDN Times – PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menargetkan transaksi saham nasabahnya naik 17 persen tahun ini dari yang sebesar Rp410 triliun pada tahun lalu. Nilai transaksi tahun lalu yang sebesar Rp410 triliun telah menjadikan sekuritas tersebut sebagai perusahaan efek terbesar dari sisi nilai transaksi saham di dalam negeri.

Fajrin Noor Hermansyah, Head of Wealth Management Division Mirae Asset Sekuritas, mengatakan target tersebut sejalan dengan target penambahan nasabah baru tahun ini sebesar 5 persen dari 42.000 nasabah tahun lalu.

Baca Juga: Tesla Kirim Proposal Investasi ke Indonesia, Minggu Depan Ketemuan

1. Mencapai target melalui inovasi

Mirae Asset Targetkan Peningkatan Transaksi Saham Melalui InovasiIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Fajrin mengatakan untuk mencapai target pertumbuhan angka transaksi saham tersebut, perusahaan akan menjalankan sejumlah strategi, yang termasuk membuat inovasi untuk mendekatkan diri dengan nasabah dan meningkatkan kualitas layanan.

“Salah satunya adalah penambahan kantor perwakilan. Untuk Mirae Asset Sekuritas, kantor perwakilan merupakan asset perusahaan yang sangat penting dan hingga saat ini berkontribusi signifikan untuk perusahaan. Tahun ini kami targetkan penambahan beberapa kantor perwakilan baru dari yang sudah ada 28 kantor perwakilan,” ujar Fajrin dalam konferensi pers virtual hari ini (11/2/2021).

Selain menambah kantor perwakilan baru, lanjutnya, perusahaan juga akan meningkatkan kualitas (upgrade) kantor perwakilan yang sudah ada.

"Tujuan upgrade kantor perwakilan itu adalah meningkatkan kenyamanan nasabah mencari informasi dan mendapatkan edukasi pasar modal secara lebih baik, serta dapat bertransaksi dengan lebih nyaman," katanya.

2. Investor saham haus informasi

Mirae Asset Targetkan Peningkatan Transaksi Saham Melalui InovasiIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Fajrin, saat ini investor saham di pasar modal sudah lebih matang dan lebih haus informasi, sehingga perusahaan berniat meningkatkan kualitas dan kuantitas beberapa inovasi perusahaan yang sudah berjalan. Inovasi itu seperti informasi dan rekomendasi yang disampaikan dalam beberapa format dari mulai website, kartun, media sosial, hingga video.

“Peningkatan layanan di kantor perwakilan juga menjadi proses yang harus ditingkatkan kualitasnya untuk mendukung akuisisi, edukasi, dan transaksi nasabah dengan lebih baik lagi,” jelasnya.

Selain melalui ekspansi kantor perwakilan, Fajrin menambahkan Mirae Asset Sekuritas juga sedang menggelar lomba trading saham online terbesar di dalam negeri yaitu HOTS Championship 3 dengan hadiah Rp 500 juta. Nilai hadiah itu dua kali lebih besar dibandingkan kompetisi serupa pada kuartal IV/2020 lalu. Kompetisi rutin kuartalan itu diharapkan dapat menggugah lebih banyak investor untuk lebih aktif bertransaksi.

“HOTS Championship 3 baru dimulai pada 8 Agustus dan masih terbuka untuk pendaftaran oleh nasabah perusahaan,” jelasnya. “Tujuan kompetisi itu ada dua. Pertama, memberi kesempatan investor ritel mempraktekkan keterampilan investasi dan stock investment, karena seluruh contoh dan teori perlu dipraktekkan secara riil untuk mengukur kemampuan mencetak gain.”

“Kedua, mengedukasi nasabah dengan analisis-analisis dari tim Mirae Asset Sekuritas serta menularkan ilmu nasabah yang tradingnya sukses kepada nasabah lain,” katanya.

Baca Juga: Tips Investasi Saham untuk Biaya Pendidikan Anak, Kamu Harus Coba!

3. Inklusi keuangan Indonesia memiliki potensi pertumbuhan besar

Mirae Asset Targetkan Peningkatan Transaksi Saham Melalui Inovasiilustrasi investasi. IDN Times/Arief Rahmat

Dalam pernyataannya, Fajrin menyebut bahwa pengembangan jumlah nasabah dan peningkatan kualitas nasabah dilakukan karena Mirae Asset Sekuritas juga menyadari bahwa inklusi keuangan Indonesia memiliki potensi pertumbuhan signifikan dalam waktu beberapa tahun ke depan.

“Oleh karena itu, selain penambahan kantor perwakilan dan pelaksanaan lomba trading HOTS Championship 3, perusahaan terus melakukan Inovasi sebagai modal utama untuk mengukuhkan posisinya yang unggul di pasar," katanya.

"Inovasi itu dilakukan dengan nilai-nilai GROWTH yang terdiri dari pendekatan globalization, responsibility, opportunity, wealth management, technology, dan high quality,” lanjutnya.

4. Kinerja perusahaan cemerlang

Mirae Asset Targetkan Peningkatan Transaksi Saham Melalui InovasiIlustrasi Aset (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut perusahaan, tahun lalu Mirae Asset Sekuritas menjadi perusahaan efek terbesar dari sisi nilai transaksi yaitu senilai Rp410 triliun, meroket 97 persen dibanding 2019. Di awal tahun ini, nilai transaksi perusahaan sudah mencapai Rp105 triliun sepanjang Januari, hampir dua kali lipat dari sekuritas pesaing terdekatnya senilai Rp64,15 triliun.

Di tahun Kerbau Logam ini, perusahaan yang didirikan sejak 1990 itu juga mengatakan optimis akan kinerja saham.

“Tim riset Mirae Asset Sekuritas masih optimistis pasar saham dapat terus bergerak positif dengan target Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir tahun pada 6.880, dengan kata lain menunjukkan adanya potensi pertumbuhan 17 persen dari posisi akhir 2020,” katanya.

“Tiga katalis utama dari prediksi IHSG tersebut adalah faktor redanya COVID-19 karena vaksin yang sudah mulai diedarkan, Joe Biden sebagai pemimpin baru Amerika Serikat (AS) yang akan memberikan rasa aman yang lebih baik kepada negara-negara lain di dunia, serta faktor peningkatan transaksi investor di bursa saham domestik.”

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya