Comscore Tracker

Profil Pahala Mansury, Wamen BUMN Baru yang Dampingi Erick Thohir

Karier terpanjang Pahala di Bank Mandiri

Jakarta, IDN Times – Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menunjuk Pahala Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN. Mansury akan dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN Rabu pagi (23/12/2020).

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) itu akan menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan.

“Salah satu wamen, Pak Pahala Mansury, Wamen BUMN,” kata Heru dalam keterangannya, Rabu.

Baca Juga: Sah Jadi Dirut BTN, Ini Rekam Jejak Karier Pahala Mansury

1. Profil Pahala Mansury

Profil Pahala Mansury, Wamen BUMN Baru yang Dampingi Erick ThohirDirut BTN, Pahala Nugraha Mansury (IDN Times/Auriga Agustina)

Sebelum ditunjuk sebagai wakil menteri, Pahala Mansury menjabat sebagai Direktur Utama Bank BTN. Ia diangkat sebagai Direktur Utama BTN melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN pada 27 November 2019 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 10 Februari 2020.

Pria bernama lengkap Pahala Nugraha Mansury ini menempuh pendidikan di Leonard N Stern. School of Business New York University dengan gelar Master of Business Administration in Finance di tahun 1994-1999. Sebelumnya, pria kelahiran Bogor, 49 tahun lalu itu merupakan lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1989-1994.

Pahala juga menjalani karier di sejumlah BUMN sebelum menjabat di BTN. Karier terpanjang di Bank Mandiri. Di sana, dia menjabat berbagai posisi, di antaranya sebagai Senior Vice President Economic & Financial Research Group Head Bank Mandiri pada Juli 2003 sampai Januari 2005. Lalu, sebagai Senior Vice President Corporate Development Group Head pada Januari 2005-September 2006.

Posisi Senior Vice President Accounting Group Head dan Senior Vice President Change Management Office Group Head Bank Mandiri dijabatnya pada Juli 2005-Oktober 2005. Pada September 2006 sampai Mei 2010, ia menjabat EVP Koordinator Finance & Strategy Bank Mandiri dan Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri sejak Mei 2010-Maret 2015. Setelah itu, Pahala ditunjuk pemegang saham bank menjadi Direktur Treasury & Market pada Maret 2015-April 2017.

Ia juga pernah menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk periode April 2017-September 2018. Setelah itu dia ditunjuk menjadi Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) pada September 2018-November 2019, sebelum ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Dirut BTN.

2. Dilantik bersama menteri dan wakil menteri lain

Profil Pahala Mansury, Wamen BUMN Baru yang Dampingi Erick ThohirPahala Mansury (ANTARA FOTO)

Pahala Mansury akan dilantik bersama para menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024 pada pukul 09.30 pagi ini.

Adapun enam menteri yang akan dilantik adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama.

Selain itu, ada Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan serta Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Di posisi Wakil Menteri, ada eks Danjen Kopassus Letjen Herindra yang akan dilantik sebagai Wakil Menteri Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono. Jokowi juga akan melantik Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove dalam kesempatan itu.

3. Perombakan kabinet diumumkan kemarin

Profil Pahala Mansury, Wamen BUMN Baru yang Dampingi Erick ThohirPresiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sebagai informasi, Jokowi memutuskan untuk merombak susunan kabinetnya pada Selasa kemarin. Ia memanggil para calon menteri ke Istana Kepresidenan, Jakarta dan mengumumkan akan melakukan pelantikan hari ini.

“Pelantikan akan dilaksanakan Insya Allah pada besok pagi (hari ini),” kata Jokowi kemarin.

Pada saat dipanggil ke istana, para calon mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Pakaian yang mereka gunakan bertema seperti saat Jokowi memperkenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju pada 2019 lalu.

Baca Juga: Pahala Mansury dan Letjen Herindra Dilantik jadi Wamen Hari Ini

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya