Comscore Tracker

Pasar Kripto Ambruk, Celsius Stop Semua Transfer dan Penarikan

Celsius Network adalah perusahaan pemberi pinjaman kripto

Jakarta, IDN Times – Perusahaan pemberi pinjaman cryptocurrency Celsius Network pada Senin (13/6/2022), mengatakan akan menghentikan sementara penarikan dan transfer antar akun karena kondisi pasar yang ekstrem.

“Kami mengambil tindakan yang diperlukan ini ... untuk menstabilkan likuiditas dan operasi sementara kami mengambil langkah-langkah untuk melestarikan dan melindungi aset,” kata perusahaan itu dalam postingan di blog, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

“Selanjutnya, pelanggan akan terus memperoleh imbalan selama jeda sejalan dengan komitmen kami kepada pelanggan kami,” tambah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu.

Baca Juga: Wah, Bisnis di Singapura Mulai Terima Pembayaranan dengan Kripto

1. Nilai Bitcoin anjlok

Pasar Kripto Ambruk, Celsius Stop Semua Transfer dan Penarikanilustrasi cryptocurrency (IDN Times/Aditya Pratama)

Hal itu disampaikan perusahaan di tengah tekanan yang terjadi dalam industri kripto, di mana harga mata uang digital berjatuhan.

Bitcoin yang telah anjlok nilainya, melanjutkan penurunan setelah pengumuman Celsius, turun lebih dari 6 persen ke level 24.888 dolar AS. Itu adalah level terendahnya dalam 18 bulan. Ether, cryptocurrency terbesar kedua di dunia, turun lebih dari 8 persen menjadi 1.303 dolar AS, terendah sejak Maret 2021.

Baca Juga: Tips Investasi Kripto saat Harganya Anjlok, Jangan Langsung Panik!

2. Tekanan di pasar kripto

Pasar Kripto Ambruk, Celsius Stop Semua Transfer dan Penarikanilustrasi cryptocurrency (IDN Times/Aditya Pratama)

Pasar kripto telah berada di bawah tekanan dalam beberapa bulan terakhir. Kejatuhan itu sejalan dengan apa yang terjadi pada aset berisiko lainnya. Penyebabnya adalah karena suku bunga telah meningkat di seluruh dunia.

Penurunan harga juga disebabkan oleh runtuhnya beberapa proyek kripto, yang juga memicu kejatuhan lebih lanjut. Salah satu yang paling menonjol adalah jatuhnya stablecoin TerraUSD, yang bulan lalu nilainya merosot menembus patokan dolarnya, mengguncang industri kripto.

Baca Juga: Cuan! Platform Investasi Kripto PINTU Raih Pendanaan Seri B

3. Tentang Celsius Network

Pasar Kripto Ambruk, Celsius Stop Semua Transfer dan Penarikanilustrasi cryptocurrency (IDN Times/Aditya Pratama)

Celsius Network, yang mengumpulkan 750 juta dolar AS dalam pendanaan akhir tahun lalu, adalah pemain penting dalam industri pinjaman kripto. Perusahaan menawarkan produk berbunga kepada pelanggan yang menyimpan mata uang kripto mereka di perusahaan. Mereka juga meminjamkan mata uang kripto untuk mendapatkan pengembalian.

Pada 17 Mei, perusahaan telah memproses pinjaman senilai 8,2 miliar dolar AS dan memiliki aset sebesar 11,8 miliar dolar AS, menurut situs webnya. Menurut perusahaan, pada Agustus tahun lalu mereka memiliki aset lebih dari 20 miliar dolar AS.

Meski pinjaman kripto telah menjadi bisnis yang semakin besar, sektor ini berada di bawah pengawasan peraturan, terutama di AS.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya