Comscore Tracker

Pasien Diabetes di AS Membeludak, Walmart Jual Insulin Murah

Hampir 11 persen dari populasi AS menderita diabetes

Jakarta, IDN Times – Perusahaan ritel Amerika Serikat (AS) Walmart pada Selasa (29/6/2021) mengatakan akan menjual versi insulin yang lebih murah agar dapat membantu meringankan biaya pengobatan jutaan orang Amerika yang tidak memiliki asuransi kesehatan, atau yang kesulitan membayar obat diabetes.

Walmart mengatakan akan akan menjual insulin analog versi private-label eksklusif, ReliOn NovoLog, kepada orang dewasa dan anak-anak yang memiliki resep, mulai minggu ini. Obat itu akan tersedia untuk pelanggan yang memiliki keanggotaan Sam’s Club pada pertengahan Juli.

Menurut CNBC, harga insulin tersebut sekitar 73 dolar AS (sekitar Rp1 juta) untuk botol atau sekitar 86 dolar AS (sekitar Rp1,2 juta) untuk paket pena insulin yang sudah diisi sebelumnya.

Baca Juga: Nggak Rumit, 5 Cara Alami Ini Terbukti Tingkatkan Sensitivitas Insulin

1. Produk pengobatan diabetes terbaru Walmart

Pasien Diabetes di AS Membeludak, Walmart Jual Insulin MurahPerusahaan ritel terbesar asal Amerika Serikat, Walmart Inc (savannahnow.com)

Insulin tersebut adalah tambahan terbaru untuk merek produk diabetes pribadi Walmart, ReliOn. Sebelumnya Walmart sudah menjual versi insulin dengan harga rendah yang hanya sekitar 25 dolar AS. Namun, produk itu memiliki formulasi lama.

Beberapa dokter dan advokat mengatakan bahwa versi insulin murah ini tidak efektif mengelola perubahan gula darah seperti versi insulin yang lebih baru, yang disebut analog.

Dr Cheryl Pegus, wakil presiden eksekutif kesehatan dan kebugaran Walmart, mengatakan versi obat Walmart ini akan memperluas akses ke perawatan karena mengurangi harga biasa dan membuat insulin analog dapat dijangkau lebih banyak orang. Dia juga mengatakan, Walmart bekerja langsung dengan produsen Novo Nordisk untuk mengurangi biaya. Di mana selisih harga dengan pesaing bermerek akan mencapai 101 dolar AS per botol insulin atau hingga 251 dolar AS per bungkus pena insulin yang sudah diisi sebelumnya, kata Pegus.

“Titik harga ini, kami harap, akan meningkat dan mudah-mudahan merevolusi aksesibilitas dan keterjangkauan insulin,” katanya melalui telepon dengan wartawan. “Kami tahu bahwa banyak penderita diabetes kesulitan untuk mengelola kondisi kronis ini karena beban keuangannya.”

Baca Juga: Walmart dan Sektor Ritel Siap Lakukan Vaksinasi COVID-19 di AS

2. Banyak warga AS yang terkena diabetes

Pasien Diabetes di AS Membeludak, Walmart Jual Insulin Murahilustrasi suntik insulin (hopkinsdiabetesinfo.org)

Amerika memiliki cakupan besar orang-orang yang menderita penyakit diabetes dan jumlahnya bertambah setiap tahun.

Menurut American Diabetes Association, lebih dari 34 juta orang di AS atau hampir 11 persen dari populasinya menderita diabetes. Sementara itu setiap tahunnya ada sekitar 1,5 juta orang Amerika didiagnosis dengan penyakit ini.

“Persentase itu sekitar 14 persen di antara pembeli Walmart,” kata Warren Moore, wakil presiden kesehatan dan kebugaran Walmart, melalui telepon kepada CNBC.

3. Penderita diabetes naik, harga insulin juga naik

Pasien Diabetes di AS Membeludak, Walmart Jual Insulin Murahilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Amerika telah menghadapi masalah terkait harga insulin di negara itu. Di mana di saat jumlah penderita diabetes meningkat, harga obat berusia 100 tahun itu juga ikut melonjak. Hal ini telah menarik perhatian para regulator negara tersebut.

Menurut data terbaru yang tersedia dari Health Care Cost Institute, biaya insulin tahunan untuk penderita diabetes tipe 1 di AS telah melonjak hampir dua kali lipat dari 2.900 dolar AS pada 2012 menjadi 5.700 dolar AS pada 2016.

Beberapa produsen insulin terkemuka, termasuk Sanofi dan Eli Lilly, telah dikritik oleh politisi selama dengar pendapat kongres karena menaikkan harga obat yang masuk kategori penting tersebut. Namun dalam beberapa kasus, perusahaan telah menanggapi kritik dengan meluncurkan program penurunan harga yang terbatas.

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya