Comscore Tracker

Perdagangan RI-Jerman Naik 6,47 Persen per Januari-Oktober 2021

FDI Jerman mengalami pertumbuhan positif

Jakarta, IDN Times – Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan 2021 merupakan tahun yang produktif bagi diplomasi Indonesia yang dijalankan melalui Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt.

Di mana pada bidang Diplomasi Ekonomi, KJRI Frankfurt melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan berbagai mitra di wilayah kerja KJRI Frankfurt.

Hasilnya, nilai perdagangan kedua negara meningkat di 10 bulan awal 2021.

Baca Juga: 5 Fakta DAAD Scholarship, Beasiswa Studi S2 dan S3 ke Jerman

1. Perdagangan RI-Jerman meningkat

Perdagangan RI-Jerman Naik 6,47 Persen per Januari-Oktober 2021Ilustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Berdasarkan data terkini Badan Statistik Jerman (Destatis), nilai perdagangan antara Indonesia dengan seluruh wilayah kerja KJRI Frankfurt sepanjang periode Januari-Oktober 2021 mencapai 2.757.723.000 euro atau meningkat sebesar 6,47 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

“Kinerja perdagangan selama tahun 2021 menunjukkan sinyal pemulihan kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan 6 negara bagian wilayah kerja KJRI Frankfurt dibandingkan tahun 2020 yang relatif mengalami kontraksi sebagai akibat krisis ekonomi global di tengah pandemik COVID-19,” jelas kementerian dalam rilisnya, Senin (3/1/2022).

2. Perdagangan surplus di 10 bulan awal 2021

Perdagangan RI-Jerman Naik 6,47 Persen per Januari-Oktober 2021Ilustrasi ekonomi (IDN Times/Sukma Shakti)

Kementerian menyebut pada 2021, Indonesia masih mencatat surplus perdagangan selama periode dimaksud, yakni mencapai 606,96 juta euro. Sebelumnya nilai perdagangan Indonesia selama periode yang sama pada tahun 2020 mengalami kontraksi (negatif) 15,1 persen secara year-on-year dibandingkan 2019, atau periode sebelum masa krisis ekonomi global.

Di bidang investasi, berdasarkan data terkini yang dipublikasikan Kementerian Investasi/BKPM RI, Foreign Direct Investment (FDI) Jerman di sepanjang kuartal I hingga kuartal III (Januari-September) tahun 2021 meningkat sebesar 9,2 persen menjadi 136,9 juta dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan periode yang sama tahun 2020 (year-on-year).

“Jumlah proyek melalui FDI selama periode yang sama juga meningkat sebesar 13,6 persen menjadi 826 proyek (year-on-year),” menurut kementerian.

Baca Juga: Sebut China Pelanggar HAM, Menlu Jerman Tolak Hadiri Olimpiade Beijing

3. FDI Jerman tahun ini lebih baik dari tahun lalu

Perdagangan RI-Jerman Naik 6,47 Persen per Januari-Oktober 2021Ilustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kementerian juga menyebut bahwa kinerja FDI Jerman tahun ini lebih baik jika dibandingkan tahun lalu, di mana nilai FDI Jerman yang masuk ke Indonesia mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) 24 persen menjadi 143,6 juta dolar AS, meski jumlah proyek meningkat menjadi 1.008.

“Penurunan nilai FDI pada periode waktu dimaksud sebagai akibat krisis ekonomi global yang ditimbulkan oleh pandemik COVID-19,” jelas kementerian.

Di Bidang Diplomasi Sosial Budaya, sepanjang tahun 2021 KJRI Frankfurt terus berupaya meningkatkan Citra Indonesia di wilayah kerja melalui berbagai kegiatan, di tengah situasi pandemik COVID-19. Berbagai kebijakan diterapkan oleh pemerintah setempat dalam upaya mitigasi penyebaran virus corona yang berdampak pada pembatasan sosial.

“Tentunya hal ini berpengaruh terhadap upaya KJRI Frankfurt dalam meningkatkan Citra Indonesia, khususnya ketika akan menyelenggarakan kegiatan secara luring. Terima kasih atas dukungan seluruh masyarakat di wilayah kerja KJRI Frankfurt sehingga pada tahun ini kami dapat memperoleh nilai Citra Indonesia sebesar 3,67 (dari target 4) dengan predikat baik,” kata kementerian.

Baca Juga: Australia-Inggris Tandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya