Rupiah Dibuka Menguat 15 Poin di Awal Perdagangan Pagi Ini

Rupiah menguat ke level Rp14.247 pagi ini

Jakarta, IDN Times – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada pembukaan perdagangan awal pekan ini, Senin (6/9/2021).

Dikutip dari Bloomberg, rupiah dibuka menguat 15 poin ke level Rp14.247 per dolar AS pagi ini. Pada penutupan sebelumnya, rupiah berada di level Rp14.262 per dolar.

Baca Juga: 5 Kesalahan Utama yang Harus Dihindari Saat Investasi Emas 

1. Rupiah berpotensi menguat hari ini

Rupiah Dibuka Menguat 15 Poin di Awal Perdagangan Pagi IniIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Pengamat Pasar Keuangan Ariston Tjendra mengatakan, rupiah berpotensi menguat pada penutupan perdagangan nanti. Ini dikarenakan dolar melemah akibat data non-farm payrolls AS yang dirilis Jumat lalu, jauh di bawah ekspektasi pasar.

Ariston menyebut, hal ini memberikan keraguan ke pasar soal waktu pelaksanaan kebijakan pengetatan moneter AS ke depan, baik tapering ataupun kenaikan suku bunga.

“Keraguan ini telah mendorong pelemahan dolar AS terhadap nilai tukar lainnya. Rupiah mungkin berpeluang menguat terhadap dolar AS dengan sentimen di atas,” jelasnya.

2. Kasus COVID-19 juga pengaruhi rupiah

Rupiah Dibuka Menguat 15 Poin di Awal Perdagangan Pagi IniIlustrasi ambil uang di Bank (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ariston lebih lanjut mengatakan bahwa dari dalam negeri, perkembangan kasus COVID-19 yang semakin membaik juga menjadi angin segar bagi rupiah.

“Ditambah dengan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia yang terus membaik juga membantu memberikan sentimen positif ke rupiah,” katanya.

Baca Juga: Makin Hari Investasi Kripto Makin Diminati Pasar

3. Rentang penguatan rupiah

Rupiah Dibuka Menguat 15 Poin di Awal Perdagangan Pagi IniIlustrasi Dollar dan Rupiah (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sebelumnya pada perdagangan Jumat lalu, rupiah menguat 10 poin atau 0,07 persen ke level Rp14.262 per dolar AS dari level Rp14.272 per dolar di penutupan sebelumnya.

Sementara itu untuk penutupan hari ini, Ariston memprediksi potensi penguatan rupiah akan ke kisaran Rp14.200-Rp14.230 dengan potensi resisten di Rp14.300.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya