Rupiah Ditutup Menguat Jelang Rilis Data AS

Rupiah menguat menjadi Rp14.272 per dolar AS

Jakarta, IDN Times – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada penutupan perdagangan sore ini, Kamis (2/9/2021).

Dikutip dari Bloomberg, rupiah menguat 10 poin atau 0,07 persen ke level Rp14.272 per dolar AS sore ini. Pada penutupan sebelumnya rupiah berada di level Rp14.282 per dolar.

Baca Juga: Emas Batangan vs Perhiasan, Lebih Untung Mana buat Investasi?

1. Rupiah menguat jelang rilis data AS

Rupiah Ditutup Menguat Jelang Rilis Data ASIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan rupiah menguat sore ini karena dolar melemah akibat fokus investor tertuju pada data AS. sejumlah data pekerjaan AS, termasuk penggajian non-pertanian, akan dirilis pada Jumat besok.

“Investor menunggu laporan pekerjaan AS terbaru yang dapat menjadi petunjuk tentang rencana pengurangan aset Federal Reserve, dengan data ketenagakerjaan sebelumnya kehilangan ekspektasi,” ujarnya.

Sebelumnya data yang dirilis hari Rabu menunjukkan bahwa angka pekerjaan nonpertanian ADP untuk Agustus adalah 374.000. Angka tersebut di bawah 613.000 yang diperkirakan oleh Investing.com, tetapi mengindikasikan pemulihan pasar kerja yang berkelanjutan dan stabil.

2. Faktor internal penguatan rupiah

Rupiah Ditutup Menguat Jelang Rilis Data ASIlustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Dari dalam negeri, penguatan rupiah terjadi karena pasar merespon positif klaim pemerintah yang menyatakan sudah memenuhi target penyuntikan 100 juta dosis vaksin COVID-19 tepat di 31 Agustus 2021.

“Dan vaksinasi merupakan salah satu yang penting dalam menurunkan laju penyebaran virus COVID-19. Ini sesuai dengan target yang sudah direncanakan,” jelasnya.

Baca Juga: 3 Modus Investasi Bodong, Kenali Biar Gak Tertipu!

3. Rupiah kemungkinan menguat lagi besok

Rupiah Ditutup Menguat Jelang Rilis Data ASilustrasi uang rupiah

Sebelumnya pada pagi tadi, rupiah dibuka menguat 17 poin ke level Rp14.265 per dolar AS dari level penutupan sebelumnya di Rp14.282 per dolar.

Untuk perdagangan besok, Ibrahim memprediksi rupiah masih akan melanjutkan penguatan.

“Dalam perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp14.260-Rp14.310,” jelas Ibrahim.

Baca Juga: IHSG Ditutup Melemah, 4 Saham Ini Jadi Primadona

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya