Comscore Tracker

Sesuai Prediksi, Rupiah Melemah di Penutupan Sore Ini

Rupiah melemah ke level Rp14.482 per dolar AS

Jakarta, IDN Times – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada penutupan perdagangan Kamis (15/7/2021). Pelemahan ini sesuai prediksi analis.

Dikutip dari Bloomberg, rupiah melemah 0,02 persen ke level Rp14.482 per dolar AS dari level Rp14.480 di penutupan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memaksakan Diri Menabung dari Pertama Kerja

1. Pelemahan rupiah sesuai prediksi analis

Sesuai Prediksi, Rupiah Melemah di Penutupan Sore IniIlustrasi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pelemahan rupiah sore ini sesuai dengan prediksi analis. Di mana pada pagi tadi, Pengamat pasar keuangan Ariston Tjendra mengatakan rupiah masih berpotensi tertekan hari ini karena kekhawatiran pasar meningkat akibat kenaikan kasus baru COVID-19 di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Ia sebelumnya mengatakan potensi pelemahan rupiah ke arah Rp14.520, dengan potensi support di kisaran Rp14.460.

2. Rupiah lanjutkan pelemahan dari perdagangan sebelumnya

Sesuai Prediksi, Rupiah Melemah di Penutupan Sore IniIlustrasi Dollar dan Rupiah (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sebelumnya pada perdagangan Rabu, rupiah juga melemah terhadap dolar AS di penutupan. Yaitu melemah 16 poin atau 0,11 persen ke level Rp14.480 per dolar AS dari level Rp14.463 per dolar AS.

Pelemahan rupiah beberapa hari ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lonjakan kasus COVID-19 dalam negeri yang terus mencatatkan rekor. Ariston mengatakan, lonjakan kasus ini telah memicu lahirnya wacana perpanjangan PPKM Darurat yang dapat menekan laju pertumbuhan ekonomi.

“PPKM Darurat yang berpotensi diperpanjang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pelaku pasar. Jelas ini bisa menekan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Ariston kepada IDN Times.

Baca Juga: COVID RI Meroket, Kasus Baru dan Kematian Harian Tertinggi ke-2 Dunia

3. Kasus COVID-19 RI terus mencetak rekor

Sesuai Prediksi, Rupiah Melemah di Penutupan Sore IniIlustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Kasus COVID-19 di Indonesia memang terus memecahkan rekor beberapa pekan terakhir. Pada hari ini, jumlah penambahan kasus harian juga kembali mencatatkan rekor.

Data Satgas COVID-19 yang dirilis pada Kamis (15/7/2021) menunjukkan jumlah kasus baru COVID-19 bertambah 56.757 orang. Hal tersebut membuat jumlah yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia saat ini sebanyak 2.726.803 kasus.

Baca Juga: Tak Berdaya Lawan Dolar, Rupiah Melemah ke Level Rp14.482

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya