Comscore Tracker

SpaceX Bakal Menerima Dogecoin sebagai Alat Pembayaran

Itu bagian dari upaya meluncurkan ‘misi DOGE-1 ke Bulan’

Jakarta, IDN Times – Perusahaan pesawat ruang angkasa Elon Musk, SpaceX, akan meluncurkan “DOGE-1 Mission to the Moon” pada kuartal pertama 2022. Sejalan dengan misi itu, perusahaan akan menerima cryptocurrency yang terinspirasi dari meme, Dogecoin, sebagai pembayaran penuh untuk membawa muatan ke bulan.

Kabar ini diumumkan oleh Geometric Energy Corporation pada Minggu (9/5/2021) dan telah dikonfirmasi oleh tim komunikasi SpaceX melalui email kepada wartawan. Menurut CNBC, nilai finansial misi itu tidak diungkapkan.

Baca Juga: Harga Dogecoin Melonjak 11 Ribu Persen di 2021, Ini Sebabnya

1. Muatan dilengkapi kecerdasan spasial bulan

SpaceX Bakal Menerima Dogecoin sebagai Alat PembayaranMisi percobaan roket Falcon milik SpaceX (unsplash.com/SpaceX)

DOGE-1 akan menerbangkan satelit kubus seberat 40 kilogram sebagai muatan pada roket Falcon 9. Geometric Energy Corporation mengatakan muatannya itu akan dilengkapi kecerdasan spasial bulan (lunar-spatial intelligence) dari sensor dan kamera on-board dengan sistem komunikasi dan komputasi terintegrasi.

Wakil presiden penjualan komersial SpaceX Tom Ochinero mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa DOGE-1 akan mendemonstrasikan penerapan cryptocurrency di luar orbit Bumi dan menetapkan dasar untuk perdagangan antarplanet.

“Kami sangat senang meluncurkan DOGE-1 ke Bulan!” kata Ochinero.

2. Cita-cita lama Elon Musk

SpaceX Bakal Menerima Dogecoin sebagai Alat PembayaranElon Musk di dalam roket SpaceX Falcon. vanityfair.com/Jonas Fredwall Karlsson

Musk sebelumnya pernah mengumumkan rencana perusahaan tersebut pada April. Namun karena diumumkan bertepatan dengan hari April Mop, banyak yang menganggap tweet-nya sebagai candaan.

“SpaceX akan menempatkan Dogecoin sungguhan di bulan sungguhan,” tulis salah satu orang terkaya di bumi itu pada saat itu.

Baca Juga: Elon Musk Tampil di SNL, Harga Dogecoin Anjlok

3. Musk jadi pembawa acara “Saturday Night Live”

SpaceX Bakal Menerima Dogecoin sebagai Alat Pembayaranfreepik.com/farber-alex

Misi DOGE-1 diumumkan setelah Musk, yang menyebut dirinya sebagai “Dogefather”, melakukan debutnya sebagai pembawa acara “Saturday Night Live”. Namun pasca penampilannya, harga Dogecoin turun di bawah 50 sen.

Untuk SpaceX, pengumuman tersebut diumumkan pada hari perusahaan mencetak rekor baru untuk seri roket Falcon 9-nya. Setelah meluncurkan gelombang satelit Starlink lainnya ke orbit, SpaceX mendaratkan pendorong (booster) roket Falcon 9 untuk ke-10 kalinya. Ini merupakan patokan yang sebelumnya disebut Musk sebagai kunci dalam kemajuan perusahaan dalam menggunakan kembali roketnya.

“Ini dirancang untuk melakukan 10 penerbangan atau lebih tanpa perbaikan di antara setiap penerbangan,” kata Musk kepada wartawan pada Mei 2018.

“Kami yakin bahwa pendorong [Falcon 9] mampu melakukan setidaknya 100 penerbangan sebelum tidak digunakan lagi. Mungkin lebih.”

Baca Juga: Mengenal Dogecoin, Cryptocurrency Populer selain Bitcoin

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya