Comscore Tracker

Segini Harta Kekayaan Bill Gates, Duda Terkaya Dunia setelah Bezos

Pria terkaya ke-4 ini baru umumkan perceraian dengan Melinda

Jakarta, IDN Times – Pasangan Bill dan Melinda Gates telah mengumumkan perceraian mereka di Twitter pada Senin (3/5/2021). Dengan pengumuman itu berarti keduanya akan mengakhiri pernikahan mereka yang sudah berlangsung selama 27 tahun.

Meski demikian, dalam postingan tersebut mereka juga mengatakan akan terus bekerja sama untuk menjalankan yayasan amal yang telah mereka dirikan pada 2000, Bill & Melinda Gates Foundation.

Sebelum menikah, Bill dan Melinda Gates bertemu di Microsoft pada 1987, tak lama setelah Melinda mulai bekerja di sana sebagai manajer produk. Keduanya menikah tujuh tahun kemudian pada 1994.

Bill Gates sendiri pada saat itu telah menjadi miliarder termuda di dunia setelah Microsoft go public pada 1986. Saat ini Bill Gates adalah orang terkaya keempat di dunia. Berikut adalah jumlah kekayaan Gates saat ini.

Baca Juga: Bill dan Melinda Gates Umumkan Cerai, Minta Privasi untuk Keluarga

1. Orang terkaya keempat di dunia

Segini Harta Kekayaan Bill Gates, Duda Terkaya Dunia setelah BezosBill Gates (thenational.ae)

Gates, yang mendirikan Microsoft dengan Paul Allen pada 1975, memiliki kekayaan sebesar 130,5 miliar dolar AS, menurut Forbes. Jumlah itu setara sekitar Rp1.827 triliun. Dengan kekayaan sebanyak itu, Gates menjadi satu dari hanya delapan mogul (konglomerat) yang memiliki kekayaan lebih dari 100 miliar.

Gates sendiri saat ini merupakan orang terkaya keempat di dunia tahun ini. Tiga miliarder yang posisinya lebih kaya dari Gates adalah Jeff Bezos di urutan pertama, Bernard Arnault, dan Elon Musk berderet di bawahnya. Jika tidak menyumbangkan lebih dari 27 miliar dolar hartanya ke Bill and Melinda Gates Foundation, kekayaan Gates masih jauh lebih tinggi dari Musk.

Dalam 23 tahun ke belakang, Gates menempati posisi orang terkaya nomor 1 dunia sebanyak 18 kali. Pada akhir 2017, jumlah kekayaan tertinggi itu disalip oleh Jeff Bezos yang menjadikan Gates turun ke posisi 2 orang terkaya pada 2018.

2. Harta milik Gates

Segini Harta Kekayaan Bill Gates, Duda Terkaya Dunia setelah Bezoskeluarga Bill Gates dan Melinda Gates (Instagram/melindafrenchgates)

Business Insider menyebut bahwa Gates telah melakukan sejumlah pembelian mewah selama bertahun-tahun. Salah satunya yaitu tanah di Washington senilai 125 juta dolar AS, pesawat pribadi, dan koleksi mobil mewah.

Baru-baru ini, Gates menghabiskan 43 juta dolar AS untuk membeli sebuah rumah seluas 5.800 kaki persegi di Del Mar, California. Gates yang digeser pendiri Tesla Elon Musk dari posisi orang terkaya kedua di dunia pada November 2020, juga telah berinvestasi dalam berbagai saham dan aset, dan meluncurkan dana investasi senilai 1 miliar dolar AS, Breakthrough Energy, dengan 20 rekannya.

Gates juga dilaporkan memiliki jet pribadi Bombardier BD-700 Global Express, yang berharga 40 juta dolar AS dan dapat mengangkut hingga 19 orang.

Baca Juga: Bill Gates Sebut Bitcoin Lebih Baik Disingkirkan

3. Banyak sumbangkan harta untuk amal

Segini Harta Kekayaan Bill Gates, Duda Terkaya Dunia setelah BezosPendiri Microsoft Bill Gates dan istrinya, Melinda Gates (Fortuneita.com)

Meski masih menjadi salah satu orang terkaya di dunia, ternyata harga Gates telah banyak dihabiskan untuk beramal melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

Mereka juga berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka melalui Giving Pledge, sebuah kampanye yang mereka luncurkan pada 2010 untuk membuat orang-orang kaya menyumbangkan sebagian besar harta mereka untuk tujuan filantropi.

Saking dermawannya, Gates dan Melinda baru-baru ini dinobatkan sebagai dermawan paling dermawan di AS oleh The Chronicle of Philanthropy, setelah menyumbangkan lebih dari 36 miliar dolar AS untuk kegiatan amal melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

4. Barang mewah pertama Gates

Segini Harta Kekayaan Bill Gates, Duda Terkaya Dunia setelah BezosBill Gates (commons.wikimedia.org)

Dalam sebuah wawancara dengan Ellen DeGeneres, Gates pernah mengatakan bahwa pembelian mewah pertamanya setelah mendirikan Microsoft adalah supercar Porsche 911. Namun, itu bukan mobil mewah terakhirnya. Pria yang senang mengoleksi mobil mewah ini juga mempunyai Porsche 959 di koleksi mobilnya. Mobil mewah pertama Gates supercar Porsche 911 itu telah dilelang seharga 80 ribu dolar AS.

Dalam hal investasi, Gates melakukan banyak investasi melalui perusahaan investasi pribadinya, Cascade. Salah satu investasi besarnya adalah kepemilikan di Charles Hotel di Cambridge, Massachusetts. Selain itu, Gates juga dilaporkan memiliki hampir setengah dari jaringan hotel Four Season Holdings melalui Cascade, termasuk hotel di Atlanta dan Houston. Gates berbagi 95 persen kepemilikan dengan Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi.

Pada 2013, Gates dan beberapa pembeli yang tidak disebutkan namanya membayar sebesar 161 juta untuk membeli Ritz-Carlton di San Francisco.

Baca Juga: Cerai Usai 27 Tahun Menikah, 10 Momen Mesra Bill Gates dan Melinda

5. Habiskan harta di sektor kesehatan

Segini Harta Kekayaan Bill Gates, Duda Terkaya Dunia setelah BezosBill Gates dan Melinda Gates (Instagram/thisisbillgates)

Gates juga dilaporkan telah berinvestasi di Amyris, sebuah perusahaan biologi sintetik yang awalnya memproduksi prekursor untuk obat malaria dan biofuel berbasis hidrokarbon. Saat ini, perusahaan berfokus pada kesehatan melalui wewangian, perawatan kulit, dan pemanis.

Pada November 2017, Gates menginvestasikan 50 dolar AS juta untuk penelitian Alzheimer. Dia melanjutkan upaya ini dengan baru-baru ini menginvestasikan 30 juta dolar AS dengan sekelompok investor ke dalam Diagnostics Accelerator, dana filantropi ventura untuk mendiagnosis Alzheimer lebih awal.

Melalui yayasan amalnya, Gates dan Melinda menyumbangkan lebih dari 2 miliar pada 2016 untuk tujuan yang terkait dengan kesehatan dan pembangunan global serta pendidikan AS. Pada 2017, mereka menyumbangkan 4,78 miliar, sebagian besar untuk proyek-proyek yang dijalankan oleh Gates Foundation.

Mereka telah menjanjikan sumbanga 2 miliar dolar AS untuk mengalahkan malaria, menyumbangkan lebih dari 50 juta dolar AS untuk memerangi Ebola, dan menjanjikan 38 juta dolar AS untuk sebuah perusahaan farmasi Jepang yang bekerja untuk membuat vaksin polio berbiaya rendah.

Yayasan Gates juga telah memberikan setidaknya 2,5 miliar dolar AS kepada Aliansi GAVI, yang bekerja untuk membuka akses bagi vaksin di negara-negara miskin. Sementara itu, sepanjang tahun 2020, Gates Foundation aktif dalam respons global COVID-19, menjanjikan 100 juta dolar AS untuk membantu memerangi pandemik. Sebagian besar dari dana tersebut digunakan untuk pengembangan vaksin.

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya