Comscore Tracker

5 Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Menginspirasi, Siap Mendunia Nih!

Kamu mau buka bisnis apa?

Sebelum terjun di dunia politik,  Presiden Joko Widodo merupakan seorang pengusaha. Salah satu di bidang meubel yang sukses hingga ke pasar mancanegara. Budaya berdiri di kaki sendiri ini diterapkan Presiden Jokowi di dalam keuarganya.

Tak heran kalau putra-putranya juga membuka beberapa bisnis. Hanya saja, bidang bisnis berbeda. Inilah 5 bisnis yang dikembangkan putra Presiden Jokowi:

1. Katering Chilli Pari

5 Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Menginspirasi, Siap Mendunia Nih!instagram.com/chillipari

Dimulai pada 2010, bisnis katering Chili Pari yang digagas Gibran Rakabuming Raka mulai lahir. Tidak ingin membenani keuangan keluarga, Gibran memulai usahanya dengan mencari modal melalui pinjaman bank.

Meski awalnya tidak berjalan lancar, akhirnya usaha Gibran membuahkan hasil. Bisnis kateringnya kini terus dibanjiri pesanan dan berkembang menjadi wedding organizer terkemuka di Solo. 

2. Markobar

5 Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Menginspirasi, Siap Mendunia Nih!instagram.com/chillipari

Tidak cepat berpuas diri, Gibran melebarkan sayap bisnisnya ke bidang kuliner tradisional. Gibran bekerja sama dengan Arif Setyobudi yang sudah menjalankan bisnis martabak sejak 1996.

Sekitar 2014, Markobar muncul sebagai nama baru dengan menu andalannya berupa martabak 8 rasa. Saat ini Markobar sudah memiliki 29 cabang di 16 kota. Hebatnya lagi, akan ada rencana cabang baru di Filipina lho. 

Baca juga: 10 Bisnis Startup Sukses Asal Surabaya yang Harus Kamu Tahu

3. Sang Javas

5 Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Menginspirasi, Siap Mendunia Nih!instagram.com/sangjavas

Bertepatan dengan menu baru Markobar, Kaesang Pangarep memperkenalkan bisnis clothing line bernama Sang Javas. "Sang" diambil dari namanya, sedangkan "Javas" mengusung filosofi jualannya paling cepat dan laku.

Sejauh ini, Sang Javas masih mengembangkan satu desain kaos dan sudah terjual kurang lebih 2.000 buah. Harga per kaosnya dibandrol sekitar Rp 150 ribu.

4. Pasta Buntel

5 Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Menginspirasi, Siap Mendunia Nih!instagram.com/kaesangp

Pasta Buntel merupakan salah satu bisnis kuliner milik Gibran. Namanya belum setenar Markobar, karena kafenya hanya berada di Solo. Tepatnya di Jalan Tirtosari, Purwonegaran.

Bersama Sri Palgunadi, Jefri Lintang Biantara dan Agnar Juan, Pasta Buntel menyajikan makanan yang menggunakan bahan dasar pasta. Uniknya, pasta diracik dengan bumbu khas Nusantara dan dibungkus daun pisang, lalu dibakar.

Pasta Buntel tersedia dalam beberapa rasa, yakni bumbu matah Bali, bumbu rendang, dan bumbu original ayam serta sapi. 

5. Pisang Nugget

5 Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Menginspirasi, Siap Mendunia Nih!instagram.com/kaesangp

Sukses dengan Sang Javas, baru-baru ini Kaesang membuka bisnis kulinernya sendiri. Kaesang memulai peruntungan melalui bisnis jajanan pisang yang sedang ia kembangkan saat ini.

Cara penyajiannya, pisang nugget diberi topping beraneka ragam untuk mempercantik tampilan. Soft launching bisnis baru tersebut bakal digelar pada 19 November mendatang di area food court, lantai 5, Nomor 111 ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat.

Kaesang menawarkan promo 20 persen hingga 30 November mendatang. Hhhmm...kelihatannya enak banget ya?! Sudah gak sabar pengin cobain, kan?

Wah, semoga semakin berkembang dan sukses terus untuk Kaesang dan Gibran. Kamu yang ingin memulai bisnis bisa meniru semangat keduanya nih, banyak jalan menuju kesuksesan.

 

Baca juga: 10 Negara dengan Cadangan Emas Terbanyak, Indonesia Masuk Gak ya?

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !