Comscore Tracker

Tingginya Keuntungan per Unit, Apple Pecahkan Rekor Baru Pendapatan

Emang keren banget sih

Produk keluaran Apple Inc. memang dikenal mahal dan cukup eksklusif. Berbeda dengan perusahaan lain, Apple tidak membatasi kreativitas dengan proses pembuatan dan biaya.

Tak heran kalau mereka mampu mendobrak pasaran dengan teknologi yang mutakhir. Meski harganya cukup fantastis, banyak orang yang setia untuk membeli produk terbarunya.

1. iPhone X menjadi smartphone paling laris di penghujung 2017 

Tingginya Keuntungan per Unit, Apple Pecahkan Rekor Baru Pendapatanimore.com

iPhone X merupakan smartphone  yang sangat mahal, jika dibandingkan dengan pesainnya. Seperti Samsung Galaxy S8, Xiaomi Mi MIX, LG V30, dan sebagainya. Namun ternyata, sebagian orang merasa harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

Melansir dari Canalys.com, Apple sukses besar mengirimkan 29 juta unit iPhone X sepanjang kuartal keempat 2017. Menurut Analis Canalys, Ben Stanton, performa penjualan iPhone X sangat mengagumkan untuk sebuah perangkat yang dijual sekitar Rp 15 jutaan. "Meski jadi perangkat paling laris, penjualannya di bawah ekspektasi industri," katanya.

Baca juga: Liburan ala Apple Ini Seru Banget, Bisa Eksplore Teknologi Juga Lho

2. Apple raih untung hingga Rp 2 juta setiap satu iPhone

Tingginya Keuntungan per Unit, Apple Pecahkan Rekor Baru Pendapataniworld.co.za

Munculnya, iPhone 8 dan iPhone X membuat harga seri lainnya terjun payung dan makin diincar masyarakat. Apalagi teknologi yang ada masih bisa bersaing di 2018 ini, seperti iPhone SE, iPhone 6s, dan iPhone 7.

Meski harganya turun, Apple mendapat keuntungan sekitar 151 dollar AS atau sekitar Rp 2 jutaan per unit. Menurut penelitian Counterpoint, Samsung sebagai rivalnya hanya mengambil keuntungan sebesar 31 dollar AS atau sekitar Rp 418 ribu untuk setiap satu smartphone.

Laporan Counterpoint menyatakan profit penjualan Apple per unit lima kali lebih tinggi dari Samsung, dan sekitar 14 kali lebih tinggi dari rata-rata profit brand  China. 

3. Apple pecahkan rekor profit di kuartal pertama 2017

Tingginya Keuntungan per Unit, Apple Pecahkan Rekor Baru Pendapatanapple.com

Bukan hal yang mengejutkan bila iPhone X menjadi gadget paling laris. Kehadirannya merupakan gebrakan baru, terutama dengan menghilangan tombol home.

Banyak orang penasaran membuat sebagian user  Android beralih menggunakan iPhone. Adanya pergerakan tersebut membuat Apple bisa memecahkan rekor pendapatan yang melebih ekspektasi.

Apple sukses meraih pendapatan sebanyak 78,4 miliar dollar AS dengan laba bersih mencapai 17 miliar dollar AS atau setara Rp 229 triliun. Sedangkan, pada periode yang sama tahun lalu, Apple bisa meraup pendapatan 75,9 miliar dollar AS. Keuntungannya sekitar 18,4 miliar dollar AS atau setara Rp 248 triliun.

Tingginya Keuntungan per Unit, Apple Pecahkan Rekor Baru Pendapatanredmondpie.com

Dalam periode ini, Apple berhasil menjual 78 juta unit iPhone, 13 juta unit iPad, serta 5,3 juta unit komputer Mac.

CEO Apple Inc, Tim Cook, menyampaikan rasa bahagianya ihwal keberhasilan meraih pendapatan tertinggi yang dicapai pada kuartal pertama 2017. Dia juga menyebutkan layanan-layanan Apple mengalami pertumbuhan yang kuat.

Kalau kamu, lebih suka produk Apple atau yang lainnya, nih? Share di kolom komentar ya.

Baca juga: Apple Bakal Bikin Pusat Penelitian dan Pengembangan di Indonesia, Bisa Jadi di Papua!

Line IDN Times

Topic:

Just For You