Comscore Tracker

Gandeng Telkomsel, Ini Harapan Go-Jek untuk Mitra Pengemudi

Semakin banyak kemudahan

Mitra pengemudi merupakan tulang punggung Go-Jek yang sangat berperan penting bagi perusahaan. Sebagai technology enabler, Go-Jek terus berupaya membantu para mitra memiliki pendapatan yang berkesinambungan. Untuk itu, Go-Jek berusaha menjembatani para mitra dengan berbagai kemudahan melalui program swadaya.

1. Go-Jek sering melakukan kopdar bersama mitra pengemudi

Gandeng Telkomsel, Ini Harapan Go-Jek untuk Mitra PengemudiIDN Times/Reza Iqbal

Saat ini mitra pengemudi Go-Jek (roda dua dan roda empat) berjumlah lebih dari satu juta yang tersebar di 60 kota Indonesia. Tentunya masing-masing daerah memiliki masalah yang harus diatasi Go-Jek. Maka dari itu, setiap dua kali dalam sebulan, Go-Jek mengajak para mitra untuk kopi darat (kopdar).

"Sekitar 40 persen mitra tergabung dalam komunitas Go-Jek, dari sanalah kami mengajak mereka untuk kumpul dan saling sharing tentang segala unek-uneknya," kata Vice President Driver Community Go-Jek, Jaka Wiradisuria, kepada wartawan di Restoran Ayam Bakar Primarasa, Surabaya, Kamis (12/7).

Gandeng Telkomsel, Ini Harapan Go-Jek untuk Mitra PengemudiIDN Times/Reza Iqbal

Kopdar tersebut berguna sebagai acuan, apa yang mitra butuhkan agar Go-Jek bisa memberikan inovasi terbaru bagi mereka. Salah satu yang dilakukan adalah memberikan program swadaya. Sebuah layanan agar mitra pengemudi memiliki akses kepada layanan jasa keuangan, seperti tabungan haji, umroh, dan kredit kepemilikan rumah.

"Antusiasmenya cukup tinggi, khususnya mitra Go-Jek di Surabaya. Terbukti, hingga saat ini sudah lebih 21.500 mitra di Surabaya yang ikut dalam program asuransi baik Allianz maupun Pasar Polis," tuturnya.

2. Go-Jek bekerja sama dengan Telkomsel untuk kesejahteraan para mitra

Gandeng Telkomsel, Ini Harapan Go-Jek untuk Mitra PengemudiIDN Times/Reza Iqbal

Berdasarkan data internal Go-Jek, lebih dari 80 persen mitra pengemudi menghabiskan biaya pulsa di atas Rp 150 ribu per bulan. Menurut Jaka, selama kopdar tiga bulan ini, banyak sekali mitra yang mengeluhkan masalah tersebut.

Melihat hal tersebut, Go-Jek bersama Telkomsel meluncurkan paket spesial bagi para mitra berupa Paket Siap Online. "Semua hal yang kita lakukan selalu ada need based-nya. Untuk saat ini, kami mengutamakan mengurangi cost dari biaya pulsa tersebut," tutur Vice President Corporate Communications Go-Jek, Michael Say.

Melalui Paket Siap Online tersebut, mitra Go-Jek bisa memiliki paket data sebesar 15 GB dengan harga Rp 75 ribu. Saat ini masih Telkomsel saja, karena dinilai layanannya dapat diterima di seluruh Indonesia. "Tentu akan ada provider lainnya, tapi untuk saat ini masih Telkomsel," kata Michael.

3. Komitmen Go-Jek dalam membantu para mitranya

Gandeng Telkomsel, Ini Harapan Go-Jek untuk Mitra PengemudiIDN Times/Reza Iqbal

Go-Jek berkomitmen untuk memudahkan mitranya dalam bekerja dan meningkatkan kesejahteraannya. Saat ini, ada dua hal utama yang menjadi visi Go-Jek di 2018. Mereka ingin memberdayakan perusahaan mikro (mitra pengemudi) dan mitra UMKM (merchant Go-Food).

Selain dua kemudahan di atas, Go-Jek juga mengadakan Go-Food Festival dan bekerja sama dengan Pertamina. Go-Food Festival merupakan upaya Go-Jek dalam membantu promosi UMKM yang tergabung dalam merchant Go-Food.

"Kami memilih UMKM terbaik, nantinya mereka bisa membuka stand di sana secara gratis," kata Michael.

Gandeng Telkomsel, Ini Harapan Go-Jek untuk Mitra PengemudiIDN Times/Reza Iqbal

Sedangkan kerja sama dengan Pertamina, saat ini masih berupa pilot project di Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya dengan memberikan layanan khusus untuk mengganti oli di Pertamina.

"Saat ini kami belum bisa memberikan info lebih lanjut, termasuk harga spesialnya. Akan ada acara terpisah khsusus pengenalan program tersebut," ujar Jaka.

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Just For You