Comscore Tracker

Dukung Ekonomi Digital Indonesia, Google Lakukan 3 Hal Penting Ini!

Wow, bakal ada wifi di mana-mana

Perkembangan digital di Indonesia secara bertahap semakin cepat dan pesat. Semua orang, termasuk anak-anak, telah pandai menggunakan teknologi yang ada. Melihat hal tersebut, Google mulai tertarik berinvestasi di Indonesia. Melansir dari Blog.Google, mereka menganggap Indonesia merupakan pengguna internet terbesar ke-5 di dunia.

Maka dari itu, Google akan merangkul Indonesia dengan melakukan beberapa hal agar perkembangannya semakin baik dan tepat.

1. Google berencana mengadakan wifi publik berkualitas tinggi

Dukung Ekonomi Digital Indonesia, Google Lakukan 3 Hal Penting Ini!twitter.com/molinogroup

Indonesia memang cukup terlambat untuk memberikan layanan wifi gratis di ruang publik. Saat ini, fasilitas wifi hanya ada di tempat-tempat tertentu atau coworking space gratis yang disediakan pemerintah kota setempat.

Selain itu, masih ada orang di daerah terpencil yang sulit menjangkau internet. Oleh sebab itu, Google akan berupaya membantunya agar semua dapat mengakses. Ada beberapa produk yang akan dikeluarkan Google, seperti Youtube Go dan Google Go.

Kedua fitur tersebut akan membantu orang Indonesia mengakses video dan informasi menjadi lebih mudah, meskipun jaringannya sedang buruk. Kabar baiknya, Indonesia akan menjadi salah satu dari dua negara pertama yang mendapatkan aplikasi baru tersebut.

Baca juga: Penjualan Fantastis, Havaianas Buka Cabang Kedua di Surabaya

2. Google ingin mengembangkan usaha kecil di Indonesia melalui Gapura Digital

Google juga melihat bahwa perkembangan startup dan e-commerce di Indonesia telah berkembang pesat. Indonesia akan dijadikan sebagai rumah ke-4 di Asia Tenggara.

Hingga saat ini, Google telah melatih hingga 60 ribu orang Indonesia untuk pengembangan aplikasi mobile. Hal tersebut dilakukan untuk menjadikan startup di Indonesia bisa melangkah dengan baik ke tahap selanjutnya.

Dukung Ekonomi Digital Indonesia, Google Lakukan 3 Hal Penting Ini!umkmportal.com

Melalui Gapura Digital yang telah tersebar di Indonesia, harapannya akan ada 100 ribu pengembang pada 2020. Program ini bertujuan mendukung usaha kecil menengah untuk memajukan bisnis melalui digital.

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari. Mulai dari tren digital, hingga SEO atau SEM. Kamu bisa memilih topik yang kamu inginkan dan mendapatkan sertifikat langsung dari Google.

3. Google memutuskan berinvestasi di Go-Jek

Dukung Ekonomi Digital Indonesia, Google Lakukan 3 Hal Penting Ini!blog.google

Seperti yang IDN Times pernah kabarkan sebelumnya, Go-Jek akan mendapatkan pendanaan dari Google. Melalui blog tersebut, Google mengabarkan telah berinvestasi di Go-Jek. Soal waktu tepat dan nominalnya, masih dirahasiakan.

Menurut Google, Go-Jek merupakan salah satu startup terkemuka di Indonesia. Go-Jek mempunyai rekam jejak dan kredibilitas yang sangat baik.

Apalagi Go-Jek telah memanfaatkan teknologi untuk membuat hidup lebih nyaman bagi para penggunanya. Melalui laman Linkedin, Presiden Go-Jek Andre Soelistyo merasa terhormat bisa mendapatkan dukungan dari Google.

Dukung Ekonomi Digital Indonesia, Google Lakukan 3 Hal Penting Ini!linkedin.com/in/andre-soelistyo

"Ini adalah tonggak sejarah yang menandai pencapaian perusahaan dan Indonesia. Kami akan melakukan yang terbaik dan terus berupaya menggunakan teknologi untuk keuntungan seluruh orang di Indonesia," katanya.

Tentu saja hal ini akan menjadi inspirasi bagi startup  lain di Indonesia agar bisa dilirik Google.

Itulah tiga hal yang dilakukan Google dalam mendukung pertumbuhan Indonesia. Dengan adanya komitmen Google tersebut, tampaknya perkembangan digital di Indonesia akan semakin baik, ya?

Baca juga: Belanja Jadi Seru, Amazon Rilis Toko Tanpa Kasir Pertama di Dunia

Line IDN Times

Topic:

Just For You