Comscore Tracker

Harga Minyak Dunia Anjlok, Ternyata Ini Penyebabnya

Kabarnya Rusia dan AS akan bersatu

Di tengah mahalnya harga ayam dan telur, harga minyak dunia justru mengalami penurunan. Melansir dari marketwatch.com, harga minyak Brent yang menjadi patokan dunia turun sebanyak US$ 3,49 atau 4,6 persen menjadi US$ 71,84 (Rp1 jutaan) per barel dalam perdagangan ICE Futures Europe, Senin (16/7).

1. Harga minyak Brent mengalami penurunan terendah

Harga Minyak Dunia Anjlok, Ternyata Ini Penyebabnyapanorama-consulting.com

Menurut Menteri Energi Arab Saudi, Khalid Al-Falih, harga minyak Brent terus stabil selama 3,5 tahun ini. Harganya bisa mencapai US$ 80 (Rp1,2 juta) per barel. Sayangnya, selama beberapa pekan terakhir, harga tersebut terus menurun.

Penurunan kali ini menjadi yang terparah sejak kontrak April lalu. International Monetary Fund (IMF) menyebutkan adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan potensi pembebasan Amerika Serikat atas sanksi minyak Iran menjadi salah satu faktor penurunan harga Brent. Meski demikian, tidak semua negara mengalaminya, hanya di kawasan mata uang Euro, Jepang, dan Inggris.

2. Para pemimpin negara sepakat untuk meningkatkan produksi minyak

Harga Minyak Dunia Anjlok, Ternyata Ini Penyebabnyadeadline.com

Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putir menjadi sorotan di dalam pasar minyak dunia. Pasalnya, Trump berupaya mendorong Rusia meningkatkan produksi minyaknya.

"Saya pikir, Rusia dan Amerika sama-sama mempunyai kekuatan dalam minyak dan gas. Kita dapat bekerja sama untuk pengaturan pasar internasional, karena tidak ada yang menginginkan jatuhnya harga Brent," kata Putin saat konferensi pers di Istana Presiden Helsinki, Finlandia, kemarin, seperti yang dilansir dari CNBC.

Sejalan dengan hal tersebut, organisasi negara-negara pengekspor minyak dunia (OPEC) telah sepakat untuk meningkatkan produksi minyak mereka hingga 1 juta barel per hari. Menurut Falih, hal ini diperlukan untuk mencegah kekurangan minyak mentah yang dapat menekan harga pasaran.

3. Penyebab turunnya harga minyak dunia

Harga Minyak Dunia Anjlok, Ternyata Ini PenyebabnyaANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Seperti yang disinggung IMF, adanya perlambatan laju pertumbuhan ekonomi adalah salah satu faktor turunnya harga minyak. Hal tersebut berdampak melemahnya permintaan minyak terhadap OPEC. Di sisi lain, China dan Amerika yang saling bertukar ancaman tarif dagang juga mendorong jatuhnya harga minyak bumi.

Menurut Chief Economist Japan Oil, Gas, and Metals National, Takayuki Nogami, harga minyak turun ini diindikasi adanya perang dagang antara Amerika dan China. Selain itu, peningkatan produksi minyak OPEC juga berpotensi menghancurkan keseimbangan penawaran dan permintaan.

Rencananya, China akan memberlakukan tarif untuk beberapa produk Amerika, termasuk minyak bumi dan bensin. Sementara itu, pemerintah Amerika telah memberikan tarif impor produk China senilai US$ 50 miliar.

Wah, semoga kerja sama Amerika dan Rusia tersebut bisa menguntungkan semua pihak ya.

Topic:

  • Dewi Suci

Just For You