Comscore Tracker

Warung Kelontong Kekinian, Gak Kalah Canggih dengan Toko Modern Nih!

Gak kalah canggih, guys

Maraknya toko modern di Indonesia memang menjadi masalah bagi warung-warung kecil di sekitarnya. Apalagi beberapa di antaranya menawarkan banyak fasilitas menarik seperti ATM dan wifi.

Faktanya, konsep toko seperti Indomaret, Alfamart, dan sebagainya memang terbilang memudahkan kita untuk berbelanja. 

1. Bersama East Ventures toko, kelontong siap bersaing dengan minmarket

Warung Kelontong Kekinian, Gak Kalah Canggih dengan Toko Modern Nih!warungpintar.co

Setelah sukses dengan coworking space EV Hive di Indonesia, pemodal ventura lokal East Ventures kembali mengumumkan proyek kedua mereka yang bernama Warung Pintar. 

East Ventures merupakan pendana tahap awal di kawasan Asia Tenggara dan Jepang. Selama beberapa tahun terahir, East Ventures telah berinvestasi kepada ratusan perusahaan di Indonesia, Singapura, Jepang, Malaysia, dan Thailand.

“Misi kami adalah untuk memberikan dampak sosial yang lebih besar, ketimbang mencari keuntungan moneter. Warung Pintar merupakan proyek dengan visi yang kuat akan inklusi teknologi bagi seluruh masyarakat Indonesia”, kata Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca.

Baca juga: Ini Rahasia Kemenangan Oddie Rehatta dalam Be a Changi Millionaire

2. Besar harapan "Warung Pintar" akan sukses di Indonesia

Warung Kelontong Kekinian, Gak Kalah Canggih dengan Toko Modern Nih!Dok. IDN Times

Sebelum menjamurnya toko-toko modern, warung tradisional merupakan tulang punggung negara sejak abad ke-19. UMKM ini memberikan kontribusi sebanyak 60 persen untuk PDB Indonesia. Angka ini akan terus bertumbuh ke depannya.

“Teknologi seharusnya dapat diakses oleh siapa saja. Maka Warung menjadi wadah yang tepat bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama untuk mengambil peran dalam ekonomi digital”, ujar CEO Warung Pintar, Agung Bezhari. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai​ Investment Associate ​di East Ventures.

Sampai hari ini, Warung Pintar sudah memiliki 8 gerai yang tersebar di Jabodetabek.  Warung Pintar menawarkan bentuk kerja sama berupa kemitraan dengan pemilik warung. 

Sementara itu, Willson berujar, para pemilik warung hanya perlu memberikan komitmen, kejujuran, serta kesediaan memperbaiki warung sewaktu-waktu dibutuhkan. Proyek ini sendiri, kata dia, bertolak belakang dengan unit ekonomi e-commerce yang ada saat ini.

"Dengan rata-rata jumlah pembelian yang lebih kecil, pembeli non-repetitif dan keuntungan yang kecil pula," ujar Willson.

3. Warung Pintar merupakan bentuk transformasi sebagai toko kelontong kekinian

Warung Kelontong Kekinian, Gak Kalah Canggih dengan Toko Modern Nih!Dok. IDN Times

Banyak inovasi dan teknologi yang dipersiapkan untuk dapat memajukan toko tradisional. Salah satunya adalah kasir Warung Pintar menggunakan sistem MokaPOS​, pencatatan keuangan dan akuntansi dengan sistem Jurnal​.

Pelanggan juga dapat mengisi ulang pulsa, serta membeli tiket dan barang-barang lainnya melalui Kudo​. Pengadaan produk dan sistem distribusi last-mile disediakan oleh Do-​cart​.

Sistem distribusi gudang yang dikelola oleh Waresix​. Selain itu, seluruh warung juga selalu siap untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan EV Hive ​coworking space​.

Tak sebatas itu saja, tim Warung Pintar juga membangun platform fisik untuk mereka. Kami membangun solusi end-to-end, mulai dari pencarian lahan, pendanaan, promosi, hingga pemasaran.

Inilah Warung Pintar yang harapannya bisa memberikan solusi konkret terhadap toko tradisional. Bagaimana menurutmu?

Baca juga: Makin Hits, Bar Lego Paling Kekinian Bakal Segera Hadir!

Line IDN Times

Topic:

Just For You