Comscore Tracker

Laba Bank bjb Tumbuh Positif di Tengah Pandemik 

Laba bersih di Triwulan II 2021 tumbuh 14,4 persen

Jakarta, IDN Times - Di tengah pandemik COVID-19 yang masih berlangsung di Indonesia, bank bjb masih dapat mencatatkan kinerja yang positif. Hal ini tecermin dari raihan laba bersih bank BJB di Triwulan II 2021 yang mampu tumbuh 14,4 persen menjadi sebesar Rp924 miliar.

Pertumbuhan tersebut juga diikuti oleh peningkatan nilai aset perseroan yang tumbuh sebesar 20,0 persen year on year (YoY) atau mencapai Rp150,4 triliun.

1. Sektor kredit juga mampu tumbuh

Laba Bank bjb Tumbuh Positif di Tengah Pandemik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong program Kredit Mesra yakni pinjaman tanpa bunga dan agunan yang bisa diperoleh di masjid, gereja, pura, wihara, hingga kelenteng, kerja sama dengan Bank bjb, sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi umat.IDN Times/Pemprov Jabar

Sektor kredit yang merupakan ujung tombak utama perseroan dalam mendongkrak pendapatan juga mampu tumbuh secara nett sebesar 6,7 persen year on year menjadi 91,6 triliun.

Kualitas kredit yang disalurkan pun terjaga dengan baik dengan tingkat NPL alias kredit macet hanya sebesar 1,34 persen, terpaut cukup jauh di bawah rata-rata industri perbankan nasional pada posisi Mei 2021 yang mencapai 3,35 persen.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menjelaskan capaian positif juga terlihat dari pertumbuhan Dana Pihak Ketiga.

"Kepercayaan besar masyarakat untuk menyimpan uang di bjb mendorong pertumbuhan DPK sebesar 20,9 persen year on year hingga mencapai Rp116,1 triliun," jelasnya. 

Baca Juga: bank bjb dan Pemprov Jabar Sinergi Strategis Melalui bjb INDAH

2. Peningkatan fitur layanan digital banking

Laba Bank bjb Tumbuh Positif di Tengah Pandemik Pembeli melakukan transaksi pembayaran digital dengan mesin EDC berbasis android di Pasar Baru, Bandung, Jawa Barat, Senin (16/12). Bank BJB meluncurkan pembayaran digital dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), bjb EDC berbasis Android dan bjb Digi (mobile banking), untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama.. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Di tengah terbatasnya aktivitas masyarakat, layanan digital bank bjb mencatatkan pertumbuhan kinerja di masa pandemik. Aplikasi mobile banking bank bjb, yakni bjb DiGi, berhasil tumbuh signifikan pada periode Desember 2020 - Juni 2021.

Dalam kurun waktu tersebut, pertumbuhan pengguna bjb DiGi tercatat mencapai 121,2 persen. Pertumbuhan tersebut diprediksi akan terus melesat seiring dengan peningkatan fitur layanan digital banking bank bjb.

Yuddy Renaldi lebih lanjut mengatakan, pencapaian kinerja positif pada triwulan II 2021 tersebut mencerminkan kekuatan kinerja perusahaan di tengah masa pandemik. Hal tersebut dapat terwujud berdasarkan perencanaan yang matang serta eksekusi strategi bisnis yang efektif.

"Langkah-langkah untuk menopang laju pertumbuhan bisnis dirancang untuk dapat adaptif pada berbagai situasi. Seluruh aktivitas bisnis yang kami jalani senantiasa selaras dengan semangat peningkatan kualitas pelayanan," ungkap Yuddy.

3. Meraih predikat Indonesia Best CEO Award 2021

Laba Bank bjb Tumbuh Positif di Tengah Pandemik Direktur Utama bank BJB Yuddy Renaldi (kiri) melakukan transaksi pembayaran digital dengan barcode di Pasar Baru, Bandung, Jawa Barat, Senin (16/12). Bank BJB meluncurkan pembayaran digital dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), bjb EDC berbasis Android dan bjb Digi (mobile banking), untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas dan mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Selain itu, Yuddy juga berhasil meraih predikat “Indonesia Best CEO Award 2021” dalam Regional Development Bank Category atau Kategori Bank Pembangunan Daerah.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Iconomics Research and Consulting, atas dasar penilaian tim riset terhadap keberhasilan kinerja CEO dalam memimpin perusahaan di tengah pandemik COVID-19. (WEB)

Baca Juga: Respons Perkembangan Digitalisasi, bank bjb Kembangkan bjb Digi 

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya