Comscore Tracker

3 Tips Bikin Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion, Semangat!

Generasi sandwich kebanyakan mengesampingkan passion-nya

Jakarta, IDN Times - Generasi sandwich kian menjadi fenomena yang marak dialami Millennial dan Gen Z di Indonesia. Terhimpit di antara kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup pribadi dan menjadi penopang hidup anggota keluarganya, membuat generasi sandwich kesulitan untuk berpikir jernih dan bebas menjalani passion hidupnya.

Kendati tidak ada satu cara yang bisa menuntaskan semua problematika hidup, tetapi ada beberapa langkah kreatif agar generasi sandwich ini paling tidak bisa melakukan manajemen hidup yang baik agar terhindar dari risiko.

Berikut ini beberapa tips dari FWD Insurance dan Financial Consultant, Mada Aryanugraha yang bisa dipakai generasi sandwich untuk bebas menjalani passion-nya.

Baca Juga: 6 Tips Mengelola Rekening Bulanan Buat Millennial

1. Buat circle anti toxic

3 Tips Bikin Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion, Semangat!Ilustrasi pertemanan (Pexels.com/Huy ProShoot)

Ada baiknya kamu menemukan orang-orang yang bisa jadi pondasi lingkaran pertemanan untuk saling memberikan dukungan.

Bergaullah dengan orang-orang yang tidak hanya memiliki passion sama, tetapi justru yang juga bisa memperkaya pengetahuan, sudut pandang, serta bidang pekerjaan yang beragam sehingga kamu dan mereka bisa saling mengisi.

"Dengan demikian, ketika kamu memiliki problematika romansa, pekerjaan, atau hidup secara umum, kamu bisa mendapatkan masukan dan solusi yang membangun agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan positif," kata Mada, dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (2/9/2022).

Baca Juga: 5 Tantangan Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa Rantau

2. Maksimalkan proteksi bare minimum

3 Tips Bikin Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion, Semangat!ilustrasi asuransi (IDN Times/Aditya Pratama)

Gak seharusnya kamu gampang terlena dengan hal-hal yang sebetulnya hanya bare minimum. Diajak nonton atau makan malam bisa dibilang adalah hal-hal yang bare minimum.

Supaya lebih kreatif, mungkin kamu, teman, dan pasangan bisa ikut kuis-kuis Love Language supaya tahu apa saja hal-hal yang bisa bikin kamu lebih penuh passion.

Sebaliknya, khusus untuk proteksi diri, memiliki perlindungan yang bare minimum bisa menjadi salah satu manajemen hidup penting untuk dipenuhi dibandingkan tidak punya proteksi sama sekali.

Kamu bisa perbanyak informasi mengenai risiko kesehatan seperti apa yang sering dialami oleh orang seusiamu, lalu pilih produk perlindungan yang kamu sanggupi dan cukup untuk melindungi kamu dari risiko hidup.

"Kami mengerti ada berbagai pertimbangan bagi generasi sandwich sebelum membeli asuransi, baik karena biaya yang mahal ataupun istilah yang sulit dipahami. Oleh karena itu, FWD Insurance ingin mematahkan kendala itu dengan menghadirkan produk asuransi dengan biaya terjangkau, tetapi tetap memberikan perlindungan yang maksimal sehingga generasi muda lebih yakin untuk bebaskan langkah dan merayakan hidup bebas rasa khawatir," kata Chief of Operations, Product Proposition & Syariah FWD Insurance, Ade Bungsu.

3. Pilih jalur karier yang tepat

3 Tips Bikin Generasi Sandwich Bebas Jalani Passion, Semangat!ilustrasi wanita karier (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Di tengah kerasnya persaingan dunia profesional, penting bagi generasi sandwich untuk mengasah kemampuan profesional dan menentukan jalur kariernya sejak dini agar bisa segera mencapai kebebasan finansial.

Dengan begitu, generasi sandwich juga bisa bebas menjalani passion sejak usianya masih muda. Kebebasan finansial sendiri bisa diartikan berbeda-beda tergantung persepsi masing masing.

"Ada yang cukup puas dengan penghasilan yang didapatkan karena masih dapat bebas menjalani passion atau hobi dalam hidupnya, tapi ada juga yang memiliki target penghasilan tertentu yang harus dicapai agar bisa memenuhi target hidupnya," ucap Mada.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan supaya Gak Boros, Jangan Sampai Ngutang!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya