Comscore Tracker

5 Cara Jualan Makanan Basah Online, Perlu Trik Khusus lho!

Bisnis makanan basah banyak digemari masyarakat

Jakarta, IDN Times - Satu jenis usaha atau bisnis yang kerap dijalani banyak orang adalah kuliner. Biasanya bisnis tersebut dijalankan dalam skala usaha mikro kecil menengah alias UMKM. Dalam praktiknya, UMKM kuliner banyak menawarkan ragam menu kepada para konsumennya.

Salah satu yang cukup digemari adalah makanan basah seperti nasi kotak dan kue-kue. Di tengah pandemik dan berkembangnya teknologi digital, kamu ternyata bisa lho menjual ragam makanan basah secara online.

Berikut ini 5 cara jualan online makanan basah seperti dikutip dari GoBiz.

1. Terapkan sistem pre-order

5 Cara Jualan Makanan Basah Online, Perlu Trik Khusus lho!instagram.com/kuwehmamah.sby

Sebagai langkah awal berjualan makanan basah secara online, kamu bisa menerapkan sistem pre-order atau pesan terlebih dahulu. Sistem ini digemari banyak penjual lantaran dapat dilakukan dengan modal kecil atau terbatas.

Dengan menggunakan sistem ini maka kamu sebagai penjual hanya membuat jumlah atau porsi makanan basah sesuai dengan pesanan. Pembuatan makanan basah itu sendiri juga kamu lakukan ketika pembeli atau pemesan telah melakukan pembayaran.

Kepastian soal pembayaran ini menjadi penting untuk menghindari penipuan. Dewasa ini banyak sekali kasus penipuan dengan modus pemesanan makanan. Setelah makanan dibuat dan dikirim, pembeli enggan membayarkan dan itu pastinya merugikan kamu sebagai penjual.

Oleh karena itu, pastikan dulu pembayaran di depan ketika kamu menggunakan sistem pre-order untuk produk makanan basah yang kamu jual ya!

2. Perhatikan ketahanan makanan basah

5 Cara Jualan Makanan Basah Online, Perlu Trik Khusus lho!Kue maksuba, kue basah khas Palembang di Palembang Harum (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Cara jualan online makanan basah berikutnya adalah dengan memperhatikan ketahanan dari makanan yang kamu buat. Hal itu karena sifat makanan basah yang tak bisa bertahan lama dan cenderung cepat basi jika dibandingkan dengan makanan kering.

Setiap makanan basah pun memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Ketahanan itu tergantung dari cara dan teknik pembuatan makanan basah itu sendiri.

Maka dari itu, kamu sebagai produsen dan penjual mesti memastikan pembuatan makanan basah menggunakan cara yang tepat. Pun halnya dengan pemilihan bahan baku seperti sayuran atau buah untuk membuat makanan basah tersebut.

3. Gunakan kemasan yang kedap udara

5 Cara Jualan Makanan Basah Online, Perlu Trik Khusus lho!Ilustrasi kemasan (unsplash.com/agenlaku)

Setelah membahas perihal cara dan teknik pembuatan, hal lainnya yang termasuk kunci sukses jualan online makanan basah adalah dengan memperhatikan kemasan atau packagingnya.

Ada baiknya kamu menggunakan kemasan yang kedap udara untuk jualan makanan basahmu. Cara ini tentunya bisa memperpanjang usia makanan basah yang kamu jual jadi lebih lama dan kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Kamu bisa menggunakan alat khusus untuk mengemas produk makanan basahmu agar semakin rapi. Jangan lupa untuk memperhatikan desain kemasan produkmu karena hal tersebut bisa menarik minat calon pembeli.

4. Promosikan lewat media sosial

5 Cara Jualan Makanan Basah Online, Perlu Trik Khusus lho!Ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Di era digital seperti saat ini, promosi menjadi hal penting ketika kamu memiliki sebuah bisnis terlebih bisnis kuliner. Kamu pun bisa melakukan promosi dengan mudah melalui media sosial.

Jika kamu berjualan makanan basah maka kamu bisa mengunggah produk jualanmu tersebut dengan menggunakan foto berkualitas baik, tidak pecah maupun buram.

Selain itu, kamu bisa menyunting foto produk makanan basahmu, tetapi jangan sampai terlalu berlebihan menyuntingnya. Foto produk yang terlalu banyak disunting akan membuat tampilannya tidak natural dan kurang sesuai dengan produk aslinya.

Cara promosi lainnya adalah dengan menggunakan jasa endorse selebgram atau influencer. Cara ini bisa dilakukan dengan mengeluarkan biaya besar. Ada juga selebgram atau influencer yang dengan sukarela mempromosikan produk-produk UMKM. Hal itu tentunya bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

5. Daftarkan usaha makanan basah di platform online

5 Cara Jualan Makanan Basah Online, Perlu Trik Khusus lho!IDN Times/Syarifah Noer Aulia

Agar usaha atau bisnis makanan basahmu makin ramai dan dikenal masyarakat maka kamu bisa mendaftarkannya ke platform berjualan online.

Salah satunya adalah lewat aplikasi GoFood yang menawarkan banyak keuntungan buat kamu si pemilik usaha makanan basah. Selain dapat menjangkau pasar lebih luas, kamu juga bisa meningkatkan pendapatanmu.

Promo-promo yang dihadirkan oleh GoFood juga bisa membuat makanan basah yag kamu jual di sana mendapatkan pelanggan loyal. Dengan demikian, para pembeli akan dengan senang hati membeli produk makanan basahmu di GoFood.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya