5 Perempuan Ini Mendadak Jadi Direktur Utama BUMN

Erick Thohir menunjuk perempuan asal Bekasi gantikan dirinya

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Sharon Florencia (24), asal Bekasi, Jawa Barat menduduki kursi Menteri BUMN selama sehari sejak Kamis (30/9/2021) hingga Jumat (1/10/2021).

Pemilihan Sharon sebagai Menteri BUMN selama sehari bersamaan dengan kampanye Girls Take Over BUMN 2021. Erick menyampaikan ada beberapa kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh Sharon selama menjadi Menteri BUMN. Salah satunya menghadiri rapat pimpinan.

"Hari Kamis besok itu ada rapat pimpinan, jadi kamu pimpin rapat, nanti akan dibahas dua hal dalam rapat. Pertama, memastikan program kesetaraan gender ini berjalan atau tidak. Kedua, bagaimana program-program kementerian kita yang sekarang akan difokuskan pada keberpihakan di bidang edukasi, lingkungan hidup dan UMKM. Hal-hal inilah yang akan direviu di dalam rapat pimpinan," ujar Erick dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (30/9/2021).

Selain menunjuk pengganti dirinya, Erick juga turut memilih pengganti lima direktur utama BUMN yang turut dalam kampanye Girls Take Over BUMN 2021.

Adapun, kelima BUMN tersebut adalah PT Angkasa Pura I (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Kimia Farma (Persero) Tbk, dan Telkomsel.

1. Pengganti Dirut Angkasa Pura I

5 Perempuan Ini Mendadak Jadi Direktur Utama BUMNMenteri BUMN Erick Thohir bersama pengganti Dirut Angkasa Pura I, Virdha Yudha (23), dalam Girls Take Over BUMN 2021. (dok. Kementerian BUMN)

Erick memilih Virdha Yudha, perempuan berusia 23 tahun asal Jawa Tengah, untuk menjadi Dirut Angkasa Pura I menggantikan Faik Fahmi.

Dalam penunjukannya, Erick menyampaikan bahwa saat ini industri pariwisata sedang terpuruk akibat COVID-19. Namun, dia meyakini bahwa hal tersebut akan segera bangkit karena mayoritas dari tourist industry sebenarnya berasal dari domestik dan fasilitas yang ada di bandara-bandara itu perlu direviu khususnya untuk mendukung disabilitas.

"Karena itu, saya tugaskan Virdha untuk men-take over posisi Dirut PT Angkasa Pura I, di situ ada airport-airport di seluruh Indonesia untuk direviu bagaimana kesiapannya untuk disabilitas dan nanti hasilnya tolong dilaporkan ke saya," katanya.

Baca Juga: Holding Ultra Mikro Dikritik, Erick Thohir: Banyak Pihak Pesimis

2. Pengganti Dirut BRI

5 Perempuan Ini Mendadak Jadi Direktur Utama BUMNMenteri BUMN Erick Thohir bersama pengganti Dirut BRI, Sisilia Tunga (22), dalam Girls Take Over BUMN 2021. (dok. Kementerian BUMN)

Erick kemudian mempercayakan posisi Dirut BRI kepada Sisilia Tunga yang merupakan perempuan berusia 22 tahun dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Sisil, sapaan akrabnya, merupakan pengajar di salah satu lembaga pendidikan anak usia dini.

"Sisil saya tugaskan untuk mengecek bagaimana sistem integrasi antara PNM, BRI, dan, Pegadaian. Tolong direviu kembali dan dilihat apa ada masukan-masukan lain supaya ini dapat berjalan lebih baik lagi," ucap Erick.

3. Pengganti Dirut Mandiri

5 Perempuan Ini Mendadak Jadi Direktur Utama BUMNMenteri BUMN Erick Thohir bersama pengganti Dirut Bank Mandiri, Adinda Zenniar (20), dalam Girls Take Over BUMN 2021. (dok. Kementerian BUMN)

Sementara itu, posisi Dirut Mandiri dipercayakan Erick kepada Adinda Zenniar yang masih berusia 20 tahun.

Perempuan asal Jawa Tengah tersebut saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Diponegoro.

"Saat ini yang sedang tren di era digitalisasi adalah bank digital. Karena itu, saya minta Adinda mentake over posisi Dirut Bank Mandiri dan nanti laporkan ke saya bagaimana transisi digital di Bank Mandiri," kata Erick.

4. Pengganti Dirut Kimia Farma

5 Perempuan Ini Mendadak Jadi Direktur Utama BUMNMenteri BUMN Erick Thohir bersama pengganti Dirut Kimia Farma, Indira Arum (23), dalam Girls Take Over BUMN 2021. (dok. Kementerian BUMN)

Posisi Dirut Kimia Farma akan diberikan kepada Indira Arum. Dara berusia 23 tahun asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang juga merupakan lulusan S1 Hukum Universitas Hasanuddin tersebut saat ini bekerja di salah satu anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) di Sulsel.

Ada dua tugas yang diberikan Erick kepada Indira selaku Dirut Kimia Farma.

"Saya tugaskan Indira di Kimia Farma untuk mengecek dua hal. Pertama, terkait mapping bahan baku impor di Kimia Farma. Kedua, sekarang Kimia Farma sedang melakukan integrasi pelayanan dengan IHC, coba dilihat sendiri apa saja kekurangan dan kelebihannya. Jadi, bantu saya sebagai Dirut Kimia Farma," tutur Erick.

5. Pengganti Dirut Telkomsel

5 Perempuan Ini Mendadak Jadi Direktur Utama BUMNMenteri BUMN Erick Thohir bersama pengganti Dirut Telkomsel, Putri Gayatri (20), dalam Girls Take Over BUMN 2021. (dok. Kementerian BUMN)

Kemudian, peran Dirut Telkomsel ditugaskan kepada Putri Gayatri, 20 tahun, asal Kabupaten Bandung. Mahasiswa IPB ini aktif sebagai National Youth Gender Activist UN Women dan Ketua Child and Youth Advisory Network.

"Telkomsel saat ini sedang melakukan integrasi yang sangat besar, mulai dari first wave yang sudah datang, yaitu e-commerce, transportasi, dan turunan dari logistik serta RnB, dan second wave yang berbicara tentang media dan turunannya, edu-tech, serta health-tech. Nanti kamu saya tugaskan untuk mereviu persiapan Telkomsel untuk menghadapi second wave, dan nanti kamu kasih masukannya ke saya," ujar Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Mal Tertua RI Bakal Beroperasi Lagi Maret 2022

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya