Comscore Tracker

5 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Dunia

Kapitalisasi pasarnya mencapai ribuan triliun rupiah

Jakarta, IDN Times - Ada banyak perusahaan di berbagai sektor yang berdiri dan beroperasi di dunia. Mulai dari yang skalanya yang nasional meliputi dalam negeri hingga multinasional atau mendunia.

Perusahaan berskala dunia biasanya memiliki kapitalisasi yang besar. Operasionalisasi secara global mengharuskan mereka memiliki kapitalisasi dalam jumlah besar.

Berikut ini beberapa perusahaan di dunia yang memiliki kapitalisasi terbesar seperti dilansir IDN Times dari Statista.

Baca Juga: Lagi, Kapitalisasi Pasar Bitcoin Lampaui 1 Triliun Dolar AS

1. Saudi Arabian Oil Company (Saudi Aramco)

5 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Duniaaramco.com

Perusahaan dengan kapitalisasi terbesar di dunia sangat pantas disematkan pada Aramco. Mengutip Statista, perusahaan migas asal Arab Saudi ini memiliki kapitalisasi pasar mencapai 1.684,8 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp23,8 ribu triliun.

Selain karena beroperasi di banyak negara, besarnya kapitalisasi Aramco juga dipengaruhi initial public offering (IPO) yang mereka lakukan pada akhir 2019.

Kala itu, Aramco menawarkan saham perdananya dengan menjual tiga miliar saham seharga 32 riyal atau 8,23 miliar dolar AS per lembar saham.

2. Microsoft (MSFT)

5 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Dunia(microsoft.com)

Perusahaan dengan kapitalisasi terbesar berikutnya adalah Microsoft. Perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan sistem operasi dan sejumlah perangkat lunak ini memiliki kapitalisasi pasar mencapai 1.359 miliar dolar AS atau senilai Rp19,2 ribu triliun.

Besarnya nilai kapitalisasi Microsoft mulai terjadi sejak IPO pada Maret 1986. Saham perusahaan yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen pada 1975 tersebut, pertama kali ditawarkan dengan harga 21 dolar AS per lembarnya.

Adapun, kini saham perusahaan dengan kode MSFT tersebut dihargai 252,46 dolar AS per lembarnya.

3. Apple (AAPL)

5 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Dunia(apple.com)

Apple menjadi perusahaan ketiga dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Kapitalisasi pasarnya yang besar sejalan dengan begitu mendunianya produk-produk Apple.

Kapitalisasi pasar perusahaan dengan kode AAPL tersebut mencapai 1.258,5 miliar dolar AS atau menyentuk Rp18,2 ribu triliun.

Adapun, sepanjang 2020 silam, Apple mencatat pendapatan hingga 273,9 miliar dolar AS dan laba bersih yang dilaporkan sekitar 58,4 miliar dolar AS.

4. Amazon (AMZN)

5 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di Dunia(amazon.com)

Perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia berikutnya adalah Amazon. Amazon juga telah membuat Jeff Bezos menjadi orang terkaya sejagat.

Amazon pertama kali IPO pada 1997 dengan harga perdana sahamnya adalah 18 dolar AS atau sekitar Rp255 ribu per lembarnya. Saat ini, harga saham perusahaan dengan kode AMZN mencapai 3.291,61 dolar AS atau Rp46 jutaan per lembarnya.

Adapun, kapitalisasi pasar Amazon saat ini sebesar 1.233,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp17,4 ribu triliun.

5. Alphabet (Google)

5 Perusahaan dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di DuniaScreenshot logo Google (google.com)

Alphabet menjadi perusahaan berikutnya yang memiliki kapitalisasi terbesar di dunia. Buat kamu yang belum tahu, Alphabet merupakan induk dari Google dan beberapa bisnis milik Google lainnya.

Kapitalisasi pasarnya saat ini sebesar 919,3 miliar dolar AS atau setara dengan Rp12,9 ribu triliun.

Google sebagai bagian dari Aplhabet telah tumbuh signifikan sejak 2004. Kala itu, saham Google dihargai sekitar 85 dolar AS per lembarnya dan saat ini harga sahamnya 2.351,93 dolar AS atau Rp33,2 juta per lembar sahamnya.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar Cryptocurrency Tembus 2 Triliun Dolar AS

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya