Comscore Tracker

5 Tips Meraih Cuan di Tokopedia Selama Ramadan

Selain ibadah, jualan juga bisa dimaksimalkan selama Ramadan

Jakarta, IDN Times - Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Selain menjadi waktu yang tepat memaksimalkan ibadah, Ramadan juga identik dengan waktu untuk meraih pendapatan ekstra, terutama bagi kamu yang memiliki bisnis atau berjualan sendiri.

Ramadan tahun ini masih dalam situasi dan kondisi pandemik COVID-19. Oleh sebab itu, para pegiat usaha atau entrepreneur yang sudah melek digital diyakini bakal lebih mudah meraup keuntungan selama Ramadan dalam pandemik saat ini.

External Communication Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan bahwa di masa pandemik ini para pegiat usaha yang telah memiliki kanal digital memiliki kemampuan lebih untuk mempetahankan bisnisnya, terlebih pada saat Ramadan nanti.

Selain itu, kombinasi bersama Tokopedia juga disebut Ekhel bisa menjadi solusi mempertahankan bisnis dan meraup keuntungan selama Ramadan di tengan pandemik COVID-19.

"Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi, dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemik. Inilah yang dilakukan Tokopedia bersama lebih dari 10 juta penjual tergabung yang hampir 100 persennya adalah UMKM," kata Ekhel dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (7/4/2021)

Brikut ini lima tips yang bisa kamu lakukan agar penjualan online atau dalam jaringan (daring) yang kamu lakukan bisa maksimal pada saat Ramadan mendatang.

Baca Juga: 4 Tips Tingkatkan Cuan bagi Bisnis Kecil di 2021

1. Cari tahu produk yang sedang laris

5 Tips Meraih Cuan di Tokopedia Selama RamadanIlustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam dunia bisnis, cara yang pertama ini identik dengan sebutan riset pasar. Riset pasar penting jika kamu ingin berjualan artinya kamu harus mengetahui produk atau jasa apa saja yang memang digemari konsumen selama Ramadan.

Berkaitan dengan hal itu, penjual daring terutama di Tokopedia bisa memanfaatkan fitur yang diberi nama Wawasan Pasar.

"Fitur ini memungkinkan kamu sebagai penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, kemudian mengetahui produk terlaris, mendapatkan rekomendasi kategori, hingga inspirasi tren produk," ujar Ekhel.

2. Tingkatkan dan percantik tampilan toko

5 Tips Meraih Cuan di Tokopedia Selama Ramadanpixabay/fancycrave1

Konsumen biasanya menyukai visual yang enak dipandang mata ketika tengah mencari produk via marketplace. Di Tokopedia, kamu bisa mengatur visual tampilan toko online-mu agar lebih cantik lewat fitur Dekorasi Toko dengan tujuan menarik banyak pembeli.

"Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan atau upgrade toko milikmu di Tokopedia. Semakin kamu tingkatkan tokomu, maka semakin banyak juga fitur eksklusif yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli," ucap Ekhel.

Baca Juga: 5 Tips Sukses jadi Reseller, Bisnis Online yang Bisa Dicoba

3. Aktifkan promo bebas ongkir

5 Tips Meraih Cuan di Tokopedia Selama RamadanIlustrasi Promo/Diskon (IDN Times/Arief Rahmat)

Promo menjadi salah satu keuntungan yang menarik para pembeli untuk berbelanja secara online melalui marketplace.

Oleh karenanya, kamu yang memiliki toko online bisa mengaktifkan promo bebas ongkos kirim alias free ongkir kepada para pembeli produk kamu.

Hal ini ditengarai bisa meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pembeli di daerah-daerah yang jauh dari lokasimu berada.

"Promo bebas ongkir ini bisa meningkatkan penjualan, khususnya selama bulan Ramadan, di mana kebutuhan sehari-hari masyarakat cenderung meningkat," kata Ekhel.

4. Unggah produk parsel Ramadan

5 Tips Meraih Cuan di Tokopedia Selama RamadanPetugas BBPOM dalam sidak di sejumlah toko parsel di Jalan Bulukunyi Makassar, Senin (16/12) IDN Times/Sahrul Ramadan

Cara berikutnya menurut Ekhel yang bisa digunakan penjual di Tokopedia dalam meningkatkan penjualan selama Ramadan adalah dengan mengunggah produk parsel Ramadan.

"Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada Ramadan 2020 tercatat melonjak hampir empat kali lipat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya," imbuh dia.

Pada Ramadan tahun ini, lanjut Ekhel, penjual bisa mendongkrak penjualan melalui halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.

Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengunggah produk parsel menggunakan rumum penamaan produk seperti, "Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan."

5. Manfaatkan media sosial untuk promosi

5 Tips Meraih Cuan di Tokopedia Selama RamadanIlustrasi media sosial (Pexels/Tobias Dziuba)

Agar penjualan bisa lebih maksimal selama Ramadan, kamu sebagai penjual di Tokopedia dapat membuat promo sendiri sesuai bujet yang kamu punya melalui fitur Voucher Toko.

Promo ini akan lebih efektif jika kamu bagikan di media sosial tokomu atau media sosial pribadimu agar bisa menjangkau calon konsumen lebih banyak.

"Bentuk voucher bisa berupa cashback atau gratis ongkir. Setelah jadi, bagikanlah voucher tersebut lewat media sosial," ucap Ekhel.

Baca Juga: 5 Tips Sukses jadi Reseller, Bisnis Online yang Bisa Dicoba

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya