Comscore Tracker

59 Persen Investor Saham adalah Millennial, Kuasai Pasar Modal!

Pasar modal Indonesia terus catatkan pertumbuhan positif

Jakarta, IDN Times - Generasi Millennial masih menguasai pasar modal Indonesia. Hal itu terbukti dari jumlah investor yang saat ini tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor di pasar modal Indonesia ada 9,4 juta. Adapun sebanyak 4 juta di antaranya tercatat sebagai investor saham di BEI.

"Jumlah investor kita mencapai 9,4 juta di mana investor saham sekitar empat juta dan itu meningkat delapan kali lipat dibandingkan 2017 atau sebanyak 59 persen dari investor tersebut merupakan investor berusia di bawah 30 tahun atau millennial," ucap Direktur Utama BEI, Iman Rachman dalam Peringatan ke-45 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: 3 Juni Hari Pasar Modal Indonesia: Ini Pengertian dan Sejarahnya 

1. Pasar modal catatkan pertumbuhan positif

59 Persen Investor Saham adalah Millennial, Kuasai Pasar Modal!Ilustrasi Kenaikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejalan dengan pertambahan investor tersebut, pasar modal Indonesia juga masih mencatatkan pertumbuhan positif. Hingga 8 Agustus 2022, pasar modal Indonesia mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,68 persen secara year to date (ytd).

"Pertumbuhan tersebut masih jadi yang tertinggi dibandingkan pasar modal di kawasan ASEAN lainnya," ujar Iman.

Baca Juga: Sekolah Pasar Modal untuk Millennial, Ini Programnya

2. Ada lebih dari 800 emiten tercatat di BEI

59 Persen Investor Saham adalah Millennial, Kuasai Pasar Modal!PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) resmi IPO di BEI, Selasa (9/8/2022). (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Pertumbuhan itu juga ditandai oleh semakin banyaknya jumlah perusahaan yang tercatat atau listing di BEI. Per Jumat pekan lalu, ada 800 emiten yang bergabung ke BEI dan jumlah tersebut sudah semakin bertambah saat ini.

"Per hari ini dalam kurun waktu tiga hari kerja sejak hari jumat sudah bertambah empat emiten, jadi total emiten kami 804," ucap Iman.

Iman menambahkan, pihaknya menargetkan 55 emiten bisa listing di BEI hingga akhir 2022 nanti. Sebanyak 43 perusahaan sudah tercatat di BEI sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Investor Ritel Pasar Modal Meningkat Pesat Sepanjang 2022

3. Jumlah transaksi harian masih lumayan kecil

59 Persen Investor Saham adalah Millennial, Kuasai Pasar Modal!Bursa Efek Indonesia (dok. IDN Times/Istimewa)

Kendati begitu, Iman masih menyoroti kecilnya transaksi harian yang dilakukan para investor di BEI. Menurut dia, dengan jumlah investor tersebut, rata-rata transaksi harian bisa lebih besar lagi dari yang sudah ada saat ini.

"Masih ada tantangan bahwa transaksi harian kita saat ini dari empat juta investor saham kita atau sembilan juga total investor, (transaksi) per hari baru sekitar 200 ribu sampai 300 ribu. Artinya kita perlu lebih banyak dari empat juta atau sembilan juta itu untuk aktif melakukan trading," beber dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya