Comscore Tracker

Apa Perbedaan Pandora Papers dan Panama Papers?

Skandal Panama Papers juga bikin heboh pada 2016 silam

Jakarta, IDN Times - Dunia digegerkan dengan keluarnya sebuah laporan investigasi bertajuk Pandora Papers. Laporan tersebut berisikan banyak kesepakatan rahasia dan aset-aset tersembunyi milik sejumlah pejabat, orang terkaya dunia, dan tokoh berkuasa lainnya.

Kemunculan Pandora Papers ini kemudian mengingatkan publik terhadap hal serupa pada 2016 silam. Kala itu, Panama Papers muncul dan mengungkapkan banyak dokumen terkait kepemilikan aset para pejabat dan orang yang memiliki kuasa.

Adapun, kedua dokumen tersebut dirilis oleh pihak yang sama, yakni Internasional Consortium of Investigatvie Journalists alias ICIJ. Kendati dimunculkan oleh pihak yang sama, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara Pandora Papers dan Panama Papers.

Berikut beberapa perbedaan antara Pandora Papers dan Panama Papers yang berhasil dihimpun oleh redaksi IDN Times.

Baca Juga: Benarkah Nama Luhut Pandjaitan Masuk dalam Skandal "Panama Papers"?

1. Jumlah dokumen yang diidentifikasi

Apa Perbedaan Pandora Papers dan Panama Papers?Ilustrasi dolar AS ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Melansir ICIJ, Pandora Papers merupakan laporan yang berisikan data dengan kapasitas 2,94 terabytes (TB) dan memuat lebih dari 11,9 juta dokumen yang mengungkapkan aliran uang, properti, dan aset lain yang disembunyikan dalam sistem keuangan luar negeri (offshore).

Sementara itu, Panama Papers adalah laporan dengan kapasitas data 2,6 TB yang terdiri atas 11,5 juta dokumen yang juga mengungkapkan aliran uang dan aset tersembunyi milik orang-orang terkenal dan atau pejabat yang diletakkan di Panama.

2. Sumber atau asal dokumen

Apa Perbedaan Pandora Papers dan Panama Papers?inventigace.eu

Perbedaan lain antara Pandora Papers dan Panama Papers adalah sumber atau asal dokumen-dokumen yang ada. ICIJ mendapatkan dokumen untuk Pandora Papers dan Panama Papers dari sumber yang berbeda.

Dokumen Pandora Papers diperoleh dari 14 agen perusahaan cangkang (offshore) di 38 yurisdiksi atau negara-negara suaka pajak di seluruh dunia. Sementara itu, dokumen-dokumen yang tercantum di dalam Panama Papers datang dari satu sumber, yakni firma hukum Mossack Fonseca di Panama.

Baca Juga: Pandora Papers Ungkap Rahasia Keuangan Pejabat Negara Dunia

3. Jumlah pihak yang terlibat

Apa Perbedaan Pandora Papers dan Panama Papers?Presiden Rusia Vladimir Putin (ANTARA FOTO/REUTERS/Maxim Zmeyev)

Perbedaan berikutnya antara Pandora Papers dan Panama Papers adalah dari segi jumlah pihak yang terlibat. ICIJ menyebutkan bahwa Pandora Papers mengumpulkan informasi pada lebih dari 27 ribu perusahaan dan 29 ribu orang yang disebut sebagai pemilik manfaat utama dari 11 penyedia offshore.

ICIJ juga mengatakan bahwa itu lebih dari dua kali jumlah pemilik manfaat yang berhasil mereka identifikasi sebelumnya dalam Panama Papers. Pandora Papers juga diketahui memuat lebih banyak keterlibatan politikus dunia dalam upaya penghindaran pajak dan penyembunyian aset dibandingkan dalam Panama Papers.

ICIJ bahkan menyebutkan bahwa Pandora Papers berisikan aktivitas-aktivitas politikus dalam perusahaan cangkangnya sebanyak dua kali lebih banyak ketimbang yang ada di Panama Papers.

Pandora Papers mengungkapkan lebih dari 330 politikus dan pejabat publik dunia yang berasal dari 90 negara lebih, termasuk 35 pemimpin dunia saat ini dan mantan pemimpin dunia yang terlibat dalam aktivitas-aktivitas perusahaan cangkang.

Adapun Panama Papers hanya memuat keterlibatan 140 politikus dunia seperti kepala negara dan rekannya serta para pejabat sekelas menteri dan pejabat terpilih lainnya dari 50 negara.

Baca Juga: Ini 4 Temuan Utama dari Investigasi Pandora Papers

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya