Comscore Tracker

Bantu Toko Kelontong Kembangkan Bisnis, Blibli Rilis Pembayaran Tempo

Kehadiran toko kelontong di tengah masyarakat sangat penting

Jakarta, IDN Times - Kehadiran toko kelontong masih jadi hal penting di tengah masyarakat. Namun, berbagai tantangan menghadang para pemilik toko kelontong dalam menjalankan usahanya.

Riset Blibli bersama Kompas Data dan Boston Consulting Group menunjukkan, kemudahan dalam berbisnis menjadi salah satu tantangan utama bagi para pemilik toko kelontong dalam meneruskan usahanya.

Hal itu termasuk dalam kemudahan mendapatkan bahan baku, pengelolaan keuangan, hingga mengatur distribusi dan penyediaan produk.

Maka dari itu, Blibli Mitra menghadirkan fitur baru bernama Pembayaran Tempo. Fitur ini memungkinkan toko kelontong yang menjadi mitra Blibli untuk mengakses pembayaran pascabayar laiknya layanan Blibli pay later.

Baca Juga: Blibli Dikabarkan Segera IPO, Benarkah?

1. Menghubungkan toko kelontong dengan layanan digital

Bantu Toko Kelontong Kembangkan Bisnis, Blibli Rilis Pembayaran TempoIlustrasi Toko Kelontong (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Vice President Blibli Mitra, Hansel mengatakan bahwa kehadiran toko kelontong di tengah-tengah masyarakat jadi solusi omnichannel bagi Blibli di tengah gempuran promo online dan digitalisasi di tiap sendi kehidupan masyarakat.

Melalui Blibli Mitra, Blibli menghubungkan toko kelontong ke ruang digital dengan kemudahan untuk memesan stok mulai dari produk digital hingga barang kebutuhan harian. Selain itu juga bisa memonitor ketersediaan stok toko hingga keleluasaan mengawasi arus kas lewat satu aplikasi.

"Ditambah fitur terbaru Pembayaran Tempo memungkinkan pemilik toko dapat melakukan pembayaran pemesanan di akhir bulan. Tentunya fasilitas ini dapat memberi keleluasaan para mitra dalam menjaga arus kas untuk bisnis yang berkelanjutan," ucap Hansel, dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: 38 Persen Konsumen E-Commerce Gunakan Paylater dalam Setahun Terakhir

2. Kemudahan mengelola keuangan dengan fitur Pembayaran Tempo

Bantu Toko Kelontong Kembangkan Bisnis, Blibli Rilis Pembayaran Tempoilustrasi pengelolaan keuangan (pexels.com/Karolina Grabowsk

Hansel menambahkan, Pembayaran Tempo mampu membantu mitra toko kelontong untuk mengelola keuangan dengan lebih mudah. Hal itu lantaran pelaku usaha melunasi pembelian di aplikasi Blibli Mitra pada akhir bulan setelah pendapatan terkumpul.

Pembayaran Tempo pun memberikan limit minimal Rp500 ribu hingga maksimal Rp2,5 juta dengan biaya berlangganan lima persen.

"Sejak diluncurkan pada Agustus 2021, kurang lebih 90 persen mitra yang telah terverifikasi layanan Pembayaran Tempo terbantukan dalam melakukan transaksi dan membeli pasokan barang dengan lebih mudah. Selain itu, dengan hadirnya Pembayaran Tempo juga membantu para mitra untuk menjaga stok barang tetap aman dan produk digital yang senantiasa tersedia," tutur Hansel.

3. Pembayaran Tempo adalah fitur yang dijamin keamanannya

Bantu Toko Kelontong Kembangkan Bisnis, Blibli Rilis Pembayaran TempoIlustrasi keamanan siber. (Pexels.com/cottonbro)

Hansel pun memastikan, pembayaran yang dilakukan pemilik toko kelontong menggunakan Pemabyaran Tempo terjamin keamanannya.

Hal itu berkat kolaborasi dengan layanan finansial terpercaya yaitu Indodana, yang berada dalam ekosistem Blibli. Pembayaran Tempo pun sudah diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai perusahaan teknologi, Blibli juga memastikan keamanan data pribadi dari mitra-mitra UMKM secara menyeluruh melalui sistem keamanan siber terdepan di industri.

"Ke depan, Blibli Mitra akan terus memberikan lebih banyak kemudahan melalui pengembangan fitur-fitur yang memberi keuntungan bagi pemilik toko kelontong dalam menjalankan bisnis di era digital ini. Dengan begitu, usaha mikro dan kecil dapat terus tumbuh secara berkelanjutan melalui pemanfaatan saluran online dan offline yang terintegrasi dalam memenuhi permintaan konsumen yang semakin berkembang di tengah gaya hidup digital yang semakin meluas," beber Hansel.

Baca Juga: Bukan Kartu Kredit, Paylater Jadi Metode Pembayaran Populer

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya