Comscore Tracker

Beasiswa LPDP Tahap II Resmi Dibuka Hari Ini, Daftar Yuk!

Jangan lupa perhatikan syaratnya secara seksama ya!

Jakarta, IDN Times - Pemerintah resmi membuka pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap II 2022 mulai dari 4 Juli hingga 5 Agustus 2022. Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap II ini sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Pada pembukaan Beasiswa LPDP Tahap II ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada seluruh kategori yang disediakan.

"Seluruh rangkaian proses seleksi hingga diperoleh Awardee terpilih akan berlangsung hingga 11 November 2022 mendatang. Masyarakat dapat mengkases informasi dan panduan resmi pada laman www.lpdp.kemenkeu.go.id," ujar Direktur Keuangan dan Umum LPDP, Emmanuel Agust Hartono dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: 5 Tips Membuat Esai yang Baik agar Lolos Beasiswa LPDP, Jitu nih!

1. Ada tiga jenis beasiswa program LPDP 2022

Beasiswa LPDP Tahap II Resmi Dibuka Hari Ini, Daftar Yuk!ilustrasi beasiswa (IDN Times/Aditya Pratama)

Ada tiga jenis program beasiswa di LPDP 2022, yakni Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Umum. Beasiswa Afirmasi mengacu kepada para peserta penyandang difabel, prasejahtera, daerah afirmasi atau yang datang dari daerah terpencil, terluar, dan tertinggal alias 3T, serta putra-putri Papua.

Sementara itu, Beasiswa Targeted ditujukan kepada peserta atau masyarakat yang berstatus sebagai TNI, Polri, PNS, dokter spesialis, kader ulama/perempuan, dan wirausaha.

Terakhir adalah Beasiswa Umum. Ini merupakan beasiswa LPDP reguler untuk peserta atau masyarakat yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan sarjana, magister, maupun doktoral.

Baca Juga: Beasiswa LPDP 2022 Sudah Dibuka, yuk Daftar!

2. Lima hal yang perlu diperhatikan saat mendaftar Beasiswa LPDP Tahap II

Beasiswa LPDP Tahap II Resmi Dibuka Hari Ini, Daftar Yuk!Ilustrasi beasiswa LPDP. (Instgram/lpdp_ri)

Kemudian ada lima hal yang perlu diperhatikan masyarakat saat mendaftarkan diri untuk mendapatkan Beasiswa LPDP. Kelima hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Seleksi akan dilaksanakan pada 3 tahapan yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi (Wawancara). Namun, bagi pendaftar yang telah
    memiliki bukti surat diterima di universitas yang termasuk dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dan memilih satu universitas tersebut sebagai tujuan studi, maka tidak perlu lagi melakukan Seleksi Bakat Skolastik.
  • Wajib melampirkan surat usulan dari pejabat yang berwenang/membidangi SDM untuk seluruh program bagi pendaftar berprofesi PNS/TNI/POLRI. Khusus program PNS/TNI/POLRI tidak bisa mendaftar beasiswa prasejahtera dan kewirausahaan.
  • Bagi pendaftar dengan lulusan Luar Negeri, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK yang dilakukan melalui website https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/.
  • Perlu diperhatikan bahwa setiap program beasiswa memiliki surat pernyataan masing-masing yang harus dipenuhi pendaftar.
  • Pada saat verifikasi NIK, sistem pendaftaran sudah terhubung langsung ke sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI. Oleh karena itu, pastikan nomor NIK sesuai dan terdaftar pada data di Dinas Dukcapil setempat.

Baca Juga: Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tumbuh 4,8-5,3 Persen di Kuartal II-2022

3. Sri Mulyani ajak putra dan putri Indonesia daftar Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP Tahap II Resmi Dibuka Hari Ini, Daftar Yuk!Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengajak putra dan putri Indonesia untuk bisa mendaftar dalam program beasiswa LPDP tahun ini.

"Sekarang adalah giliran kamu. Silakan Anda semuanya mendaftar. Mari berkompetisi secara sehat, terbuka. Kalau Anda mendapatkan award dari LPDP, Anda menjadi salah seorang dari ribuan yang mendapatan privilege. Kalapun Anda masih belum bisa mendapatan dan gagal dalam kompetisi tidak mencegah Anda untuk mencoba kembali," tutur Sri Mulyani, ketika membuka pendaftaran beasiswa LPDP tahun ini.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya