Comscore Tracker

Biar Cepat Kaya, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan buat Gen Z

Gen Z kini dihadapi banyak tantangan perekonomian

Jakarta, IDN Times - Dalam pengelolaan keuangan, masih banyak yang berpikir hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan jumlah kekayaan atau harta banyak. Padahal justru sebaliknya, pengelolaan keuangan mesti dilakukan oleh semua orang, sejak dini.

Tidak terkecuali buat Gen Z. Sebagai generasi baru yang memasuki usia produktif, mereka telah dihadapkan berbagai permasalahan, mulai dari pandemik COVID-19 hingga resesi global.

Untuk itu, Ruang Menyala OCBC NISP menjabarkan tiga tips penting pengelolaan keuangan buat Gen Z. Berikut ulasannya seperti dirangkum oleh IDN Times.

Baca Juga: Kenali 5 Tips Aplikasi Keuangan Ini, Biar Gak Boncos!

1. Jangan fokus pada investasi dengan return besar

Biar Cepat Kaya, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan buat Gen ZIlustrasi Investasi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai generasi yang sudah melek teknologi, para Gen Z banyak yang sudah mulai berinvestasi, baik di saham maupun bitcoin. Namun, pada kenyataannya, investasi tersebut belum sejalan dengan pengaturan keuangan yang tepat.

Para Gen Z banyak yang tergiur dengan return atau imbal hasil besar tanpa memperhatikan risiko tiap investasinya. Maka dari itu, kamu sebagai Gen Z baiknya jangan berfokus pada investasi dengan return besar. Sebaliknya, kamu mesti mulai memahami manajemen risiko.

Manajemen risiko itu sendiri bukan hanya yang ada di dalam produk investasi, melainkan risiko dalam kehidupan sehari-hari seperti risiko kehilangan atau pengurangan pendapatan, risiko sakit, kecelakaan, dan juga meninggal dunia.

Apakah kamu siap dengan risiko-risiko itu?

2. Menabung secara konvensional masih keren

Biar Cepat Kaya, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan buat Gen ZIlustrasi Bank. (IDN Times/Aditya Pratama)

Banyak Gen Z menganggap menabung di rekening sebagai satu hal yang gak keren. Padahal, sejatinya memiliki tabungan di rekening atau tempat lainnya yang bisa cepat dicairkan merupakan salah satu cara untuk mengamankan masa depan kamu.

Menabung di rekening juga pada dasarnya memberikan satu rasa aman. Misalnya ketika kamu membutuhkan uang tunai secara cepat, maka kamu tidak perlu lagi mencari pinjaman atau mencairkan investasimu.

Memang ada batasan tertentu ketika kamu mulai merencanakan keuangan dengan menabung di rekening. Namun, usahakan kamu memiliki tabungan di rekening dengan minimal tabungan sebesar enam kali dari pengeluaran bulananmu.

3. Pisahkan alokasi menabung di hari pertama memperoleh pendapatan

Biar Cepat Kaya, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan buat Gen ZIlustrasi menabung (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai Gen Z, kamu juga harus mulai membuat anggaran keuangan bulanan. Anggaran tersebut dibuat agar kamu bisa menuliskan rencana pengeluaran per bulan, dan juga pengeluaran pasti yang ada setiap bulannya. Kemudian kamu juga bisa menuliskan pengeluaran yang menjadi keinginan kamu.

Selain itu, kamu juga harus membiasakan untuk mengalokasikan menabung di hari pertama kamu memperoleh pendapatan atau gaji. Biasakan agar kamu menabung minimal 20 persen dari pendapatan yang diperoleh tiap bulannya.

Nah, itu dia tiga tips mengelola keuangan buat kamu para Gen Z. Semoga bisa membantu ya!

Baca Juga: Generasi Sandwich, Mulailah Menabung!

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya