Comscore Tracker

Bosan Impor, Erick Thohir Ingin Beli Peternakan Sapi di Belgia

BUMN siap membeli peternakan sapi itu

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengungkapkan niatnya untuk membeli peternakan sapi di Belgia. Niat itu disampaikan Erick saat menjadi pembicara dalam acara Millennial Hub 2021 yang diselenggarakan oleh Millennial Fest dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belgia, Sabtu (17/4/2021).

Kepada Duta Besar Indonesia untuk Belgia Andri Hadi, Erick menanyakan apa ada peternakan sapi yang dijual di Belgia.

"Pak Dubes kalau ada peternakan sapi di Belgia mau dijual, BUMN yang beli. Kalau ada ya Pak Dubes," pinta Erick.

Permintaan Erick tersebut pun ditanggapi singkat oleh Andri yang menyatakan siap mencarikan peternakan bagi BUMN.

"Siap nanti kami carikan pak," ujar Andri singkat.

Baca Juga: Pertamina Dilarang Erick Thohir Punya Saham di Bisnis Ini

1. Pembelian peternakan dengan tujuan mengurangi impor sapi dalam negeri

Bosan Impor, Erick Thohir Ingin Beli Peternakan Sapi di BelgiaIlustrasi Peternakan Sapi Perah (IDN Times/Shemi)

Niat membeli peternakan sapi di Belgia oleh Erick bukannya tanpa alasan. Menurut dia, Indonesia tak mungkin impor sapi terus menerus.

"Peternakan (sapi) kalau ada, masa kita impor sapi terus 1,5 juta tiap tahun. Bagaimana kalau peternakannya kita beli," ucap Erick.

2. Impor sapi terus naik dalam beberapa waktu terakhir

Bosan Impor, Erick Thohir Ingin Beli Peternakan Sapi di BelgiaIlustrasi penjualan daging sapi dan daging kerbau. ANTARA FOTO/Rahmad

Di sisi lain, impor sapi tercatat terus mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, impor untuk daging jenis lembu pada Maret 2021 mengalami kenaikan hingga 44,2 persen, dari 7,81 ribu ton selama Februari 2021 menjadi 11,27 ribu ton dengan nilai 36,83 juta dolar Amerika Serikat (AS), atau setara Rp537 miliar.

Sementara itu, pada periode sama tahun lalu, impor daging sapi mengalami kenaikan dua digit, yakni sebesar 17,46 persen atau 9,6 ribu ton pada Maret 2020.

Adapun secara kumulatif, yakni pada periode Januari sampai Maret 2021, impor daging naik hingga 31 persen menjadi 30,84 ribu ton dari sebelumnya sekitar 23,54 ribu ton selama kuartal I 2020.

3. Negara pengimpor sapi terbanyak selama Maret 2021

Bosan Impor, Erick Thohir Ingin Beli Peternakan Sapi di BelgiaIlustrasi Sapi (IDN Times/Sunariyah)

Dari kenaikan tersebut, terdapat lima negara dengan jumlah ekspor daging terbanyak ke Indonesia. Dari data yang ada, Indonesia paling banyak mengimpor daging sapi dari Australia terbesar dengan jumlah 7.834 ton senilai 24,43 juta dolar AS atau hampir Rp357 miliar.

Kemudian, ada India sebanyak 1.820 ton dan Selandia Baru 935,8 ton dengan nilai masing-masing 6,37 dolar AS (Rp93 miliar) dan 2,8 juta dolar AS (Rp40,8 miliar).

Selanjutnya ada AS dengan total 388,43 ton senilai 2,11 juta dolar AS atau Rp30,8 miliar dan terakhir ada Spanyol sebanyak 289,63 ton dengan nilai 977,2 ribu dolar AS atau Rp14,2 miliar.

Baca Juga: Erick Thohir Ingin Lebih Banyak Pemimpin Muda dan Perempuan di BUMN

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya