Comscore Tracker

BUMN Ini Buka Lowongan Kerja untuk Penyandang Disabilitas, Yuk Daftar!

Kamu siap menjadi bagian dari BUMN?

Jakarta, IDN Times - Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mungkin menjadi mimpi sebagian besar millenial di Indonesia. Hal tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat BUMN menjanjikan peluang mendapatkan karier yang baik.

Persaingan yang ada pun biasanya ketat mengingat BUMN tak selalu membuka lowongan pekerjaan. Namun, jika lowongan pekerjaan dari BUMN mulai dibuka sebaiknya kamu ikut melamar karena siapa tahu kamu masuk ke dalam kriteria yang dibutuhkan oleh BUMN.

Kali ini, Kementerian BUMN melalui akun Twitter resminya (@KemenBUMN) telah mengunggah informasi lowongan kerja yang ditujukan kepada penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus di PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

"#SobatBUMN, ada kabar baik nih untuk Sobat yang sedang mencari pekerjaan, khususnya Sobat BUMN penyandang disabilitas atau berkebutuhan Khusus. Keterbatasan bukan dijadikan suatu halangan untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar PNM @PNM_Persero," tulis KemenBUMN, seperti dikutip IDN Times, Senin (19/4/2021).

Sebagai informasi, PNM merupakan salah satu perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor jasa permodalan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Baca Juga: 2 BUMN Ini Buka Lowongan Pekerjaan, Yuk Daftar!

1. PNM membuka empat lowongan kerja dengan persyaratan pendidikan

BUMN Ini Buka Lowongan Kerja untuk Penyandang Disabilitas, Yuk Daftar!Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut Kementerian BUMN menginformasikan bahwa ada empat lowongan pekerjaan yang dibuka oleh PNM. Kesempatan untuk bekerja di PNM dibuka seluas-luasnya untuk para penyandang disabilitas, sesuai dengan syarat pendidikan yang sudah ditetapkan oleh manajemen PNM.

"PNM membuka kesempatan kepada teman-teman penyandang disabilitas untuk berkarier di PNM sebagai bagian dari BUMN. Siapapun kamu, warga negara Indonesia bisa berkarier bersama PNM, asalkan memenuhi syarat-syarat profesionalitas dan punya semangat untuk memajukan UMKM Indonesia," tulis KemenBUMN.

Lowongan pekerjaan tersebut di antaranya adalah Staf Administrasi dengan syarat pendidikan minimal D3 semua jurusan. Kemudian ada juga Staf Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditujukan untuk lulusan S1 Psikologi, S1 Manajemen SDM, atau S1 Ilmu Hukum.

Lowongan pekerjaan berikutnya adalah sebagai Staf Keuangan/Staf Akuntan/Staf Perpajakan dengan syarat pendidikan minimal D3 Perpajakan atau S1 Ekonomi, dan atau S1 Akuntansi.

Terakhir ada Staf Operasional dengan syarat pendidikan minimal S1 semua jurusan, tetapi diutamakan lulusan S1 Ekonomi.

2. Kriteria pelamar yang dibutuhkan

BUMN Ini Buka Lowongan Kerja untuk Penyandang Disabilitas, Yuk Daftar!IDN Times/Wayan Antara

Ada beberapa kriteria yang ditetapkan oleh PNM bagi siapapun yang ingin melamar untuk posisi lowongan kerja di atas. Berikut kriterianya:

- Berusia antara 18-27 tahun
- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan dan posisi yang tersedia
- Mampu menggunakan komputer, khususnya Microsoft Office
- Mandiri dengan atau tanpa alat bantu

Baca Juga: BUMN ini Buka Lowongan Kerja, Buruan Daftar!

3. Batas waktu pendaftaran

BUMN Ini Buka Lowongan Kerja untuk Penyandang Disabilitas, Yuk Daftar!Ilustrasi Deadline (IDN Times/Arief Rahmat)

Jika kamu merasa cocok dengan kriteria di atas maka kamu bisa mulai mendaftar dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa persyaratan dokumen, seperti berikut.

- Surat lamaran dan daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae
- Ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir
- Surat keterangan disabilitas dari rumah sakit atau puskesmas
- Surat referensi atau surat keterangan bekerja (jika ada)

Untuk pendaftarannya sendiri dibuka dari tanggal 19 April hingga 30 April 2021 dengan mengklik tautan bit.ly/PNMCareer atau www.pnm.co.id.

Kementerian BUMN pun mengingatkan kepada calon pelamar kerja untuk selalu waspada dengan segala modus penipuan terkait rekrutmen PNM tersebut.

"Rekrutmen ini dilakukan secara mandiri, tidak bekerja sama dengan perusahaan travel manapun dan tidak dipungut biaya. Hati-hati ya Sob, terhadap pihak yang mengatasnamakan PNM," imbau KemenBUMN.

Baca Juga: Ratusan BUMN Buka Lowongan Kerja Magang, Cek Daftarnya Yuk!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya