Comscore Tracker

Cara Mengatur Keuangan agar Tetap Hemat saat Lebaran

Lebaran tak melulu harus boros!

Jakarta, IDN Times - Ramadan sebentar lagi berakhir dan itu menjadi pertanda bahwa hari raya Idul Fitri juga tidak lama lagi akan menyambut umat muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia yang kerap menyebutnya sebagai lebaran.

Lebaran identik dengan tradisi bermaaf-maafan, berkumpul bersama keluarga, dan bagi-bagi rezeki kepada sanak famili, dari yang tua dan sudah bekerja kepada anak dan keponakan yang masih kecil serta belum memiliki penghasilan sendiri.

Lebaran juga erat kaitannya dengan tradisi berbelanja suatu hal baru, seperti pakaian, sepatu, gawai, dan lain sebagainya. Maka tak heran jika kemudian perputaran uang selama lebaran cenderung tinggi.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk bisa tetap berhemat ketika Lebaran tiba.

Untuk bisa tetap hemat ketika Lebaran, maka diperlukan strategi agar kamu tidak mengalami yang namanya besar pasak daripada tiang atau pengeluaran melebihi pendapatan atau pemasukan kamu.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan agar tetap hemat saat Lebaran tiba.

1. Buat rencana anggaran untuk lebaran

Cara Mengatur Keuangan agar Tetap Hemat saat LebaranIlustrasi. Membuat anggaran. google

Cara hemat saat lebaran yang pertama adalah membuat rencana anggaran. Rencana anggaran ini menjadi penting agar kamu dapat mengetahui pos-pos pengeluaran apa saja yang harus kamu buat.

Sebisa mungkin, segala jenis rencana pengeluaran ketika Lebaran kamu catat dan jangan sampai ada yang terlewat.

Dalam membuat rencana anggaran, kamu bisa menggunakan sumber dari THR dan gaji bulanan yang kamu miliki. Berangkat dari sana, kamu bisa memperkirakan segala macam biaya yang akan kamu keluarkan ketika lebaran tiba.

Apakah itu biaya untuk bagi-bagi THR ke tetangga dan keponakan, biaya transportasi berkunjung ke rumah saudara, pengeluaran untuk sedekah dan atau zakat, biaya untuk jajan, dan sebagainya.

Intinya, dengan membuat rencana anggaran kamu bisa mengetahui besaran dan untuk apa pengeluaran yang kamu buat ketika lebaran datang.

Baca Juga: Langkah Sederhana Biar Belanja Lebaran Tetap Hemat

2. Membuat prioritas pengeluaran

Cara Mengatur Keuangan agar Tetap Hemat saat Lebaranilustrasi management keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setelah membuat rencana anggaran untuk pengeluaran, cara berikutnya adalah dengan menetapkan prioritas pengeluaran ketika Lebaran.

Adapun yang perlu kamu pahami adalah tidak semua pengeluaran itu penting. Ada yang sifatnya urgent atau penting banget, tetapi ada juga yang justru bisa menunggu di kemudian hari, seperti kebutuhan sekunder dan bahkan tersier.

Caranya adalah dengan memisahkan mana yang utama dan penting dengan mana bagian paling bisa kamu tahan atau tidak perlu-perlu banget.

Prioritas ini sebaiknya kamu buat sendiri karena yang paham dengan keuangan kamu ya kamu sendiri. Jangan sampai dalam menetapkan prioritas pengeluaran kamu mendapatkan pengaruh dari orang lain kerena pada akhirnya itu akan menyulitkan kamu.

Baca Juga: Anti Boros-boros Club! Tips Cerdas dan Hemat Belanja Baju Lebaran

3. Mulai menetapkan anggaran untuk Lebaran

Cara Mengatur Keuangan agar Tetap Hemat saat Lebaranilustrasi (IDN Times/Ita Malau)

Setelah menyusun prioritas, maka cara berikutnya agar hemat saat Lebaran adalah dengan menetapkan anggaran sesuai dengan rencana dan prioritas di awal.

Pastikan anggaran yang kamu bakal keluarkan tidak melebihi pendapatan kamu. Usahakan semuanya sesuai dengan prioritas dan pendapatan yang kamu miliki sehingga ketika Lebaran tiba kamu tidak perlu pusing dan merasa boros.

Idealnya, anggaran yang ditetapkan saat Lebaran mesti sesuai dengan rencana dan prioritas yang telah kamu buat.

4. Jangan tergoda dengan banyaknya diskon

Cara Mengatur Keuangan agar Tetap Hemat saat LebaranIDN Times/Indiana Malia

Selain identik dengan tradisi berkumpul bersama keluarga dan bermaaf-maafan, lebaran juga menjadi momen bagi banyak merek mengeluarkan diskon untuk produk-prdouk yang dijualnya.

Maka dari itu, cara hemat saat lebaran yang kedua adalah jangan tergoda dengan banyaknya diskon. Godaan itu tentunya cukup masif mengingat kini marketplace atau e-commerce mulai menjamur dan memberikan banyak promo serta diskon.

Diskon itu bahkan sudah muncul sebelum lebaran benar-benar tiba atau ketika masih berada di bulan Ramadan. Alih-alih tergoda banyak diskon, kamu harus memanfaatkan diskon tersebut untuk membeli barang-barang yang kamu butuhkan, bukan hanya sekadar lapar mata dan memenuhi keinginan kamu saja.

Yuk bijak menghadapi diskon saat lebaran agar keuangan kamu tetap aman dan penghematan yang kamu lakukan dapat sesuai dengan keinginan!

Baca Juga: Jangan Boros! Ini 6 Cara Bijak Mengelola THR

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya