Comscore Tracker

DPR Sebut Asabri Membaik karena Erick-Prabowo, Pengamat: Itu Bualan!

Kinerja baik Asabri disebabkan manajemennya

Jakarta, IDN Times - Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Herry Gunawan menyatakan kinerja apik PT Asabri selama tahun kemarin bukan disebabkan oleh peran Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Hal itu sekaligus menampik pernyataan Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR RI yang digelar pada Selasa (25/1/2022).

Dalam rapat tersebut, Andre menyatakan membaiknya kondisi keuangan PT Asabri tak terlepas dari peran kementerian yang dipimpin oleh Erick Thohir dan Prabowo Subianto.

"Perusahaan Asabri yang disupervisi oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian BUMN, dari perusahaan yang rugi Rp5 triliun dalam lima tahun terakhir Alhamdulillah saat ini kita bisa menyaksikan untung Rp8 triliun," kata Andre.

1. Ucapan Andre Rosiade hanya bualan saja

DPR Sebut Asabri Membaik karena Erick-Prabowo, Pengamat: Itu Bualan!IDN Times/Irfan Fathurohman

Herry pun menyebut pernyataan Andre sebagai bohong belaka. Jika benar ada perbaikan terhadap kondisi keuangan Asabri maka hal tersebut terjadi karena jerih payah manajemen di dalamnya.

"Itu pernyataan bualan aja. Kalau kerjanya baik ya itu berkat manajemen," kata Herry saat dihubungi IDN Times, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Pakar: Beda Pendapat Hakim di Kasus Asabri soal Kerugian Negara Tepat 

2. Pencapaian Asabri selama 2021

DPR Sebut Asabri Membaik karena Erick-Prabowo, Pengamat: Itu Bualan!Logo Asabri. (Istimewa)

Dalam rapat dengan Komisi VI DPR, Direktur Utama Asabri, Wahyu Suparyono menjabarkan capaian perseroan selama 2021.

Pada tahun lalu, aset perusahaan asuransi pelat merah itu tumbuh Rp3 triliun yang berasal dari peningkatan aset Akumulasi Iuran Pensiunan (AIP), liabilitas Tabungan Hari Tua (THT), dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Selain itu, ekuitas Asabri juga meningkat Rp8,6 triliun yang datang dari peningkatan laba komprehensif. Atas capaian tersebut Asabri masuk dalam 10 besar jajaran BUMN dengan laba terbesar tahun 2021.

3. Herry sangsi terhadap pencapaian Asabri tahun lalu

DPR Sebut Asabri Membaik karena Erick-Prabowo, Pengamat: Itu Bualan!PT Asabri (Persero) (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Namun, pencapaian positif Asabri sepanjang tahun lalu diragukan oleh Herry. Keraguan itu muncul lantaran pada tahun sebelumnya atau 2020 Asabri masih menanggung kerugian cukup besar.

"Namun, tahun 2020 (Asabri) masih rugi triliunan dan ekuitasnya negatif. Tiba-tiba untung triliunan, bisa jadi bukan kinerja organik. Jangan-jangan ada pengalihan beban ke entitas lain," kata dia.

Baca Juga: Lolos dari Hukuman Mati, Heru Hidayat Divonis Nihil di Korupsi Asabri

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya