Comscore Tracker

East Ventures Mulai Sasar Investasi di Startup Kripto

East Ventures baru mendapatkan pendanaan Rp8 T lebih

Jakarta, IDN Times - Perusahaan modal ventura, East Ventures turut menyasar pendanaan bagi startup yang bergerak di sektor kripto. Hal ini sejalan dengan transformasi bisnis East Venture yang mulai berubah jadi investor multi-stage.

"Untuk kripto, kita sudah melakukan beberapa pendanaan. Walaupun begitu, kripto ini memang masih ada beberapa bagian yang volatile," ucap Managing Partner East Ventures, Roderick Purwana kepada awak media, di Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Startup Kamu Mau Dapat Pendanaan dari East Ventures? Ini Kriterianya

1. Indodax jadi perusahaan kripto yang dapat pendanaan East Ventures

East Ventures Mulai Sasar Investasi di Startup Kriptoindodax.com

Operating Partner East Ventures, David Audy mengatakan, Indodax menjadi startup di sektor kripto yang telah mendapatkan pendanaan dari East Ventures.

Meski kripto dianggap masih sarat dengan spekulasi, Indodax berhasil mendapatkan pendanaan dari East Ventures lantaran bergerak pada bisnis exchange crypto.

"Kita ada investasi juga di Indodax. Indodax saat ini merupakan exchange terbesar di Indonesia, tapi kita memang belum terlalu banyak di kripto dan masih cautious. Kalau exchange (crypto) itu adalah bisnis yang aman menurut saya karena kan mereka hanya monetize dari transaksi," tutur David.

Baca Juga: Gokil! Platform TipTip Dapat Suntikan Dana Rp143 M dari East Ventures

2. Sektor startup yang menarik tahun ini

East Ventures Mulai Sasar Investasi di Startup KriptoIlustrasi Startup (IDN Times/Aditya Pratama)

Startup di sektor kripto tidak hanya jadi satu-satunya yang menarik perhatian East Ventures tahun ini.

Roderick mengatakan, ada beberapa sektor yang menarik minat East Ventures untuk diberikan pendanaan pada tahun ini.

"Mulai muncul startup kesehatan, pendidikan, dan software as a service (SaaS). Kami juga menyasar (startup sektor) web 3.0," kata dia.

Adapun web 3.0 merupakan teknologi internet yang telah terdesentralisasi berdasarkan blockchain. Teknologi tersebut yang ada di balik kripto dan non-fungible token (NFT).

Baca Juga: Ke Mana Modal East Ventures Berlabuh Tahun Ini? Simak Bocorannya 

3. East Ventures baru mendapatkan pendanaan Rp8 triliun lebih

East Ventures Mulai Sasar Investasi di Startup KriptoCo-Founder sekaligus Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sebelumnya diberitakan, East Ventures baru saja mengumumkan raihan pendanaan sebesar 550 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau senilai lebih dari Rp8 triliun. Dana tersebut bakal digunakan untuk mendukung perkembangan startup di Indonesia dan Asia Tenggara.

"Kami telah membangun rekam jejak dengan return yang kuat selama lebih dari satu dekade dan kini efek 'roda gila' (flywheel effect) dari ekosistem telah dimulai. East Ventures berada di posisi yang tepat untuk menungganginya," ujar Co-Founder dan Managing Partner East Ventures, Willson Cuaca dalam siaran pers, Selasa (10/5/2022).

Wilson menyatakan pihaknya telah bertransformasi. Dari yang tadinya menjadi investor tahap awal, kini berubah multi-stage.

East Ventures akan memanfaatkan dana 150 juta dolar AS untuk pendanaan tahap awal dan 400 juta dolar AS untuk pendanaan lanjutan. Selain itu, perusahaan juga tetap memerhatikan integrasi aspek-aspek berkelanjutan untuk praktik bisnis dan penggunaan dana.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya