Comscore Tracker

Gagal Akuisisi StreetScooter, MIND ID Bakal Sikat GESITS

Rencana akuisisi dilakukan oleh IBC

Jakarta, IDN Times - Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia alias MIND ID, menyampaikan rencana Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk mengakuisisi PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) yang tercatat sebagai pengembang motor listrik GESITS.

Memang, MIND ID merupakan induk dari IBC dan memiliki rencana mengakuisisi perusahaan kendaraan listrik asal Jerman bernama StreetScooter. Namun, rencana tersebut urung kesampaian lantaran StreetScooter terlebih dahulu diakuisisi oleh perusahaan asal Luksemburg bernama Odin Automotive.

Rencana MIND ID mengakuisisi GESITS dianggap sebagai sebuah aksi korporasi dari IBC guna mengembangkan ekosistem kendaraan listrik/electric vehicle (EV) di dalam negeri, terutama pada level hilir.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan, menyatakan akuisisi GESITS jadi peluang pengembangan EV di Indonesia terlebih jika pemerintah mulai mewajibkan penggunaannya bagi kementerian atau lembaga.

"Maka, kami sebagai BUMN yang punya anak perusahaan IBC, tangkap peluang itu dengan cepat. Bagi WIKA ini, bukan inti bisnisnya. Namun, bagi kami, ini inti bisnis karena menguasai hilir, ya diambil. Kan BUMN harus bersinergi," ujar Dany dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

1. Detil akuisisi GESITS belum bisa disampaikan

Gagal Akuisisi StreetScooter, MIND ID Bakal Sikat GESITSDirektur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan (dok. MIND ID)

Kendati begitu, Dany masih belum bisa menyampaikan secara detail rencana akusisi GESITS. Hal itu dikarenakan masih ada proses due diligence yang memang belum selesai. Adapun sampai saat ini rencana akuisisi tersebut terus berjalan.

Di samping itu, Dany menjelaskan tujuan lain akuisisi GESITS selain untuk penetrasi level hilir atau konsumen, adalah sebagai upaya IBC memiliki intellectual properties (IP) dalam memproduksi kendaraan listrik.

Hal itu juga yang menjadi dasar rencana mereka mengakuisisi StreetScooter walaupun pada akhirnya urung terjadi.

"Kenapa dulu kami punya keinginan mengakuisisi StreetScooter yang (akhirnya) tidak jadi, karena mau ambil IP-nya, teknologinya, SDM, penetrasi global yang sudah masuk. IP ini kan luar biasa nilainya bagi kami," beber Dany.

Baca Juga: Gojek Siapkan Ribuan Motor Listrik Gogoro dan Gesits Tahun Ini

2. GESITS punya peluang berkembang yang besar

Gagal Akuisisi StreetScooter, MIND ID Bakal Sikat GESITSMotor listrik GESITS (Dok.GESITS)

GESITS dianggap Dany punya peluang pasar menjanjikan kendati market share atau pangsa pasarnya masih lumayan kecil. Hal itu bukan menjadi kendala bagi MIND ID dan IBC untuk mengakuisisi GESITS.

"Kami akuisisi tidak harus yang pangsa pasarnya besar. Tapi, kami akusisi yang punya potensi, peluang, teknologi, IP, product knowledge yang menjanjikan, memberikan nilai masa depan untuk memperkuat ekosistem baterai (listrik) kami. Ini sejalan dengan roadmap IBC dan MIND ID," tutur Dany.

3. Tentang WIMA dan GESITS

Gagal Akuisisi StreetScooter, MIND ID Bakal Sikat GESITSMotor listrik GESITS (Dok.GESITS)

WIMA merupakan perusahaan joint venture atau JV antara PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dengan PT GESITS Technologies Indo yang didirikan pada 2018 silam.

"Berdirinya perusahaan kami sebagai bentuk respon terhadap peluang di bidang transportasi, energi, dan teknologi yang semakin terbuka dan berkembang di Indonesia, PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) bergerak di bidang industri manufaktur dan assembling khususnya di sepeda motor listrik," tulis WIMA, dalam situs resminya seperti dikutip IDN Times, Rabu (9/2/2022).

Dalam situs resminya, WIMA memiliki target untuk menjadi perusahaan terkemuka di Asia Tenggara dan mengusai pasar sepeda motor listrik di dunia.

Sementara itu, GESITS merupakan sepeda motor listrik karya anak bangsa yang pengerjaannya dilakukan dengan kolaborasi antara WIMA, Kemenristek/BRIN, dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Sepeda motor listrik tersebut diproduksi di pabrik perakitan yang lokasinya ada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Motor listik GESITS menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dalam sekali pengisian daya, GESITS bisa digunakan untuk berkendara sejauh 50 kilometer untuk baterai tunggal dan 100 kilometer untuk baterai ganda.

Baca Juga: Gagal Akuisisi StreetScooter, Pemerintah Mau Besarkan GESITS

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya