Comscore Tracker

Go Global! Erick Thohir Dorong UMKM Rambah Inggris lewat BNI London

BNI London dapat membantu UMKM Go Global ke Inggris

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka peluang bagi usaha mikro kecil menengah atau UMKM asli Indonesia untuk bisa merambah pasar luar negeri, khususnya di Inggris Raya.

Erick menyatakan bahwa hal tersebut bisa dicapai melalui bantuan Bank Negara Indonesia atau BNI London.

"Keberadaan BNI London membantu Indonesia khususnya UMKM yang mau mengembangkan usahanya ke Inggris dan Eropa," ujar Erick, saat memberikan sambutan pembuka dalam UK SME's Business Summit 2021, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: HUT ke-75, BNI Luncurkan New BNI Mobile Banking 

1. Peran penting BNI London dalam upaya UMKM Go Global

Go Global! Erick Thohir Dorong UMKM Rambah Inggris lewat BNI LondonIlustrasi Suasana Sekitar London Bridge, London, Inggris (IDN Times/Anata)

Bagi Erick, keberadaan BNI London sangat vital dalam upaya pemerintah mendorong UMKM lokal Indonesia bisa berjaya di luar negeri. UMKM Go Global menjadi langkah pemerintah agar UMKM tak hanya memiliki pasar dalam negeri, melainkan juga hingga ke luar negeri.

"Kami mendorong BNI berperan sebagai bank milik Indonesia yang bisa menjadi jembatan bagi pelaku usaha dan asosiasi diaspora UMKM di kawasan Inggris Raya dan Eropa untuk bermitra dengan pelaku usaha di Indonesia," tutur Erick.

Baca Juga: BNI Ajak 10 UMKM Berbagi Kiat Berbisnis Lewat Festival Ide Bisnis

2. Potensi UMKM Go Global ke Inggris Raya terbuka lebar

Go Global! Erick Thohir Dorong UMKM Rambah Inggris lewat BNI LondonIDN Times/Dhana Kencana

Erick meyakini bahwa potensi UMKM asal Indonesia untuk berkiprah di Inggris Raya sangatlah besar. Hal itu berdasarkan hubungan erat yang terjalin antara Indonesia dan Inggris Raya sejak 1949 sampai sekarang.

"Inggris merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia. Inggris termasuk mitra dagang utama di kawasan Eropa. Eratnya hubungan tersebut membuka peluang kerja sama berbagai sektor termasuk sektor UMKM," ucap Erick.

Baca Juga: Upaya UMKM untuk Bertahan di Pasar Global dengan Go Digital

3. UK SME's Business Summit 2021 jadi ajang pamer UMKM Indonesia

Go Global! Erick Thohir Dorong UMKM Rambah Inggris lewat BNI LondonIlustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Maka dari itu, Erick mengajak seluruh UMKM asal Indonesia untuk bisa berpartisipasi dalam ajang UK SME's Business Summit 2021 yang digelar secara virtual tahun ini. Erick optimistis keberadaan UK SME's Business Summit tahun ini bisa jadi kesempatan dan peluang bagi UMKM Indonesia untuk menggali dan mengembangkan produknya.

"Saya yakin ini adalah salah satu langkah baik dan konkrit untuk memajukan UMKM Indonesia. Semoga BNI semakin maju dan menunjukkan eksistensi sebagi bank internasional dan menjadi jembtan bagi pelaku usaha indonesia dan dunia internasional demi masa depan UMKM Go Global," ujar dia.

Baca Juga: Kemenkop: Banpres UMKM Rp1,2 Juta Paling Lambat Cair Agustus 2021

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya