Comscore Tracker

Gojek Gelontorkan Rp260 Miliar untuk Bantuan Mitra Selama Pandemik

Bantuan diberikan sejak Maret 2020-September 2021

Jakarta, IDN Times - Gojek gelontorkan Rp17 miliar untuk Bantuan Kebutuhan Pokok berupa uang belanja sembako yang diberikan kepada para mitra driver-nya. Bantuan tersebut diberikan Gojek langsung ke saldo dompet mitra yang sudah divaksinasi.

"Bantuan uang belanja yang diberikan pada periode ini atau awal Oktober 2021 difokuskan bagi ratusan ribu mitra driver di seluruh Indonesia yang telah menjalani vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama," ujar CEO Gojek, Kevin Aluwin, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (5/10/2021).

Kevin menambahkan bahwa selain untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok para mitranya, inisiatif tersebut menjadi bentuk apresiasi bagi para mitra driver Gojek yang telah memiliki kesadaran untuk menjalan vaksinasi dalam rangka melindungi diri dari risiko paparan COVID-19.

Baca Juga: Gojek dan Tokopedia Guyur Bonus ke Tim Indonesia di Olimpiade Tokyo

1. Gojek telah berikan lebih dari Rp260 miliar untuk bantuan selama pandemik

Gojek Gelontorkan Rp260 Miliar untuk Bantuan Mitra Selama PandemikKevin Aluwi Co-Founder dan CEO Gojek. (IDN Times/Uni Lubis)

Gojek sendiri telah menyalurkan bantuan Program Kesejahteraan Mitra Driver dengan total lebih dari Rp260 miliar.

Bantuan tersebut diberikan sejak awal pandemik melanda atau tepatnya Maret 2020 hingga September 2021.

"Hal itu terdiri dari Bantuan Kebutuhan Pokok senilai Rp175,8 miliar, Bantuan Penyediaan Layanan/Perlengkapan Kesehatan Rp70,3 miliar, dan Bantuan Pendapatan bagi Mitra Driver senilai Rp15 miliar," tutur Kevin.

Baca Juga: Gojek Bentuk Tim Khusus untuk Lindungi Data Pribadi Konsumen

2. Rincian Program Kesejahteraan Mitra Driver Gojek

Gojek Gelontorkan Rp260 Miliar untuk Bantuan Mitra Selama PandemikGojek lakukan kopdar pada mitra untuk menyampaikan komitmen dan inisiatif kepada mitra (IDN Times/Indah Permata Sari)

Kevin pun merincikan ketiga pilar utama dalam Program Kesejahteraan Mitra Driver Gojek tersebut. Pertama adalah Bantuan Kebutuhan Pokok.

Bantuan Kebutuhan Pokok terdiri dari uang belanja sembako, termasuk Rp17 miliar yang didistribusikan di periode ini, voucher belanja sembako, voucher potongan harga sembako dari GoPay, dan voucher makanan murah serta sehat untuk keluarga mitra driver.

Kedua, Bantuan Penyediaan Layanan/Perlengkapan Kesehatan terdiri dari pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, operasional Posko Aman, edukasi dan sosialisasi vaksin, serta penyelenggaraan operasional pos pelayanan vaksin bagi ratusan ribu mitra driver di lebih dari 70 kota.

"Ketiga, Bantuan Pendapatan bagi Mitra Driver senilai Rp15 miliar berupa pengganti pendapatan bagi mitra yang non-aktif sementara saat masa pemulihan dari COVID-19," ujar Kevin.

3. Gojek ingin menguatkan kolaborasi dengan para mitranya

Gojek Gelontorkan Rp260 Miliar untuk Bantuan Mitra Selama PandemikRibuan mitra driver Gojek divaksinasi COVID-19 di Lapangan Merdeka Medan pada Sabtu (26/10/2021). (Dok. IDN Times)

Pemberian bantuan-bantuan tersebut bukan semata sebagai bagian dari apresiasi terhadap mitra yang sudah divaksinasi, melainkan juga upaya Gojek menguatkan kolaborasi di ulang tahunnya yang ke-11.

Kevin mengatakan, jelang usia ke-11 Gojek ingin terus menjalankan kolaborasi dengan para mitranya secara sungguh-sungguh, terutama di dalam masa sulit akibat pandemik COVID-19 saat ini.

"Tentunya dengan usia 11 tahun yang semakin matang, akan semakin kuat pula kolaborasi Gojek bersama mitranya, untuk saling bahu membahu memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat. Lewat kolaborasi yang kuat, kami percaya ekosistem Gojek dapat bangkit bersama melewati masa penuh tantangan ini dengan baik," tutur dia.

Baca Juga: Bantu UMKM Go Digital, Gojek dan Kemenkop UKM Jalin Kolaborasi

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya