Comscore Tracker

Ini Daftar 11 Negara Asia yang Sepakat Perangi Kecurangan Pajak Global

Deklarasi Bali disepakati di Asia Initiative, side event G20

Nusa Dua, IDN Times - Sebanyak 11 negara dan yurisdiksi melakukan penandatanganan Deklarasi Bali pada Kamis (14/7/2022). Deklarasi ini sebagai hasil dari Asia Initiative yang dipimpin oleh Indonesia melalui Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati dalam rangkaian side event G20 Presidensi Indonesia.

Adapun 11 negara dan yurisdiksi tersebut adalah Indonesia, Jepang, India, Singapura, Korea Selatan, Maladewa, Malaysia, Thailand, Makau, Hong Kong, dan Brunei Darussalam.

"Dalam penandatanganan hari ini, 11 yurisdiksi menandatangani Deklarasi Bali yang memberikan satu momentum politik keberhasilan Asia Initiative yang merupakan simbol dari upaya kolektif regional untuk memerangi penghindaran pajak dan arus keuangan gelap lainnya," kata Sri Mulyani dalam Press Statement G20 Side Events: Asia Initiative - Ministerial Meeting and Signing Declaration di Nusa Dua, Bali, Kamis.

Sri Mulyani menambahkan, kesepakatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan perpajakan di Indonesia dan juga di Asia.

"Pemerintah tidak akan berhenti, kita akan terus lanjutkan penggunaan data untuk meningkatkan kepatuhan pajak dan menekan penghindaran pajak, penempatan aset di luar negeri dan perangi aluran uang gelap," ucap dia.

Baca Juga: Tok! Negara Asia Sepakati Deklarasi Bali untuk Lawan Penggelapan Pajak

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya