Comscore Tracker

Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik LG Rp142 T di Batang

Ada 20 ribu lapangan pekerjaan yang siap dibuka

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku senang dengan perkembangan pembuatan ekosistem baterai mobil listrik di Indonesia. Hal itu sejalan dengan pembangunan industri baterai mobil listrik terintegrasi oleh Konsorsium LG yang sudah mulai berjalan hari ini.

"Saya senang pagi hari ini bahwa tahapan pembangunan industri baterai listrik terintegrasi telah mulai berjalan. Investasi LG ini merupakan investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu sampai ke hilir," tutur Jokowi dalam Seremoni Implementasi Rencana Tahap Kedua Industri Baterai Listrik Terintegrasi di Kawasan Industri Batang, via YouTube, Rabu (8/6/2022).

Jokowi melanjutkan, integrasi tersebut dimulai dari penambangan nikel, pembuatan smelter, pembangunan pabrik prekursor, pabrik katoda, pembuatan baterai listrik, baterai pack, hingga mobil listriknya.

"Masih ditambah lagi industri daur ulang baterai, dari hulu sampai hilir dikerjakan dalam investasi ini," kata dia.

Baca Juga: Bos Antam Ungkap Tesla Naksir Kerja Sama Industri Baterai Listrik 

1. Investasi konsorsium LG sangat besar

Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik LG Rp142 T di BatangIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Di sisi lain, Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada konsorsium LG yang telah menggelontorkan investasi dengan nilai sangat besar di Indonesia untuk pembangunan ekosistem baterai mobil listrik.

"Saya ucapkan terima kasih kepada konsorsium LG yang bekerja sama dengan BUMN dan perusahaan-perusahaan Indonesia. Total investasi ini juga bukan jumlah sedikit, Rp142 triliun, kalau didolarkan 9,8 miliar US dolar," beber Jokowi.

Baca Juga: Menteri Investasi: LG Bangun Pabrik Baterai EV di RI Mei 2022

2. Jokowi senang banyak lapangan kerja yang terbuka

Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik LG Rp142 T di Batangilustrasi tenaga kerja (unsplash.com/gieling)

Jokowi juga mengaku senang karena investasi LG di Indonesia dapat membuka lapangan pekerjaan yang banyak. Hal tersebut dianggapnya penting sebagai sebuah kunci untuk memajukan Indonesia dan industri baterai mobil listrik lokal.

"Yang paling saya senang menyerap karyawan, SDM, tenaga kerja kita sebanyak 20 ribu orang. Ini jumlah yang tidak kecil. Di mana-mana, di dunia sekarang ini pembukaan lapangan pekerjaan merupakan kunci," kata Jokowi.

Baca Juga: Foxconn, Volkswagen dan BASF Segera Investasi Baterai EV di Indonesia

3. LG yakin Batang jadi kawasan industri EV battery besar di Asia Tenggara

Jokowi Resmikan Proyek Baterai Listrik LG Rp142 T di BatangGrounbreaking pembangunan pabrik Nestle di Kawasan Industri Terpadu Batang, belum lama ini. (dok. Pemkab Batang)

Sementara itu, President LG Energy Solution, Lee Bang Soo dalam sambutannya mengatakan, investasinya di pabrik inti proyek Grand Package di Kawasan Industri Batang akan menjadi titik kunci penting untuk pembangunan nasional yang seimbang.

"Saya hadir di sini dengan visi untuk mengembangkan Kawasan Industri Batang menjadi kawasan industri EV terpenting di Asia Tenggara di masa depan. Proyek Grand Package ini merupakan proyek skala besar yang dapat mendukung produksi baterai kendaraan listrik sebesar 3,5 juta unit dan 200 gigawatt per tahun," kata Lee.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya