Comscore Tracker

Kabar Baik! 32,6 Juta Pelanggan PLN Bakal Dapat Diskon Tarif Listrik

Diskon tarif listrik diberikan dari Juli sampai September

Jakarta, IDN Times - Sebanyak lebih dari 3 juta pelanggan PLN dengan daya 450VA dan 900VA dipastikan mendapatkan diskon tarif listrik selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal tersebut dipastikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang memutuskan memperpanjang kebijakan diskon tarif listrik hingga September 2021.

"Untuk pelaksanaan PPKM Darurat perlu tambahan anggaran, yaitu terutama perpanjangan diskon listrik kepada 32,6 juta pelanggan ini akan diperpanjang yang tadinya enam bulan menjadi sembilan bulan berarti ini sampai September. Oleh sebab itu diperlukan tambahan anggaran Rp1,91 triliun," ujar Sri Mulyani dalam dalam konferensi pers pasca-Sidang Kabinet Paripurna, Senin (5/7/2021).

1. Rincian data penerima diskon tarif listrik selama PPKM Darurat

Kabar Baik! 32,6 Juta Pelanggan PLN Bakal Dapat Diskon Tarif ListrikIlustrasi Listrik. (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data PLN tahun 2020, jumlah pelanggan PLN saat ini adalah sebanyak 79 juta. Adapun, 78 juta di antaranya merupakan pelanggan dengan tegangan listrik rendah.

Dari data tersebut, sebanyak 24 juta teridentfikasi merupakan pelanggan listrik 450VA. Dengan demikian, ada 8,6 juta pelanggan PLN 900VA yang siap diberikan diskon tarif listrik selama PPKM Darurat hingga September mendatang.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan diskon tarif listrik tersebut?

Baca Juga: Ini Cara Mendapatkan Diskon Listrik PLN Periode Juli-September 2021

2. Cara mendapatkan diskon tarif listrik dari PLN

Kabar Baik! 32,6 Juta Pelanggan PLN Bakal Dapat Diskon Tarif ListrikPetugas PLN siaga menjaga keandalan listrik di rumah sakit rujukan COVID-19. (dok. PLN)

Dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, menyebutkan cara untuk mendapatkan diskon tarif listrik dari PLN.

Pertama, bagi pelanggan pasca-bayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

Di sisi lain, untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

“Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website, layanan Whatsapp, maupun melalui aplikasi PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik,” ujar Bob.

3. Besaran diskon tarif listrik periode Juli-September 2021

Kabar Baik! 32,6 Juta Pelanggan PLN Bakal Dapat Diskon Tarif ListrikIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemerintah pun mengatur besaran diskon tarif listrik yang diberikan hingga September nanti.

Berikut ini aturan besaran diskon tarif listik yang dibuat oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM):

- Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

- Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

- Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Pemerintah pun menambahkan anggaran untuk memberikan diskon tarif listrik kepada kelompok usaha untuk mengatasi rekening minimum dan biaya abonemen yang menyasar 1,4 juta pelanggan.

"Kemudian untuk bantuan rekening abonemen listrik juga akan kita perpanjang sampai September sehingga akan membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp420 miliar," ucap Sri Mulyani.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

"Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum," tulis PLN.

Baca Juga: Tarif Listrik Diskon 50% Selama PPKM Darurat

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya