Comscore Tracker

KADIN Susun AD/ART Baru di Munas Khusus, Siap Disahkan Jadi Keppres

Apa hasil Munassus 2022 KADIN?

Jakarta, IDN Times - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia telah resmi menambahkan dan menyempurnakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) melalui Musyawarah Nasional Khusus (Munassus) 2022 yang digelar pada Kamis, 23 Juni 2022.

Sejumlah pasal yang sudah disepakati dalam Munassus 2022 itu nantinya akan diajukan KADIN Indonesia untuk dijadikan Keputusan Presiden atau Keppres.

"Sejumlah pasal tersebut di antaranya mengenai perangkat organisasi, keanggotaan hingga ketentuan pelaksanaan kepengurusan KADIN, baik di pusat maupun daerah," ucap Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid.

Baca Juga: KADIN Titip Pesan kepada Mendag Baru Zulkifli Hasan, Apa Isinya?

1. Hasil Munassus 2022 kuatkan posisi KADIN

KADIN Susun AD/ART Baru di Munas Khusus, Siap Disahkan Jadi KeppresKetua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid bersama Mendagri, Tito Karnavian dalam Munassus 2022. (dok. Kadin Indonesia)

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menilai Munassus 2022 dengan agenda penyusunan dan penyempurnaan AD/ART memperkuat posisi KADIN sebagai induk organisasi dunia usaha di Indonesia.

"Berakhirnya Munassus dengan hasil AD/ART yang lengkap dan sempurna, memberikan kepastian kepada pemerintah bahwa KADIN Indonesia dibawah pimpinan Ketua Umum Arsjad Rasjid merupakan satu-satunya induk organisasi dunia usaha di Indonesia, serta memberikan kepastian hukum, di mana akan memunculkan kepercayaan rakyat," tutur Tito.

Tito menambahkan, AD/ART yang disusun dan disempurnakan tersebut merupakan pondasi dan pilar KADIN Indonesia.

"KADIN diharapkan kuat secara legitimasi hukum dan sosial, baik dari internal maupun masyarakat umum. Kementerian Dalam Negeri akan memfasilitasi KADIN dengan memberikan surat edaran dan sosialisasi kepada pemerintah-pemerintah daerah, asosiasi dan masyarakat luas jika KADIN Indonesia hanya ada satu," beber dia.

2. Pentingnya Munassus KADIN di mata Luhut Binsar Pandjaitan

KADIN Susun AD/ART Baru di Munas Khusus, Siap Disahkan Jadi KeppresMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Di sisi lain, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memandang pentingnya KADIN untuk bersatu dan memperkuat posisinya sebagai mitra pemerintah agar dapat lebih bersinergi pada masa mendatang.

"Munassus merupakan acara yang sangat penting agar KADIN dapat menjadi lebih kuat layaknya magnet dari pemerintahan dan membantu pemerintah untuk menghadapi serta mengatasi tantangan-tantangan yang ada saat ini sehingga mempercepat proses pemulihan dan transformasi ekonomi Indonesia, demi terwujudnya Indonesia Maju," papar Luhut.

3. Alasan KADIN Indonesia menyempurnakan AD/ART

KADIN Susun AD/ART Baru di Munas Khusus, Siap Disahkan Jadi KeppresKadin Indonesia. (dok. Kadin Indonesia)

Sejalan dengan hal tersebut, Arsjad mengungkapkan alasan di balik penyempurnaan kembali AD/ART KADIN Indonesia.

Sebagai informasi, AD/ART KADIN Indonesia belum diperbarui selama 12 tahun dan hal itu membuat kepemimpinan KADIN Indonesia sekarang harus memperbaruinya.

Arsjad mengatakan, AD/ART harus disesuaikan dengan perubahan perkembangan zaman, khususnya di bidang teknologi informasi dan ekonomi juga keadaan yang dihadapi Indonesia saat ini.

Apalagi, sambung Arsjad, adanya tantangan seperti konflik geopolitik Ukraina – Rusia, krisis pangan, dan naiknya inflasi yang dapat memicu timbulnya krisis politik dan krisis sosial.

"Maka dari itu, kita harus bersatu dan menyempurnakan AD/ART demi memperkuat internal organisasi KADIN Indonesia agar KADIN mampu menghadapi tantangan-tantangan sekaligus memanfaatkan peluang-peluang dalam perannya sebagai payung organisasi dunia usaha yang resilient, mandiri, dan profesional serta menjadi mitra pemerintah yang adaptif dan responsif dalam melaksanakan visi, misi dan programnya," tutur dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya