Comscore Tracker

Kinerja Manufaktur RI September 2021 Alami Peningkatan ke Level 52,2

Aktivitas ekonomi terus menggeliat dalam beberapa bulan ini

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Nathan Kacaribu menyampaikan bahwa indeks manufaktur Indonesia atau Purchasing Managers Index (PMI) Indonesia berhasil naik pada periode September 2021.

Kenaikan tersebut diklaim Febrio sebagai kabar gembira mengingat tak banyak negara yang belum sanggup bangkit akibat kondisi pandemik COVID-19 saat ini.

"Untuk PMI Manufaktur Indonesia di 2021, data terakhir 52,2. Ini menggembirakan dan belum diikuti banyak negara yang masih menghadapi tekanan kuat dari sisi varian delta," ujar Febrio, dalam Taklimat Media, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Apa Bedanya Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur?

1. PMI Indonesia dalam dua bulan terakhir anjlok

Kinerja Manufaktur RI September 2021 Alami Peningkatan ke Level 52,2Ilustrasi penurunan nilai (IDN Times/Arief Rahmat)

Febrio melanjutkan, kondisi yang terjadi pada September menggembirakan karena dalam dua bulan terakhir PMI Manufaktur Indonesia mengalami kontraksi lumayan dalam.

Pada Juli 2021, PMI Manufaktur Indonesia mengalami penurunan ke angka 40,1. Selang sebulan kemudian atau tepatnya pada Agustus, PMI Manufaktur Indonesia sedikit mengalami kenaikan ke level 43,7. Angka tersebut jauh lebih rendah ketimbang PMI Manufaktur Indonesia pada Juni 2021 yang menyentuh 53,5.

"Angka PMI Manufaktur RI Agustus masih di 43,7, membaik dibandingkan Juli yang alami kontraksi paling dalam, tapi hari ini sudah naik ke 52,2 dan ini sudah kembali ekspansi dengan sangat kuat," tutur Febrio.

2. Peningkatan PMI Manufaktur September buah keberhasilan penanganan varian delta

Kinerja Manufaktur RI September 2021 Alami Peningkatan ke Level 52,2Ilustrasi Mal di Jakarta (IDN Times/Besse Fadhilah)

Febrio menambahkan, kenaikan angka PMI Manufaktur Indonesia pada September tak terlepas dari pemulihan aktivitas ekonomi.

Aktivitas ekonomi di berbagai tempat mulai menggeliat kembali seiring dengan menurunnya kasus aktif COVID-19.

"Aktivitas ekonomi sudah pulih dengan sangat cepat dan ini sejalan dengan keberhasilan kita menangani delta variant selama 2-3 bulan terakhir," ucap Febrio.

Baca Juga: Kinerja Industri Manufaktur Cetak Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

3. Kabar terbaru PMI Global

Kinerja Manufaktur RI September 2021 Alami Peningkatan ke Level 52,2Ilustrasi Grafik Penurunan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam kesempatan yang sama, Febrio turut melaporkan kondisi terbaru atau update PMI Global. PMI Manufaktur Global pada Agustus 2021 disebut Febrio terus melanjutkan ekspansinya di level 54,1.

Hal itu lantaran kinerja manufaktur di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan negara di Eropa masih mampu mendorong terjaganya level PMI Global.

"Meski demikian, PMI Manufaktur Global terus mengalami penurunan dalam tiga bulan terakhir. Ini memberikan indikasi bahwa pemulihan ekonomi global mulai stabil," tutur Febrio.

Baca Juga: Ada PPKM Darurat, Kinerja Manufaktur RI Juli 2021 Anjlok

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya