Comscore Tracker

Kunci Sukses Bisnis UMKM, Foto Produk yang Keren

Ninja Xpress fasilitasi foto dan video produk UMKM gratis

Jakarta, IDN Times - Urusan pemasaran atau marketing masih menjadi satu permasalahan pelik bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Hal itu terutama pada konten foto atau video yang dijadikan materi promosi di media sosial dan e-commerce.

Sadar akan permasalahan tersebut, Ninja Xpress kemudian menghadirkan Creative Hub agar para pelaku UMKM bisa mendapatkan fasilitas foto dan video produk secara gratis. Tujuannya adalah agar digunakan sebagai materi promosi di media sosial dan toko online atau e-commerce.

"Kita bantu di Creative Business Solution. Kita punya Creative Hub, tempat di mana mereka bisa mengambil foto dan video produk secara gratis. Mereka gak perlu bayar apa-apa. Foto dan video diambil oleh profesional, ada modelnya, ada fotografernya, ada make up artist-nya. Semuanya lengkap, mereka tinggal kirim barang terus difotoin," tutur Head of PR Ninja Xpress Ribka Pratiwi, di Creative Hub Ninja Xpress, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Dukung UMKM Bandung, Ninja Express Sediakan Fasilitas Creative Hub 

1. Membantu perkembangan bisnis UMKM

Kunci Sukses Bisnis UMKM, Foto Produk yang KerenMarketing and Promotion Manager Greenville Farm, Bobby Agus. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Salah satu UMKM yang terbantu oleh fasilitas Creative Hub tersebut adalah Greenville Farm. Greenville Farm sendiri merupakan UMKM yang fokus berjualan sayur-sayuran hidroponik.

Marketing and Promotion Manager Greenville Farm, Bobby Agus mengakui, fasilitas foto dan video produk secara gratis yang diberikan Ninja Xpress telah membantu perkembangan bisnisnya.

Adapun pada awal operasinya, Bobby hanya menjual sayuran hidroponik dari Greenville Farm secara langsung ke konsumen atau direct selling. Dengan foto-foto produk yang diambil oleh Ninja Xpress, Bobby jadi bisa membuka toko online di platform e-commerce.

"Ketika kita mau membuka platform toko online itu jadi masalah karena foto-foto kita yang sudah ada tuh malah kebesaran atau banyak yang gak disetujui dan gak menarik. Akhirnya pada saat sudah dapat dari Ninja Xpress, hasil fotonya kita posting, kita naikin di media sosial, di toko online malah diterima foto-fotonya," papar Bobby.

2. Jadi sumber pendapatan baru

Kunci Sukses Bisnis UMKM, Foto Produk yang KerenProses pengambilan foto untuk Greenville Farm oleh Ninja Xpress (dok. Ninja Xpress)

Alhasil, toko online di platform e-commerce jadi salah satu sumber pendapatan baru bagi Greenville Farm.

Dengan begitu, Greenville Farm menghasilkan pendapatan usahanya dari toko online dan juga dari penjualan langsung ke konsumen.

Bobby mengatakan, penjualan via toko online berkontribusi terhadap 40 persen revenue harian Greenville Farm.

"Dari tadinya gak ada, bisa 40 persen dan yang 60 persen masih pakai WhatsApp karena balik lagi di WhatsApp ini memang konsumen-konsumen yang sudah reguler, yang berkali-kali, seminggu sekali, seminggu dua kali pesan. Jadi yang tadinya susah untuk berjualan di toko online, tapi ketika ada fasilitas ini dan fotonya kita post malah jadi sumber revenue baru buat kita," tutur dia.

3. Ninja Xpress juga bantu promosi UMKM

Kunci Sukses Bisnis UMKM, Foto Produk yang KerenHead of PR Ninja Xpress, Ribka Pratiwi (dok. Ninja Xpress)

Sementara itu, selain memberikan fasilitas foto dan video produk secara gratis, Ninja Xpress juga memberikan bantuan promosi untuk UMKM.

Menurut Ribka, foto atau video yang bagus tidak akan bermanfaat untuk UMKM jika tidak diimbangi dengan promosi di media sosial atau e-commerce.

"Kita kasih juga customized digital ads. Jadi kita dalam tanda kutip membantu mereka beriklan di media sosial. Terus selain di media sosial, mereka mau produk mereka tambah famous, kita apain? Kebetulan Ninja itu punya videotron di beberapa titik, kita kasih mereka pinjam. Jadi setiap mereka kirim barang beberapa kali mereka boleh pakai videotron Ninja dan video mereka ditampilkan," ujar dia.

Baca Juga: 6 Perbedaan Ninja Van dan Ninja Xpress, Yuk Kenali Lebih Dekat

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya