Comscore Tracker

Lebaran, Penggunaan Data Indosat Ooredoo Naik 10 Persen

Dipengaruhi oleh maraknya silaturahmi virtual

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 memaksa masyarakat kembali merayakan Idul Fitri dengan apa adanya, tanpa mudik dan tak bertemu secara langsung dengan kerabat dan sanak famili. Sebagai gantinya, masyarakat berlebaran secara virtual memanfaatkan teknologi yang ada.

Dengan demikian, mereka tak perlu keluar rumah untuk sekadar bersilaturahmi dengan keluarga maupun teman-temannya berkat telekomunikasi digital yang begitu canggih saat ini.

Hal itu pun kemudian berimbas pada naiknya penggunaan data PT Indosat Tbk atau Indosat Ooredoo.

"Penggunaan data naik 10 persen yang diimbangin dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang tetap terjaga selama masa lebaran tahun ini," ujar Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Indosat Ooredoo Rombak Jajaran Komisaris, Syeikh Mohammed Jadi Komut

1. Imbas dari penambahan jaringan yang dilakukan Indosat

Lebaran, Penggunaan Data Indosat Ooredoo Naik 10 Persenindosatooredoo.com

Peningkatan penggunaan data yang terjadi selama Lebaran memang sudah diantisipasi Indosat sejak awal 2021.

Hal itu dilakukan dengan menambahkan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, dan fiberisasi jaringan 4G berkualitas video.

"Dampaknya adalah lonjakan kenaikan penggunaan data selama masa lebaran tahun ini
berhasil diimbangi dengan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi sembilan persen lebih cepat dibandingkan hari biasa," jelas Vikram.

2. Indosat juga menjaga kualitas layanan telepon dan SMS

Lebaran, Penggunaan Data Indosat Ooredoo Naik 10 PersenPexels/Daria Rem

Selain kualitas internet, Indosat juga tetap menjaga kualitas layanan dasar seperti telepon dan SMS.

Vikram mengklaim, hal itu dibuktikan dengan turunnya jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo sebesar 37 persen pada lebaran 2021.

Selain itu, lanjut Vikram, sebanyak lebih dari 90 persen tiket pengaduan berhasil dirampungkan dalam waktu kurang dari 24 jam dan jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga mendapatkan kenaikan sebesar delapan persen dibandingkan hari biasa.

"Pelanggan Indosat Ooredoo pun tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan penggunaan khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi selama masa cuti dan liburan sekolah dalam seminggu ke depan," jelas Vikram.

Antisipasi kenaikan penggunaan data secara khusus yang berhasil diantisipasi Indosat Ooredoo adalah di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hal itu lantaran masyarakat di wilayah-wilayah tersebut tercatat sangat aktif dalam memanfaatkan layanan data Indosat Ooredoo sejak H-4 lebaran.

3. Indosat mencatat adanya peningkatan pada layanan hiburan

Lebaran, Penggunaan Data Indosat Ooredoo Naik 10 PersenPixabay/Tumisu

Sementara itu, Indosat Ooredoo juga mencatat adanya peningkatan pada layanan hiburan seperti mobile gaming, media sosial, streaming video dan musik, serta lainnya.

Pemakaian layanan mobile gaming disebut Indosat Ooredoo melonjak 90 persen, kemudian media sosial tumbuh 26 persen, messaging dan video call naik 21 persen, serta streaming video dan musik juga turut naik satu persen.

Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp juga diklaim Vikram meningkat tajam selama masa lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

"Kami turut bangga telah berperan aktif mendukung program pemerintah dalam mengendalikan penyebaran COVID-19, khususnya di masa lebaran ini dengan mengganti tradisi mudik menjadi silaturahmi virtual. Kami berkomitmen kualitas jaringan, produk, dan layanan Indosat Ooredoo akan tetap optimal untuk mendukung aktivitas #SilaturahmiTanpaHenti masyarakat Indonesia meskipun dilakukan secara virtual," tutur Vikram.

Baca Juga: Optimalkan 4G, Indosat Ooredoo Lanjutkan Kemitraan dengan Ericsson

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya