Comscore Tracker

Mau Gantikan Erick Thohir? Lari Keliling Monas 10 Kali Dulu!

Posisi Erick Thohir akan 'digantikan' sementara waktu

Jakarta, IDN Times - Posisi Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan lima orang direktur utama (dirut) dari lima BUMN bakal diambil alih oleh enam perempuan berusia 20-24 tahun pada Kamis (30/9/2021) hingga Jumat (1/10/2021).

Pengambilalihan posisi Menteri BUMN dan lima dirut BUMN merupakan kampanye Girls Take Over 2021 yang diusung Kementerian BUMN guna mendukung terciptanya kesetaraan gender dalam dunia kerja, khusunya di lingkungan BUMN.

Erick pun menyampakan kriteria individu untuk menggantikan posisinya di kursi BUMN. Salah satunya harus bisa berkeliling lapangan Monumen Nasional (Monas) sebanyak 10 kali.

"Nanti saya minta hari ini mereka lari keliling Monas 10 kali karena perlu fisik. Jadi menteri itu perlu fisik, Sabtu-Minggu juga kerja ya kan," ujar Erick dalam konferensi pers 'Girls Take Over' yang digelar di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/9/2021).

1. Erick sebut kursi menteri adalah kursi panas

Mau Gantikan Erick Thohir? Lari Keliling Monas 10 Kali Dulu!Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam kampanye "Girls Take Over" di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (27/9/2021) - (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Selain meminta keenam perempuan tersebut untuk lari keliling Monas sebanyak 10 kali, Erick juga meminta mereka untuk berjemur agar bisa menahan panas.

Hal itu lantaran menurut Erick, jabatan menteri adalah kursi panas sehingga siapapun harus tahan terhadap panas tersebut.

"Lalu kedua dijemur di bawah matahari, ya setengah hari karena mesti tahan panas karena kursi menteri itu kursi panas," ujarnya.

Namun, Erick di akhir kalimat menekankan bahwa permintaannya tersebut sebatas bercanda lantaran dari enam perempuan tersebut masih belum ditentukan siapa yang akan menggantikan Erick selama sehari sebagai Menteri BUMN.

2. "Pengganti" Erick Thohir ditentukan dalam dua hari ke depan

Mau Gantikan Erick Thohir? Lari Keliling Monas 10 Kali Dulu!Pembaharuan Logo BUMN (Dok. Istimewa)

Erick pun menyampaikan, "pengganti" Erick di kursi Menteri BUMN baru akan terpilih dalam dua hari ke depan. Untuk saat ini, dia dan jajaran direksi BUMN akan menggelar beberapa agenda penting untuk mempersiapkan keenam perempuan tersebut duduk di kursi-kursi penting BUMN.

"Saya yakini proses seleksi sudah sangat baik, sudah terpilih enam. Nanti dalam satu dua hari ini akan ditentukan siapa yang akan menggantikan saya dan saya berharap ke depan juga dari enam ini menjadi woman leadership, baik di BUMN atau bidang lain masing-masing," tutur Erick.

Sebelum memilih siapa penggantinya, Erick memastikan bakal ada beberapa meeting atau pertemuan casual yang akan dipimpin oleh keenam perempuan tersebut.

"Mungkin juga ada angle-angle tersendiri yang akan saya berikan tipsnya jadi mereka tidak under pressure. Kita juga akan lakukan beberapa paparan dan turun ke bawah melihat beberapa program yang sudah berjalan di Kementerian BUMN siapa tahu ada masukan untuk perbaikan," ujarnya.

3. Tentang kampanye Girls Take Over

Mau Gantikan Erick Thohir? Lari Keliling Monas 10 Kali Dulu!Enam kaum muda perempuan yang akan menggantikan Menteri BUMN dan lima dirut BUMN selama sehari - (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko))

#GirlsTakeover merupakan kampanye global yang diinisiasi oleh Plan International dan diselenggarakan serentak di 75 negara setiap tahunnya dalam rangka Hari Anak Perempuan Internasional (International Day of the Girls) yang jatuh pada 11 Oktober.

Pada tahun ini, tema yang diusung adalah kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di dunia kerja. Girls Take Over 2021 adalah bagian dari rangkaian kampanye #RaisetheBar yang berlangsung hingga akhir 2022.
Kampanye ini ingin mendobrak norma gender dan beban ganda yang
umumnya dihadapi perempuan dengan mempromosikan narasi baru, di antaranya kesempatan yang setara bagi perempuan untuk memimpin.

Selain Erick Thohir selaku Menteri BUMN, Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi, Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Dirut BRI Sunarso, Dirut Kimia Farma Verdi Budidarmo, dan Dirut Telkomsel Hendri Mulya Syam akan turut berpartisipasi dalam Girls Take Over 2021.

Posisi mereka akan diambil alih oleh enam kaum muda perempuan berusia 20-24 tahun. Mereka telah terpilih melalui seleksi ketat dan serangkaian tes terhadap 7,023 pendaftar sejak akhir Agustus hingga pertengahan September 2021.

Enam perempuan tersebut adalah Adinda (20) dari Jawa Tengah, Arum (23) dari Sulawesi Selatan, Putri (21) dari Jawa Barat, Sharon (24) dari Jawa Barat, Sisilia (22) dari Nusa Tenggara Timur, dan Virdha (23) dari Jawa Tengah.
Keenam perempuan muda ini telah mengikuti serangkaian kelas kepemimpinan bertajuk Girls Leadership Class secara daring dengan melibatkan tokoh-tokoh pemimpin yang inspiratif.

Mereka nantinya akan mendapatkan mentoring dan melakukan shadowing dengan Menteri BUMN serta Wakil Menteri BUMN selama dua hari di Jakarta, pada 27-28 September 2021.

Setelah itu, proses “pengambilalihan” posisi Menteri BUMN dan pemimpin lainnya akan dilakukan pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 2021.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya